14 Januari 2024 9:20
IKORUN
Salah satu tempat ngopi terbaik di kota Bogor. Ngopi di Maraca seperti ngopi di tengah kebun karena lokasinya tepat disebrang kebun raya yang rimbun.

Ada dua ruangan utama di kedai yang dibuka tahun 2016 ini, outdoor dan indoor. Mereka yang senang ngopi-ngopi sambil membuat konten dan ngobrol-ngobrol, biasanya ngumpul di area out door. Di area inilah gen Z penikmat kopi susu dan minuman gula-gula berkumpul

Di area out door ini terdapat meja lebar dan kursi panjang-panjang.meja dan kursi ini biasanya menjadi tempat fav para mahasiswa yang kerja kelompok sambil menikmati segelas kopi susu. Mengerjakan tugas kuliah di kedai kopi dengan koneksi wifi super kencang memang dambaan semua mahasiswa.

Berbeda lagi dengan mereka yang lebih senang ngopi sambil merenung, membaca atau bekerja, biasanya mereka memilih area indoor. Di dalam ruangan ini memang sering lebih "silent" pengopi sibuk dengan buku dan laptop masing-masing. Mengerjakan tugas kantor di kedai kopi yang tidak berisik dan hanya ditemani musik asik memang asoy.

Manual brew Maraca juga yang terbaik, para baristanya kerap mendapat juara saat mengikuti lomba-lomba kontes meracik kopi. Pembeli bahkan bisa order manual brew sesuai lidah mereka, para barista bisa bereksperimen untuk menentukan rasa kopi yang dimau pembeli.

Yang menarik para barista juga sering terlihat memberikan edukasi kepada "pengopi pemula" yang belum paham apa itu esspreso, capucino hingga jenis-jenis beans atau biji kopi. Mereka juga sepertinya sudah kenal dengan pelanggan setia sehingga selalu menawarkan biji kopi terbaru yang mereka punya. Para baristanya seperti menganggap pelanggan bukan hanya sekedar pembeli biasa, tapi tamu yang harus mereka suguhi minuman terbaik yang mereka punya

Interaksi pembeli dan barista seperti inilah yang jarang terlihat di kedai kopi, para barista biasanya hanya menerima order, menawarkan menu mereka, membuatkan kopi, menyajikan lalu membiarkan pembeli ngopi sendiri.

Jika ke maraca coba manual brew mereka, americano dan risolesnya yang enak. Juga yang tidak kalah menarik, kedai kopi ini memiliki koleksi buku-buku lama dan baru. Satu nama yang sering muncul di halaman pertama buku-buku itu adalah IKORUN.

Entah siapa IKORUN ini yang pasti dia adalah pembaca buku yang sangat dermawan yang senang menyumbangkan buku-buku pribadinya.sekian
13 Januari 2024 3:57
A tiny coffee shop that is cozy to read a book, nice place to spend time with family or hangout with friend.
26 Mei 2023 10:02
Came across this cozy place on the way to the hotel. Friendly staff and a great selection of books, I read the kids books. Had the Nasi Goreng, Dim sum, donuts and hot chocolate. Absolutely delicious, I would come here again.
14 Mei 2023 21:24
Cafenya sangat cocok untuk anak muda. Baristanya ramah, minumannya enak, tempatnya juga nyaman. Serta dengan adanya buku² yg disediakan sangat menarik untuk menemani pelanggan mengopi.
07 Mei 2023 23:21
Back then I often came to this place to hangout cause I liked the comforting ambience. Today I went by myself after years didn't. I ordered dark mochachino and french fries. They were tasty as usual—The drink was exquisite while the fries came in huge portion that I brought home the leftover. I spent time writing and doodling, I could even go praying and left my stuffs without worries. I saw most visitors came to enjoy reading or working on projects (their WiFi works well). What I don't like about the place is it always gets cramped in the weekend (understandable since it's pretty small) and also the noisy staffs—their chatters and laughters are louder than their customers.
01 Mei 2023 11:19
Cafe yg nyaman bgt buat ngerjain tugas, bisa diselingin baca buku juga + pilihan bukunya banyak bgt! Makanannya enak, buat minuman Caramel Macchiato terlalu manis, tapi masih bisa diminum sih. Baristanya juga ramah sama customer! ^^
25 April 2023 0:06
Tempatnya sangat nyaman dan dekat dengan kebun raya bogor, makanan dan minumannya enak bgt, pelayanan sangat bagus dan baristanya sangat sopan
27 Februari 2023 0:05
The coffee tasted so so.but I came here because of the books! The non-smoking area is quite small but still comfortable.
26 Januari 2023 8:38
The best Book Cafe in Bogor?
Nyaman.rasanya ngga mau pulang pas singgah ke sini. Sukses ya Maraca
22 Januari 2023 15:35
Pertama kali datang kesini dan bawa anak saya usia 17 bln, tempatnya nyaman untuk anak dan ada beberapa board book yang menarik jadi anak saya bisa duduk anteng sementara ayah dan ibunya menyeruput kopi dan menyantap cookies yang jadi favoritnya owner. Chocomellow *cmiiw

Untuk kopi dengan harga segitu memang pas rasanya, pilihan menunya banyak banget yang sepertinya semuanya patut dicoba. Namun karena keterbatasan waktu saya hanya ngopi dan nyemil aja deh. Next mau kesini lagi ahh.

Soalnya tempatnya bikin kangen
21 Januari 2023 14:58
Kopi dan makanannya enak
Pelayanannya juga bagus. Tempatnya enak buat ngerjain tugas atau kerja, tapi kursinya kurang nyaman sih kalo buat lama-lama duduk.
Mungkin bisa dikasih alas/bantal duduk
15 Januari 2023 1:16
Semua fasilitasnya bersih, estetik dan oke banget. Tempatnya tenang sehingga sangat cocok untuk yang suka ketenangan. Stafnya ramah semua. Variasi menu minumannya banyak banget, baik yang coffee maupun non coffee. Dan, jangan khawatir kalo semisal butuh air mineral di sini juga ada, baik yang dingin ataupun yang biasa aja. Yang paling saya suka dari tempat ini sih adalah ada banyak buku di sini khususnya novel. Cocok banget untuk pecinta novel. Minusnya adalah variasi menu makanan utamanya sedikit banget pilihannya dan tempatnya yang agak kecil. Selebihnya dari segi harga dan lain-lain udah oke banget sih. Recommended! Pasti bakal balik lagi ke sini
24 Desember 2022 8:57
Paling enak datang pagi atau sore yg ga terlalu panas, lalu duduk di luar tempatnya strategis, di pinggir jalan raya tapi masih sejuk karena dikelilingi pohon. Pilihan kopinya banyak, bisa request jenis susunya, dan baristanya pun kasih rekomendasi dan ngejelasin menu2nya. Choco mallow cookienya enak, bisa minta dihangatkan jadi coklat di atasnya lumer dan marshmallownya garing di luar. Recommended place lah pokoknya
26 November 2022 15:25
Cofee shop mungil tapi nyaman banget apalagi untuk ngerjain tugas dan diskusi. Waktu itu ngerjain tesis berjam-jam disini. Kalau sendirian dan gak ada yg mau di kerjain jg bs ngopi sambil baca buku-buku yang ada disana.
14 November 2022 5:17
Super cute cafe with nice vibes and kind staff. Was pretty buzzing with people when I went. Good parking situation and move options for food and drinks. The coffee (V60) was really good. But too small a portion, especially for the price. I had to get 2. Overall though I got some good work done there cause nice table space, wifi, and outlets. Would go back!
24 September 2022 11:51
Good cafe for having a good coffee and book. I love its cubecoffee latte. You can mix your ice cube coffe, milk, and simple syrup that suitable to your taste. Its nasi rempah daging was good as well.
10 September 2022 4:59
Tempatnya dr luar kyk sdikit kotor gt.tp di dlm ternyata ya bersih n nyaman.smg yg bag depan diperbaiki biar kliatan asik jg. Makanannya minuman enak, hrga bagus, bnyak buku buku.
29 Agustus 2022 5:15
Tempatnya nyaman sekali, outdoor dan indoor. Pekerjanya juga ramah, cuma kadang2 suka pelit senyumnya, maaf ya. Minumannya juga enak, ada Caffe Latte yg pake coffee art. Aku juga beli Thai Tea yang dingin dan anget. Makanan kyk muffin, ada choco dan keju. Dan buku2 yg ditawarkan juga keren2, banyak yg b inggris. Atmosfernya juga enak, terus pas masuk indoor bau kopi kerasa banget. Oh, and ada wifi juga, minta pass dulu tapi. Overall, puas dah, dan gue kepingin kesana lagi. Dan kadang2 suka ada sekolompok orang yang nyewa indoornya, jadi kita cmn bisa ke dalem klo mau pesen atau mau ngambil buku dan toilet. Ada mushola juga kok, dan disediakan mukena dan sajadah. Selamat mencoba gengs.
23 Agustus 2022 10:47
Cozy place!
Cafenya punya koleksi buku, rasa kopi susunya enak (kopasus) kalo ndak salah hehe.
02 Juni 2022 23:38
Harus tanya ke bapak juru parkir.jangan dikira tutup.kita awalnya lihat bagian depan gerbang.ternyata itu area duduk dan buat pesen ke bagian samping.cozy, nyaman buat ngobrol sama quality time sama temen.tenang.
08 Mei 2022 20:14
One of the unique coffee shop in Bogor! The ambience is similar just like a living room, with book shelves. I used to come here to work, and when I get tired, there are lots of books you can read.

Overall, it is a small coffee shop in the middle of the town, with cozy ambience. They also provide enough power sockets so you can Work From Cafe here.

Oh yeah, their chicken curry is the best in town! Also, they have the biggest french fries portion here.
27 Maret 2022 9:25
Selalu suka kalo dateng ke maraca! Tempat nya pw buat nugas, baca buku, ataupun nongkrong sama temen2. Kopi dan makanannya juga enak2 semua
25 Maret 2022 17:42
Baru pertama kesini, ternyata penuh. Bangku untuk ruang non smoking sedikit, jadinya kebagian di luar. Overall suasana cafenya oke. Sayang sekali, pas shalat lantai buat shalatnya banyak debu nya, dindingnya musholla juga?
07 Maret 2022 0:03
Tempatnya nyaman, minumannya enakk, pelayanannya ramah, cocok buat nongkrong chill bacaa bukuuu ato buat nugas kuliah!?
01 Maret 2022 23:25
Lokasinya strategis tapi kalau boleh tulisan Maracanya lebih besar dan petunjuknya di sebelah kiri. Jadi ga salah masuk dulu ke toko sebelumnya yang juga ada tulisan Maraca.

Untuk pelayanan, Oke banget.
Makanan dan minuman kisaran 30ribuan tapi kuantitasnya memuaskan dan semua enak.
Pokoknya worth it
31 Desember 2021 3:41
Tempatnya kecil emang.paling pojok. Cuma ya buat yang suka tenang asik di sini.
Ngga rame.
Cocok buat anak2 indie.
Banyak buku
Hehe

Sampe jam 9 malem ya sekarang efek covid.
Alhamdulillah, dah g pake sedotan plastik. Hehe.
07 Desember 2021 7:09
A very cozy place, surprisingly makanan dan minumannya enak enak dan ga terlalu mahal. Plusnya sudah pasti banyak buku bacaan.
09 Januari 2020 23:23
Tempatnya belajar sabil minum dan makan cemilan. Adem. Sayang tempatnya kurang luas. Harga makanan standar
16 Desember 2019 5:27
Quite a hidden place, tersembunyi di balik rimbun pepohonan meski letaknya di sisi jalan sibuk tepi Kebun Raya Bogor. Datanglah pada jam-jam pertama kala kafe masih sepi dan cocok buat tempat kerja online atau sekadar membaca buku-buku yang banyak tersedia di sini. Sungguh kafe mungil yang cozy (baca: kalau lagi sepi).

Walau bukan peminum kopi, tapi saya suka order Kopassus (kopi susu) khas Maraca, panas atau dingin sama nikmatnya. Selain itu pelayanan staf ramah dan sigap.
15 Desember 2019 22:54
Tempat enak, kopinya perfect dan baristanya baik baik dengan bisa memberi beberapa ilmu dan bisa berkomunikasi baik dengan costumer.terimakasih maraca HQ.
03 Desember 2019 18:49
Tempatnya nyaman, dari segi rasa minuman sama makanannya enak, sbnrnya pelayannya juga ramah, cumaaaa gatau kenapa ya bikin spaghetti aja sampe 30 menit trus cmn minta maaf gaada basa basi alasannya apa bisa selama itu. Kan gak semua customer datang dgn alasan ngabisin waktu disitu, ada juga yg lg sakit kepala dan butuh makan buat minum obat, dan kondisi lainnya. Diupgrade yaa
03 Desember 2019 6:27
Tempat ngopi ter PEWE, byk buku pulak, jd bisa ngopi ngopi santuy sambil baca buku, late art nya lucu lucu pula, baristanya santuy santuy MARACA 대박!
01 Desember 2019 4:38
Baristanya professional banget ngelayanin customernya, gasalah deh ngopi disini! (Btw cantik cantik juga kok baristanya️️️)
01 Desember 2019 1:40
Tempat ngerjain tugas ternyaman, ditambah barista yang asik dan seru apalagi minuman dan makanan nya.bener bener bikin betah
29 November 2019 14:38
Tempatnya enak buat santai santai sambil.baca buku, kopinya dan makannya enakk.pelayanannya juga bagus, baristanya friendly
26 November 2019 10:16
Tempat yang cocok buat ketemuan dan ngobrol sama temen2 karna lokasinya sangat strategis di pusat kota. Tempatnya nyaman dan homey. Selain itu, baristanya juga walcome dan ramah.

Ice choco latte dan smoke beef risolnya luv banget siih! Sukaak! Cocok deh buat dinikmatin sambil baca buku atau bercengkrama sama temen2.
23 November 2019 6:07
Tempat nya stategis, enak buat ngadem. Apalagi dari pagi menuju siang ada cahaya masuk di celacela yg buat nambah betah, kopi susu terenak di bogor, beneran ko ga boong. Barista nya lucu dan unik tentunya bisa diajak sharing banyak dong. Rekomen banget manual brew nya
22 November 2019 14:17
Tempatnya enak cozy banget untuk nongkrong ditemenin kopinya yang beuh dan spaghetti aglio olionya endes uwu bangettt. Baristanya pun friendly
18 November 2019 15:45
Barista nya ramah, dan sangat helpful. Makanannya enak (nasi bolognese) kuenya juga pas banget (brownies ice cream) untuk pairing sama kopinya (cafe latte terbaik di bogor). Definitely will come back for more
13 November 2019 6:07
Tempat nya agak sempit, kopinya terbaik di duniaa dan baristanya baik banget, ramah sekali, barista nya juga bisa memberi beberapa ilmu dan bisa berkomunikasi baik dengan costumer, lov u
11 November 2019 2:11
Tempatnya enak asik nyaman, suasana nya anak muda banget, baristanya asik asik cantik cantik, ganteng ganteng, kopi nya enak, apa lagi manual brewnya atau kopasusnya yaampun suka bangett. Dan aku rekomendasi banget untuk kalian yang suka ngopi sambil baca buku aku saranin ke maraca, bukunya banyak banget, kalian bebas mau baca buku yang mana aja.
05 November 2019 23:46
The coffee is good especially their manual brew and they have plenty of coffee beans, The barista are friendly and their place feels like home
05 November 2019 22:36
Tempat ternyaman, kopi nya enak apalagi v60 nya, barista nya juga ramah banget mau berbagi ilmu, rekomen banget deh!
03 November 2019 17:49
Kedai kopi yang bagus yang terisi barista-barista ramah, baristanya juga bisa diajak konunikasi dengan costumer lho
31 Oktober 2019 6:59
Tempat ngopi ternyaman.enak untuk yang mau ngopi" santai sambil baca buku, karna disini banyakk banget pilihan buku"nya. Mau makan? Disini jg banyak pilihan makanan & cemilan yg ga kalah enak sama minumannya.
22 Oktober 2019 13:09
Tempatnya nyaman banget buat kamu yang suka baca buku maupun ngopi asik! Kopi nya bukan main, barista nya pun ramah pula. Boleh banget!
13 Juni 2019 22:04
Tempat untuk ngopi cafe latte ditemani buku-buku keren. Lokasi nya dkt Radio RRI, sebrang Kebun Raya Bogor. Cafe ini punya 2 tempat, di sini dan Taman Kencana.
11 April 2019 14:26
Tempat yang begitu asik buat kumpul-kumpul sama temen, atau cuma sekedar ngerjain tugas kampus. Banyak buku yang bisa kita baca disini, nyaman dan penerangan yang cukup terang. Banyak colokan listrik dsini, ramah dan kebersihat sangat pas untuk tempat ini. Akses jalan utama sangat mudah, berdekatan dengan istana negara dan institut pertanian bogor
21 Maret 2019 20:36
Kopi yang enak, penyajian Ok, pelayanan ramah, lokasi strategis dan buku2 bacaan yang lumayan banyak. Sayangnya jam buka hanya sampai jam 10 malam saja.
31 Januari 2019 20:45
Good quality coffee, nice place, not too expensive, and I like their pie brownies it's so delicious #coffeeshop
19 November 2018 7:23
Lapangan parkir cukup luas, tempat kurang luas terutama yang di dalam, variasi buku juga kebanyakan buku2 lama ya.untuk harga minuman luamayan mahal dengan rasa yang sangat standar, lebih cocok buat nongki dari pada membaca buku.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: