11 September 2023 7:00
Jujur saya malah rindu suasana curug sawer sebelum ada suspension bridge.
Yg enak dari curug sawer adalah dia terawat dengan baik, bersih, ga banyak sampah, ga ada jembatan ditengah tengah yg ngehalangin curug itu sendiri, duduk di tepi sungainya mandangin curug, dengerin suara jatohnya dan kena cipratan aernya sambil makan cuankie atau popmie.
Terus berendam di sungainya yg jernih.
Trekking ke curug sawer ga berat, jalan kaki 30 menit juga sampe, jalurnyapun gak terlalu ekstrim. Kalo maen kesini sampahnya jangan dibuang sembarangan, simpen ke tempatnya atau bawa pulang lagi.
11 September 2023 7:00
Alhamdulillah, Sejuk, indah, Sedap di Pandang Mata. Mnikmati. Ciptaan Alloh Subhanahu Wata'ala. In Syaa Alloh. Curug Sawer ttap trjaga. Keindahannya
05 September 2023 11:57
Kalau kesini sebaiknya pakai paket yg pakai kendaraan.krn kalau jalan kaki sepertinya akan lama n capek.tdk bs explore yg lainnya
05 September 2023 10:07
Lumayan jauh kalo mau kesini lewat jalur biasa, kecuali kalau naik jembatan. Itu lebih cepet
07 Agustus 2023 21:56
Ojek ojek yg di dalam bahaya jalan menuju pulang bahaya jika naik ojek yg berbayar dari kursi gantung
08 Juli 2023 5:35
Alhamdulillah. Cocok bwt refrehsing keluarga. Apalg yg suka outing, sangat rekomen bangetss.
05 Juli 2023 1:35
Perjalanan rute trekking cukup jauh dan curam. Rute juga sangat sepi. Tapi kalau membeli tiket jembatan gantung akan lebih cepat karena rute berbeda.
01 Juli 2023 8:43
Kondisi wisata alam masih baik dan asri. Perlu terus dijaga kebersihannya, terutama tempat jualan makanan agar dapat lebih bersih
24 Februari 2019 21:24
Curug sawer terletak di Sukabumi, tepatnya di kawasan situgunung. Untuk mencapai curug ini dapat melalui jalan setapak biasa atau juga melewati jembatan gantung. Akses ke curug ini sudah bagus yaitu sudah terdapat jalan setapak yang terbuat dari bebatuan sehingga tidak perlu khawatir apabila turun hujan. Di sekitar area curug ini terdapat tempat makan, mushola dan tempat jajanan lainnya. Untuk masuk ke curug ini pengunjung cukup membayar Rp. 18.500 ketika weekend dan 1 hari termasuk juga akses masuk ke danau dan kawasan situgunung. Aliran curug ini cukup deras dan tidak diperbolehkan berenang di sekitar curug karena dikhawatirkan terbawa arus.
21 Februari 2019 9:44
Tempat yang sangat cocok bagi para petualang yang suka dengan keindahan alam yang masih alami, perjalanan menuju tempat ini bisa ditempuh dengan jalur pendakian bagi mereka yang bernyali besar karena medan jalannya yang luar biasa, di jalur tersebut bisa digunakan untuk Camping dan anda bisa merasakan lebih dekat dengan alam.
Ada juga jalur rekreasi bagi para orang tua yang membawa anak-anaknya ke tempat ini, agar anak-anak kita bisa merasakan lebih dekat dengan alam.
Perjalanan yang panjang akan terbayar dengan merasakan Air terjun yang terasa lebih dingin dengan udara yang segar.
22 Januari 2019 23:34
Biaya masuk ke situ gunung 50rb dan dapat welcome drink n snack seperti foto berikut dibawah ini.harga makanan di cafe juga relatif murah dan makanannya enak
18 Januari 2019 20:54
Wisata SUKABUMI situ gunung cocok buat keluarga anda dan sanak family. Olahraga sambil melirik keindahan objek wisata situ gunung
Capek tapi seru loohhh.
Ketika anda memasuki area wisata situ gunung anda akan di minta tiket masuk ke dalam area wisata situ gunung.
Tapi ga mahal kok sebanding dengan apa yg anda lihat
Kalo hari libur biasanya anda akan di minta per orang RP. 18500 tapi kalo dari kerja kira2 per orang cuma RP. 10000
Dan kalo mau ke jembatan nya kalian harus bayar Rp. 50000 itu sudah termasuk minuman hangat anda bisa memilih sendiri ada teh manis panas. Dan kopi dan cemilan hangat dan pemandu wisata.
Yuukkk datang ramai ramai
27 Desember 2018 4:09
Salah satu wisata yang paling mudah di jangkau di Kabupaten Sukabumi.wisata alam yang bisa jadi alternatif semua untuk berwisata ke alam. Tempat, transportasi sampai rute ke curug ini benar benar sudah mengalami peningkatan. Untuk bisa sampai ke curug ini cukup membayar 50.000 rute melewati jembatan suspension Bridge. Sekitar 30 menit bisa sampai ke curug ini. Disekitat curug sawer ini juga benar-benar nyaman. Selamat berlibur sekaligus olahraga kesini.
13 Desember 2018 19:03
Curug tertinggi yg pernah saya kunjungi, sayang arusnya deras sehingga kolam nya tidak boleh digunakan berenang, airnya sangat jernih dan dingin, tracking dr parkiran tdk terlalu jauh apalagi klo lewat jembatan gantung, banyak pedagang makanan, ada ojek juga.
09 Desember 2018 16:10
So much improved
Tempat ini masih sangat asri dan direkomendasikan banget bagi kamu yang berjiwa petualangan dan membutuhkan kedamaian, berada di kaki gunung gefe pangrango curug sawer adalah salah satu curug dengan nuansa dan cuaca dinginnya yang asik, airnya sungguh bersih dan jernih, jalan menuju lokasi dijamin keren banget tapi kalau boleh saran nikmati liburan melihat atau merasakan suasananya ya guys jangan cuma datang kesini sibuk dengan hp atau berselfie ria ja ya, selamat berlibur
09 Desember 2018 8:25
Rekomen lg nhh tempat wisata yang ada di sukabumi jawa barat, dalam 1 wilayah ada 3 tempat wisata yaitu curug sawer, danau, dan jembatan gantung yang lg viral di medsos, silahkan para pecinta wisata alam kunjungi ketiga tempat wisata tersebut di jamin ga akan menyesal.
07 Desember 2018 19:34
The small waterfall in this area. It's not too small neither big at all. This spot is part of the Gunung Gede Pangrango National Park. We have to walk into this area for 30 mins from the parking area. We go down below on stairs and pay IDR 50 K for each visitor. No need to worry when we're hungry or thirsty. It has so many food stalls around this waterfall. But my suggestion is being your own tumbler to reduce the plastic waste. Please welcome!
29 November 2018 17:42
Bagus.sejuk.nyaman juga.harus kuat fisiknya hehe.soalnya pas baliknya naik terussss haha.capeee.dan masuk nya bayar 2x 16k dan 35k termasuk paket situ gujung dan suspension bridge dan welcome drink.lumayan bisa ngopi atau teh.dan ada juga cemilan seperti singkong rebus atau pisang rebus.dan khas pedesaaan.
29 November 2018 7:24
Air terjun curug sawer terletak di kab.sukabumi kec.kadudampit desa.gede pangrango.
Untuk akses menuju tempat wisata tersebut bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, setelah sampai di pintu masuk anda bisa melihat peta atau bertanya ke pada petugas disana.
Dari pintu masuk anda bisa menjangkaunya hanya dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.
Suasa nya masih alami, memanjakan mata, udaranya sangat segar, tentunya sangat bermanfaat dan sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.
23 November 2018 22:28
Pemandangan yg menakjubkan
Sebagai wisata alam dan dangat cocok untuk refreshing keluarga atau komunitas dan club
Klo blom kesini rasanya kurang asyik
Dgn regis masuk -+ 50rb an anda bisa menikmati 3 jenis wisata alam dlm 1 lokasi
Pokoknya mantap mas Bro.
23 November 2018 22:13
Quite a hiking experience to get to the waterfall. My friends and I chose to walk our way so it's a hike through the forest and up-down hill. But the waterfall is so beautiful, worth the extreme hike!
17 November 2018 9:52
Sekarang sudah rapih track buat ke curugnya sejak ada suspension bridge. Toiletnya bersih n modern. Yang harus d rapihkan lagi yang jualan di jalur jalan kaki.
12 November 2018 4:26
Airnya jernih tempatnya gak jauh dari jembatan situ gunung yang lagi ngehits akses menuju kesana juga udah bagus jalannya pkoknya recomended banget dah buat di kunjungi
10 November 2018 10:03
Termasuk dalam kawasan wisata situgunung, pemandangan yang indah, udara yg bersih dan segar. Untuk menuju ke curug sawer bisa dengan ojek biaya IDR 35.000 atau ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 30-40 menit. Terdapat ruang ganti yg bersih laksana hotel berbintang. Selain curug sawer, kunjungi juga danau cimaracun dan jembatan gantung.
09 November 2018 5:50
Jangan kesini pakai sendal jepit dan jangan kesini di musim hujan. Karena jalan menuju curug jadi licin.
Kalau cape pulang dari curug ada ojek loh 20rb aja
05 November 2018 0:07
Tempat wisata aksesnya sudah bagus. Banyak spot foto menarik. Hanya saja tiket masuk melewati jembatan terbilang mahal.saat masuk kawasan gunung situ, dikenakan tarif 18rb per mobil dan 15rb per mobil.untuk melewati jembatan dikenakan tarif tambahan 50rb per orang. Saat masuk, kita diberikan wellcome drink.
01 November 2018 3:49
Curug sawer merupakan salah satu dari keindahan alam wilayah situ gunung sukabumi, kalau kalian para traveler berwisata ke situ gunung, istilah cepatnya tidak afdhol kalau kalian tidak mampir ke curug ini, jauh sebelumnya untuk sampai ke curug ini kita harus naik turun tebing karena lokasinya terhalang sama satu gunung, tapi sekarang sudah tidak lagi naik turun itu, kita bisa melewati jembatan panjang yang melintang antara satu gunung dengan gunung disebelahnya, banyak rest yang disediakan pula di sekitar curug sawer, mulai dari mushola, toilet, tempat makan, dan yang lainnya, cocok buat liburan keluarga maupun single traveler
26 Oktober 2018 4:20
Air terjun alami yg keren bangett, lumayan terjaga kebersihannya. Krn kita ga boleh langsung berenang persis disitu tp boleh berendam dan maen air di sungai2nya aja.tp inget airnya dinginnn banget kayak masuk air es haha.seru deh kesini walaupun harus tracking lumayan butuh energi sekitar 30 menit.
Ada suspension bridge baru yg bs memotong jalur ke air terjun ini sekitar 10-15menit.tapiii bayar 50rb/org. So pilih mau sambil tracking or mau jalur cepet via jembatan ini.
25 Oktober 2018 2:32
Curug sawer terletak di kabupaten sukabumi. Ini dia yang gw suka dari sukabumi, tempat wisata lengkap banget dari gunung sama laut. Perjalanan ke curug sawer agak susah karena treknya berat dan jalanya terlalu kecil. Tapi sekarang kita bisa lewat jembatan dari situ gunung bisa tembus ke curug sawer. Sayang waktu gw kesana, jembatan lagi direnov karena kelebihan pengunjung yang melewati jembatannya. Oiya air disini dingin banget.jadi jangan sekali kali nyoba mandi disini, hehe
Bagi yang mau camp disini juga bisa udah tersedia juga toilet yang bagus deket lokasi camp.
22 Oktober 2018 6:13
MyTripIrit sudah tiga kali mengunjungi tempat ini.karena tempatnya tidak terlalu jauh dari Jakarta Kurang lebih 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat.jalan menuju Curug Sawer sudah bagus ditata dengan batu yang sudah merata sehingga Curug Sawer bisa dijangkau oleh semua kalangan usia.sebelum menuju Curug Sawer kita akan melewati jembatan gantung terpanjang se Asia Tenggara.tiket masuk nya adalah Rp50.000 kemudian kita juga harus membayar tiket masuk Taman Nasional Gede Pangrango sebesar Rp18.000.udaranya sejuk banyak pepohonan tempat ini rekomendasi sekali untuk dikunjungi
11 Oktober 2018 23:56
Tempat nya asri masih (fresh), fasilitas nya lumayan banyak, ada mushola (mushola nya bagus), ada WC (WC nya keren), ada tempat jajanan.
Buat masuk ke kawasan Curug Sawer bisa jalan kaki atau naik motor, di sana juga di sediakan tempat parkir.

Cocok buat tempat santai
05 Oktober 2018 11:59
Bagus Air Terjunnya apalagi akan dibangun cafe2 di situ, untuk tracking-nya juga tidak terlalu jauh dan juga track-nya sangat ramah tidak terlalu menguras tenaga.
18 September 2018 9:40
Menuju tempatnya cukup ekstrim. Apalagi naek gojek wisata sangat seru. Air terjunnya masih baik. Mohon wisatawan menjaga sampah saat berada di tempat wisata manapun.
04 September 2018 9:27
Air terjunnya lumayan besar. Akses tercepat bisa lewat jembatan. Tapi jika jembatan sedang dalam perbaikan, jalur alternatif muter sejauh 1km. Di sekitar air terjun sudah ada toilet, dan sedang ada pembangunan sarana penunjang.
03 September 2018 15:32
Setelah ada jembatan menuju Curug sawer bisa lebih dekat. Namun bila jembatan tidak boleh dilewati, harus memutar. Cukup lumayan apalagi untuk yang tidak biasa jalan kaki. Sayangnya do sekitar curug akan dibangun entah tempat makan atau tempat istirahat. Rasanya kealamian curug ini jadi sedikit berkurang. Untuk yang ingin kembali ke parkir depan dan tidak ingin berjalan kaki bisa naik ojek.
26 Agustus 2018 0:11
It's easier to go because theres suspension bridge, very helpful. But because I went there while peak holiday season, it was long queue to cross the bridge.
13 Agustus 2018 0:14
Suasananya adem dan nyegerin: v masih asri. Untuk jalan kesini bisa via cinumpang dan bayar tiket 16.000 atau bisa juga via gerbang masuk situ gunung dan bayar tiket 16.000 untuk hari biasa dan 18.500 untuk hari libur (sudah termasuk ke danau situgunung) dan jika beruntung anda bisa melewati jembatan terpanjang se jawa barat untuk ke curug ini dengan biaya minim (karena belum dibuka untuk umum, kemarin hanya soft opening)
11 Agustus 2018 3:52
Untuk mencapai Curug Sawer jalan kaki Dari pintu masuk Situ Gunung kira2 1 jam. Tetapi kalo jembatannya gantung sudah beroperasi akan lebih pendek jarak tempuhnya. Jalannya sedang dlm perbaikan jadi sebagian jalan tanah. Setelah menelusuri jalan setapak menikmati tanjakkan dan turunan sampailah ke Curug Sawer. Kejernihan Dan gemereciknya air yg jernih mengobati lelahnya perjalanan. Perlu fisik yg sehat agar sampai ke Curug Sawer.
09 Agustus 2018 20:54
Mantap deh tempatnya bikin nyaman dan sejuk, tempat yang cukup luas dan pengelolaan yang baik, untuk para pengunjung jangan membuang sampah sembarang & tidak mandi di pinggiran Curug dengan mengunakan sabun, shampoo atau bahan pencemar lain

Selalu berhati" para netizen selama berlibur terimakasih
09 Juli 2018 21:27
Kalo gua sebut ini berakit2 ke hulu berenang di curug kemudianabis nya jalan nya ruar biasa rivuhh, tp abis sampi sana ruar biasa sejuk, pemandangan nya indah, masih dalam tahap pembangunan sih mudah2n kedepan nya makin rame, satu lagi aer nya tuh suger lebih dari aqua tuh seger nya

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: