20 Maret 2020 13:12
Universitas Syiah Kuala  (disingkat Unsyiah) adalah perguruan tinggi negeri di Banda Aceh,  Indonesia, yang berdiri pada 2 September 1961. Universitas ini terletak di Banda Aceh, tepatnya di Kota Pelajar dan Mahasiswa (disingkat Kopelma),  Darussalam. Kampus Unsyiah berjarak 8 km ke arah timur Kota Banda Aceh, 22 km dari Bandara Sultan Iskandar Muda, dan 10 km dari Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya.
07 Maret 2020 3:41
Habis dari sabang ga pas kalau ga mampir dulu ke universitas syiah kuala. Pas banget sekalian nunggu keberangkatan esok pagi cari hotel dekat kampus ini. Pas sore menjelang magrib saya dan kawan pergi ke kampus ini jalan kaki lewat sungai yang sangat lebar. Sesampainya di kampus ini banyak sekali mahasiswa yang olahraga di lapangan. Tapi pas kelilingi tiap-tiap fakultas, alamak sepi banget macem bukan kampus. Di perpus, depan rektorat dan fakultas lainnya. Tapi kata temenku klo magrib emang sepi pada pulang ga ada aktivitas. Secara beda banget dg kampus di jawa yang hampir 24 jam rame terus ntah aktivitas organisasi mahasiswa atopun hanya sekedar nongkrong di perpus ato di fakultas. Kalau ingin ke kampus unsyiah bisa menggunakan bus umum semacam transjakarta gitu. Kalau makanan sekitar kampus masih Murah2 jis buah 5ribuan dan banyak lagi.
05 Januari 2020 7:01
Bisa dibilang inilah universitas tertua, terbesar dan terbaik se-Aceh hingga saat ini.

Tak dapat dipungkiri, bahwa universitas ini adalah harapan besar bagi masyarakat Aceh dan menjadi contoh bagi universitas-universitas lain yang ada di bumi Serambi Mekkah.

Meskipun saya tidak berkuliah disini, namun saya akui bahwasanya kualitas dari universitas ini, baik pelayanan ataupun dari segi pengajar bukan lagi kaleng-kaleng, karena sudah bersaing di tingkat Nasional standartnya.

Sungguh universitas ini merupakan kebanggan rakyat Aceh, semoga terus berkembang dan berkembang agar levelny bertambah dan bersaing tak lagi di tingkat nasional, melainkan internasional, bahkan antar planet kalau bisa
19 Oktober 2019 7:49
Bersih, Gedungnya bagus² terutama FMIPA, Fasilitas Bagus, Kualitas Mahasiswanya Sangat Bagus² juga kok
26 September 2019 23:18
Kampus Jantung Hati masyarakat Aceh. Banyak sarjana yang telah dicetak dari kampus ini baik lulusan Diploma, S1, S2, S3. Berkiprah tidak hanya di Aceh tetapi juga seluruh nusantara dan hingga ke mancanegara. Baru saja Kemenristek & Dikti merilis Peringkat Perguruan Tinggi di tanah air. Alhamdulillah Unsyiah berada diurutan 43 dari 100 perguruan tinggi terbaik. Jumlah perguruan tinggi se Indonesia pada 2017, berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristek Dikti), jumlah unit perguruan tinggi yang terdaftar mencapai 4.504 unit. Angka ini didominasi oleh perguruan tinggi swasta (PTS) yang mencapai 3.136 unit. Sedangkan perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi unit paling sedikit, yakni 122 unit. Sisanya adalah perguruan tinggi agama dan perguruan tinggi di bawah kementerian atau lembaga negara dengan sistem kedinasan.
21 April 2019 21:15
Unsyiah salah satu lembaga pendidikan yang paling populer dan terbaik di aceh. Untuk indonesia sendiri, unsyiah sudah mempunyai nama dan menduduki 10 besar universitas terbaik se indonesia. Fasilitas yang disediakan 90% sudah memenuhi dan menunjang pendidikan para mahasiswa.
14 April 2019 18:18
Universitas Syiah Kuala  (disingkat Unsyiah) adalah perguruan tinggi negeri di Banda Aceh,  Indonesia, yang berdiri pada 2 September1961. Universitas ini terletak di Banda Aceh, tepatnya di Kota Pelajar dan Mahasiswa (disingkat Kopelma),  Darussalam. Kampus Unsyiah berjarak 8 km ke arah timur Kota Banda Aceh, 22 km dari Bandara Sultan Iskandar Muda, dan 10 km dari Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya.
07 April 2019 15:57
Memiliki halaman yang luas, indah, rapi, bersih, dan cocok untuk spot foto wisuda dll, universitas Syiah Kuala adalah salah satu kampus tertua di Aceh
07 Maret 2019 8:19
Universitas Syiah Kuala, merupakan wujud dari keinginan rakyat Aceh untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri.
Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Kerajaan Aceh telah menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan yang terkenal. Para mahasiswa dan staf pengajar berasal dari berbagai penjuru dunia, seperti
Kesultanan Turki, Iran, dan India. Syiah Kuala, yang namanya ditabalkan pada perguruan tinggi negeri di Serambi Mekkah ini, adalah seorang ulama Nusantara terkemuka yang bernama
Tengku Abdur Rauf As Singkili pada abad XVI, yang terkenal baik di bidang ilmu hukum maupun keagamaan.
Pada tahun 1957, awal Provinsi Aceh terbentuk, para pemimpin pemerintahan Aceh, antara lain oleh Gubernur Ali Hasjmy, Penguasa Perang Letnan Kolonel H. Syamaun Ghaharu dan Mayor T. Hamzah Bendahara serta didukung para penguasa, cendikiawan, ulama, dan para politisi lainnya telah sepakat untuk meletakkan dasar bagi pembangunan pendidikan daerah Aceh.
Tanggal 21 April 1958, Yayasan Dana Kesejahteraan Aceh (YDKA) dibentuk dengan tujuan mengadakan pembangunan dalam bidang rohani dan jasmani guna mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat.
04 Januari 2019 5:55
Lampu universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan universitas jantung hati nya rakyat Aceh. Universitas Syiah Kuala ini merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia bahkan masuk dalam rangking 10 besar nasional. Hampir semua program studi nya terakreditasi A. Universitas ini dipimpin oleh rektor Syamsul Rizal, beliau sudah dua periode memimpin Unsyiah. Letaknya di Darussalam Banda Aceh kota pelajar Banda Aceh. Tahun 2018 kemarin program studi farmasi Unsyiah menjadi program studi yang paling di minati nasional. Program studi favorit di Unsyiah ini yaitu fakultas kedokteran, fakultas hukum dan fakultas ekonomi dan bisnis. Mahasiswa yang menuntut ilmu disini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini bukan hanya program sarjana saja melainkan program magister (S2) dan doktor (S3). Kampusnya yang asri dan terintegrasi.
17 Agustus 2018 0:14
Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) adalah perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Berdiri pada tanggal 2 September 1961 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 tahun 1961, tanggal 21 Juli 1961. Pendirian Unsyiah dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia, nomor 161 tahun 1962, tanggal 24 April 1962 di Kopelma Darussalam, Banda Aceh. Unsyiah berkedudukan di Ibukota Provinsi Aceh dengan kampus utama terletak di Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, Banda Aceh. Saat ini, Unsyiah memiliki lebih dari 30.000 orang mahasiswa yang menuntut ilmu di 12 Fakultas dan Program Paska Sarjana.

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, Unsyiah memiliki fungsi yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik untuk kebutuhan lokal, nasional maupun regional. Sebagai universitas Jantung Hati Rakyat Aceh yang mengutamakan mutu, Unsyiah mengintegrasikan nilai-nilai universal, nasional, dan lokal untuk melahirkan sumberdaya manusia yang memiliki keselarasan dalam antara IPTEK dan IMTAQ. Keseimbangan diantara keduanya menjadi komponen utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berbudi pekerti, menjunjung tinggi etika, estetika serta berakhlak mulia.

Diawali dengan pembentukan Yayasan Dana Kesejahteraan Aceh (YDKA) pada tanggal 21 April 1958 yang dibentuk untuk mengadakan pembangunan dalam bidang rohani dan jasmani guna mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat. YDKA menyusun program antara lain (a) Mendirikan perkampungan pelajar/ mahasiswa di ibukota provinsi dan setiap kota kabupaten dalam wilayah Nanggroe Aceh Darussalam, (b) Mengusahakan berdirinya satu Universitas untuk daerah Nanggroe Aceh Darussalam. Selaras dengan ide tersebut, tanggal 29 Juni 1958, Penguasa Perang Daerah Istimewa Aceh membentuk KOMISI PERENCANA DAN PENCIPTA KOTA PELAJAR/MAHASISWA. Komisi yang dipandang sebagai saudara kandung YDKA ini mempunyai tugas sebagai komisi pencipta, badan pemikir, dan inspirasi bagi YDKA, sehingga komisi ini dipandang sebagai modal utama pembangunan perkampungan pelajar/mahasiswa.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: