21 Maret 2021 7:52
Salah satu tempat bersejarah yg berada di kota Bandung, yg mempunyai peranan penting bagi perjuangan rakyat Indonesia dlm meraih kemerdekaan.
11 Maret 2021 5:26
Lokasi ada di pinggir jalan satu arah tersedia lahan parkir di luar pagar untuk 3/4 mobil Disini anda bisa melihat ruang sidang dan sejarah mengenai Indonesia Menggugat
04 Maret 2021 19:22
It was nice. Full of information of Indonesian history, especially how Soekarno started his movement for Indonesia's independence. The building is well mainained. It also fit for talkshow and exhibition
03 Maret 2021 22:11
Banyak yang belum tahu kalau bangunan yang ada di jalan perintis kemerdekaan ini adalah bangunan bersejarah
28 Februari 2021 19:11
Tempat bersejarah banget,
dulu aku kesini pas technical meeting ITN Taekwondo Championship, emg bener2 bangunan jaman dulu banget nuansanya, mungkin direnov tp ga banyak di ubah kali ya.saran aja sih buat musholanya, mungkin bisa lebih digedein.makasih
03 Februari 2021 12:18
Tempat bersejarah yang sangat layak dilestarikan. Lokasinya di tengah kota, sudah "terjepit" gedung-gedung jangkung.
08 April 2020 18:35
Bangunan lama yg membuat menarik, karna arsitektur gaya europe, dan atap yg di sesuaikan dengan budaya indonesia membuat semakin bagus, pohon besar di depan gedung membuat arsi, dan tersedia cafe juga, dekat dengan gedung bersejarah lain nya dan sangat dekat dengan sekolah ku (;
04 April 2020 0:44
Belajar sejarah itu penting bangsa yg besar adalah bangsa yg tidak lupa akan sejarah bangsanya.
26 Maret 2020 13:54
Gedung bersejarah tempat Soekarno dkk diadili, cukup oke untuk sekedar berkunjung sebelum ke jalan Braga, dekat dengan stasiun Hall Bandung
29 Februari 2020 9:37
Gedung bersejarah yang kini bisa dimanfaatkan untuk workshop craft dan tentu saja hrs mengajukan izin dulu.
21 Februari 2020 20:45
Bangunan nya masih asli, baguss, berasa kebawa ke masa lalu lagii, bersih dan cocok buat foto foto
18 Februari 2020 20:49
Kurang adanya sentuhannedukasi. Harus dijadikan destinasi wisata dengan menyajikan culiner yang menarik dan musik tempo doeloe
09 Februari 2020 5:13
Gedung Indonesia Menggugat terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 5,  Kota Bandung, tidak jauh dari Balai Kota Bandung. Gedung ini memiliki pelataran yang cukup luas dengan satu pohon beringin kokoh yang rindang. Gedung ini menjadi salah satu gedung bersejarah yang terawat dengan baik.
04 Januari 2020 18:11
Gedung Indonesia Menggugat terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 5, Kota Bandung, tidak jauh dari Balai Kota Bandung. Gedung ini memiliki pelataran yang cukup luas dengan satu pohon beringin kokoh yang rindang. Gedung ini menjadi salah satu gedung bersejarah yang terawat dengan baik. Wikipedia

Jika kau berkunjung ke kawasan pusat Kota Bandung, tak jauh dari jalanan paling romantis, Jalan Braga, ada sebuah gedung tua yang menyempil di antara bangunan-bangunan besar lainnya. Pintunya saja tersembunyi di balik sebuah pohon tua yang rimbun. Di depannya, ada jembatan viaduct yang melintas. Gedung Indonesia Menggugat, namanya. Sebelum pemerintah Belanda menjadikan tempat ini sebagai pengadilan, tempat ini merupakan salah satu hunian ekspatriat Belanda yang sudah mengalami renovasi akibat kebakaran. Tempat ini mulai dibangun menjadi Gedung Landraad pada tahun 1900 dan kemudian diresmikan pada tahun 1917. Gedung Landraad adalah Gedung Pengadilan Kolonial setingkat Pengadilan Negeri. Dulu, empat tokoh nasional Indonesia, yaitu Gatot Mangkoepraja, Soepriadinata, Maskoen, dan Presiden RI saat itu, Soekarno, pada tanggal 18 Agustus 1930 hingga 22 Desember 1930 disidang di pengadilan ini.
31 Desember 2019 6:23
Tempat bersejarah masih orisinal, kebayang bagaimana para orang tua dulu menghadapi para penjajah, gedung dan barangasih bagus tetapi kebersihan ya kurang
05 Desember 2019 2:24
Tempat bersejarah yg membuat rasa Nasionalisme kita berkobar. Penderitaan Rakyat Indonesia dan perjuangan para Tokoh2 Bangsa. Pidato pembelaan Ir. Soekarno kemudian menjadi suatu dokumen politik menentang kolonialisme dan imperialisme.
28 Oktober 2019 9:01
Tempatnya cukup terawat dan bersih, bagian dalam juga tertata rapi.
Tempat yang menyimpan sekelumit kecil sejarah bangsa indonesia.
Terletak ditengah pusat kota Bandung, bersebelahan dengan balai kota Bandung dikelilingi tempat bermain, sangat cocok untuk mengenalkan anak anak pada sejarah bangsa.
Recommended.
28 Oktober 2019 4:52
Gedung bersejarah saat Bung Karno di sidang saat jaman kolonial. Di gedung inilah bung Karno di sidang dan pledoinya adalah Indonesia Menggugat sangat tebal dan ratusan halaman.
26 Oktober 2019 14:34
Tempatnya cukup terawat, bersih dan asri.
Bagian dalam juga masih tertata rapi, dinding dindingnya di penuhi poster sejarah perjuangan cikal bakal gedung Indonesia menggugat.

Tempatnya agak menjorok kedalam jadi tidak terlihat dari arah jalan raya, berada di sekeliling area pertokoan dan perkantoran serta balai kota membuat tempat ini layak menjadi alternatif wisata edukasi dan sejarah buat anak anak.
Semoga terus lestari.
Jaya Indonesiaku.
28 September 2019 19:02
Salah satu Heritage di Kota Bandung, gedung ini mulai dibangun menjadi Gedung Landraad pada tahun 1900 dan kemudian diresmikan pada tahun 1917. Gedung Landraad adalah Gedung Pengadilan Kolonial setingkat Pengadilan Negeri. Dulu, empat tokoh nasional Indonesia,  yaitu Gatot Mangkoepraja, Soepriadinata, Maskoen, dan Presiden RI saat itu, Soekarno, pada tanggal 18 Agustus 1930 hingga 22 Desember 1930 disidang di pengadilan ini.
31 Agustus 2019 12:46
Tempat dimana presiden pertama kita membacakan pledoinya. Ia dianhgap menjadi pembangkang oleh pemerintah hindia belanda sehingga dijatuhi hukuman. Bangunan ini meemiliki berbagai fungsi hingga akhirnya diresmikan menjadi gedung bersejarah.
19 Agustus 2019 9:58
Tempat ini bagus buat segudang kegiatan anak muda. Ayo tingkatkan lagi acara acaranya. Dan sedikit perbaikan untuk wc nya.
18 Agustus 2019 13:25
Jangan lupakan sejarah (jas merah) itu yg dikatakan oleh bung karno, maka dari itu banyaklah belajar sambil bermain dari tmpat bersejarah
11 Agustus 2019 9:45
Bagus banget, for the first time aku kesini. Bangunan nya historical banget. Yang suka sama tempat yang berbau sejarah bisa nih kesini. Cukup luas tapi ga luas luas banget. Ada parkirnya juga. Sebenernya kalo yang pertama ke GIM ini pasti ga ngeuh bangunannya dimana, tempatnya tuh pas belokan jalan jd bisa aja gak keliatan. Depan kantor BNI yang deket balai kota bandung. Pokoknya sebelum balai kota aja.
17 Juni 2019 12:30
English: The building is historic in Bandung, close to the Beraga area beside the BNI bank. In the past it was the home of the first president in Indonesia (Soekarno with Inggit Garnasih). Now this place is used for dance performances, painting exhibitions, as well as places for discussion.

Indonesia: Bangunan itu bersejarah di Bandung, dekat dengan daerah Beraga di samping bank BNI. Di masa lalu itu adalah rumah presiden pertama di Indonesia (Soekarno dengan Inggit Garnasih). Sekarang tempat ini digunakan untuk pertunjukan tari, pameran lukisan, juga tempat untuk berdiskusi.
04 Juni 2019 14:54
Tempatnya sih kecil, halamannya suka di pake banyak kegiatan, terus kalau ke dalem banyak di jelasin sejarah apa ajah yang telah terjadi di gedung tersebut, pokoknya keren deh! Apalagi buat belajar sejarah kalau misalnya di buku kan pusing yaaaa jadi lebih seruuuu kalau misalnya langsung belajar ke tempatnya langsung, jadi lebih berasaaaa
06 Mei 2019 14:29
Tempat bersejarah dimana bung Karno menggugat pemerintah Hindia Belanda lewat pledoinya. Meskipun setelahnya bung Karno tetap divonis bersalah, semangatnya tidaklah padam.
01 Mei 2019 19:50
Ruang publik, dengan kapasitas yg bisa muat sampai 200 orang lebih. Penerangan ruangan bagus, ruangan luas, sirkulasi udara baik. Hanya saja minusnya toilet tidak terawat, Toilet perempuan dan laki-laki tidak di bedakan. Dan banyak barang-barang bekas di dalam ruangan gedung sehingga bila ingin membuat acara disana harus kerja ekstra untuk membersihkannya
24 April 2019 1:30
Disinilah Presiden pertama Indonesia di sidang, sesuai dengan pidatonya maka disebut “Indonesia Menggugat”. Pada Jaman Kolonial gedung ini memang dipakai untuk pengadilan.
10 April 2019 12:36
Gedung Indonesia menggugat adalah pengadilan Hindia Belanda dimana Soekarno diadili, Soekarno membacakan pledoinya yang berjudul "Indonesia Menggugat" dan dari sanalah gedung ini kini dinamai. Herung ini sarat akan sejarah. Berkunjunhlah kesini guna menambah wawasan historia anda. Disini terdapat kafe untuk anda bersamtai sambil berdiskusi dengan kawan anda. Ciamik!

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: