27 Oktober 2023 16:35
Sudah lama menjadi warga bandung, SELALU ADA PENGEMIS DAN PENJUAL KRESEK, Jualan yang alun-alunnya juga sangat tidak rekomendasi Setiap hari jumat ada yang Jualan 5000 rupiah, JANGAN PERCAYA itu harganya 15000 rupiah, Penjual Membohongi pembeli. Tidak rekomendasi pergi ke alun-alun ataupun Ke masjid karena Belum ada perubahan! SATPOL PP HANYA DUDUK DUDUK BERJAGA BUKANNYA MENGUSIR PENGEMIS DAN PENCOPET DEMI KENYAMANAN DAN KEINDAHAN MASJID. Pemerintah tidak bisa memperbagus Kotanya! Hanya fasilitas diperbagus tetapi tidak dengan orang-orang disekitarnya. Saya mengharapkan menjadi yang LEBIH BAIK LAGI.
19 Oktober 2023 17:13
Kadang saya solat di alun2, tapi petugas ibu2 yang nunggu di wc kurang ramah, setiap keluar dari wc suka nunjuk ke kotak amal sambil jutek, males sebenernya kalo ga ke pepet2 kesitu, mening di al imtijaz, kemarin saya ga ada uang kecil minta tuker uang, rencananya yg receh mau saya masukin ke kotak amal, eh malah LANGSUNG DIPOTONG UANG SAYA, mana judes lg, as always petugas ibu2 kurang ramah. Pernah juga pas dulu sy kesitu karena wc buat cewenya ada yg ga full atap tiba2 ada kepala laki2 nongol ngintip, untungnya saya ngeh terus dia langsung turun, protes ke petugas laki2 malah kaya ada yg ga percaya. Tolong di perbaiki pelayanannya. Trims
01 Oktober 2023 8:13
Terakhir ke sini tahun 2021 dan banyak bgt sampah berserakan di depan. Sekarang udah ga boleh duduk di depan jadi bersih, tapi basement nya sih bau pesing bgt
28 September 2023 19:54
This is a huge Islamic mosque. It is beautifully tower with yellow lights even at night, and there is a park next to it. This is a place where a lot of people gather from here to Braga Street.
21 September 2023 12:37
Masjid Raya Bandung adalah perpaduan elegansi arsitektur dan spiritualitas yang memukau. Dengan kubah emasnya yang megah, menara yang tinggi, dan interior yang penuh dengan ornamen artistik, masjid ini adalah landmark yang mempesona di kota Bandung. Terletak strategis di pusat kota, Masjid Raya Bandung bukan hanya tempat ibadah bagi umat Muslim, tetapi juga ikon budaya yang penting bagi masyarakat kota ini. Pengunjung dari berbagai latar belakang akan terpesona oleh keindahan dan ketenangan yang ditawarkan oleh masjid ini, sambil mengagumi detail-detail seni dan arsitektur yang luar biasa. Bagi siapa pun yang mengunjungi Bandung, Masjid Raya Bandung adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan, tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai contoh gemilang seni arsitektur Islam.
14 September 2023 16:26
Kesini pas bgt waktu solat Jumat, masjid nya super luas, bersih, rimbun, nyaman, sebelahan sm alun alun dan di luar banyak jajanan, yg ke bandung wajid nyobain solat di masjid raya
01 September 2023 13:49
Juli 2023
Kurang terawat
Mungkin Krn terlalu banyak pengunjung, terutama di hari libur
22 Februari 2021 7:35
Hati hati untuk pengunjung. Agar menjaga barang bawaannya. Sebab saya pribadi punya pengalaman sepatu ilang
15 Februari 2021 11:04
Menjadi ikon kota Bandung, destinasi wisata yang murah untuk dikunjungi warga Bandung dan yang mengunjungi kota Bandung
26 Januari 2019 16:14
+ Masjidnya superduper keren, layaknya mesjid raya di setiap kota yah pasti besar dan luas. Mesjidnya bersih dan terawat banget, apalagi toiletnya (khusus wanita) itu bersih dan sama sekali gak bau. Dan yang paling aku suka yaitu pemeliharaan mukenanya, biasa dimesjid lain kan mukenanya gak di urus jadi bau apek, lembab, kotor, tapi disini itu mukenanya bersih dan wangi. Apalgi ada penjaga khusus yang mengurus jadi lebih terawat lagi.
+ Di pekarangan mesjidnya juga ada disediakan lapangan luas gitu yang khusus dibuat untuk rekreasi masyarakat setempat maupun wisatawan yang datang.
+ Banyak banget jajanan disekitaran mesjid. Dan lagi kalau mau sekalian belanja, kebetulan area mesjid berdekagan dengan banyak toko-toko pakaian sampai sepatu
+ sayangnya untuk bagian tempat parkirnya agak kurang terawat, kalau sudah malam agak serem juga kelihatnnya.
11 Januari 2019 2:52
Nah kalau disini adalah tempat favorit bukan hanya aku, keluarga, dan teman tapi seluruh warga kota Bandung dan Jawa barat adalah tempat favorit kita semua karena dengan keindahan masjid dan kota Bandung yang bisa di lihat langsung dari bawah maupun dari atas menara masjid yang begitu sangat sangat indah dan recommend banget
31 Desember 2018 11:40
Masjidnya sangat bagus, tertata dengan rapi. Dekat dengan pusat Kota Bandung.berada dikawasan Asia-Afrika yang merupakan tempat bersejarah bagi bangsa ini. Terdapat halaman yang merupakan alun-alun Kota Bandung. Diselimuti dengan rumput sintetis seakan berada dilapangan rumput. Selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik yang ingin berlibur bersama keluarga, teman atau kerabat atau singgah untuk beribadah. Terdapat beberapa wahana untuk menghibur mengelilingi area masjid dan sekitarnya. Terdapat wahana untuk anak juga. Cocok lah untuk rekomendasi berwisata kalau berkunjung ke Kota Kembang Bandung.
19 Desember 2018 22:34
Masj! D raya bandung tp lbh d! Kenal or6 d6n nama masj! D a6unx, perkembanx an pemban66unan nya relat! F s6t pesat cepat d6n konstruks! Ban66unan y6 kokoh dan d! H! Az! Ars! Tektur y6 sn6at rel! 6! Dan modern.
17 Desember 2018 3:38
Mesjid raya Bandung Merupakan salah satu Ikon kota Bandung yang sangat Terkenal, bukan hanya karena keindahan nya saja tapi letak nya yang dekat dengan Alun² kota Bandung, hotel² serta Pusat perbelanjaan dan Stasiun Bandung.
Sangat strategis sehingga menjadi tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat pergi ke Bandung.
Tempatnya bersih, mesjidnya besar dgn banyak tempat wudhu dan dihalaman depan yg dihias rumput sintetis jdi bisa dijadikan tempat bersantai, berkumpul dan bermain pada saat pagi, siang ataupun Malam hari karena lebih terlihat indah dgn lampu² yg menyala dan suasana yg adem, oh ya disini pun terdapat playground area utk anak² berupa perosotan dan ayunan.
16 Desember 2018 10:00
Sekedar saran untuk pengurus besar Masjid Raya Bandung, ada baiknya pengelolaan masjid raya, mencontoh pengelolaan beberapa masjid raya yang menjadi ikon ibukota atau kota besar lain seperti masjid istiqlal, masjid agung tegal atau masjid raya kediri dari segi kebersihan, terutama toilet, karena letaknya yang berdekatan dengan alun-alun dan spot keramaian lainnya toilet di masjid ini jadi lebih mirip toilet umum, sangat disaayangkan, jd agak mengganggu.selebihnya masjid ini bagus dan memiliki nilai historis bagi kota Bandung.
15 Desember 2018 20:32
Wuiiih. Tempatnya luas, bersih, disediakan juga penitipan barang dan sendal agaar tetap aman. Sering diadakan pengajian juga dengan ustq2 terkenal lah, cucok, sambil berlibuur di alun2 bandung, dan pastinya mesjid ini ramai dikunjungi saat weekend dan saat libuur.
09 Desember 2018 19:23
Bangunan masjid sangat indah dengan taman yang bagus dan tertata rapi. Cocok banget dikunjungi bersama teman atau keluarga kalau lagi di Bandung. Paling enak ke sini pagi atau sore hari, kalau siang panas dan rumput sintetis di latar depannya juga panas. Rame banget dengan pengunjung lain. Kalau mau makan bisa di area bawah dekat dengan parkiran.
05 Desember 2018 16:52
Tempatnya bagus banget, mesjid yg paling sering di kunjungi.sama keluarga.ada rumput hijau buat anak2 bermain.klo mau masuk area rumput, lepas dulu alas kakinya:)
01 Desember 2018 1:49
Salah satu icon bandung.
Tempatnya sangat mudah di akses dari segala penjuru bandung.
Masjidnya luas dan cukup nyaman, tempat wudhu antara laki laki dan perempuan terpisah.
Namun saat akhir pekan kebersihan di halaman masjid agak terabaikan, banyak sampah berceceran, di area batas suci banyak yg menggunakan alas kaki (sepatu maupun sandal).
Sering sekali banyak yg bermain di area solat (bermain kejar kejaran dan bermain bola) anak beserta orang tuanya, bahkan beberapa orang yg sedang solat terkena lemparan bola. Yg seperti ini mohon di tertibkan, supaya bagi yg ingin berkejar2an atau bermain bola sebaiknya dilakukan di halaman masjid ataupun di taman alun2 bandung, supaya tidak mengganggu kekhusuan solat.
29 November 2018 8:27
Ruang utama/depan sangat kondusif untuk solat. Jelas pemisah antara pria dan wanita. 13 saf pertama menggunakan alas karpet.

Namun di ruang belakang sangat tidak kondusif, tidak jelas pemisah antara pria dan wanita.
28 November 2018 21:49
Tiap minggu maen ksini gimana mau nambah reward nya hehehe, tp anak aku suka banget kesini. Jalan2 murah meriah, kalau msu naik menara. 1 tiket di hargai 7.000 untuk dewasa dan 5.000 untuk anak2 perorangnya yah. Toilet dan tempat wudhu berada di bawah lumayan ngatri jangan lupa isi kotak amalnya yah bust menjaga kebersihan bersama. Warga jawa barat mesti ksini fan rekomed buat turis domestik dan asing.
27 November 2018 2:30
Masjid terbesar di bandung lokasinya pas ditengah-tengah kota. Suasana di dalam masjid sangat nyaman jadi banyak orang istirahat sambil tidur.
Setiap hari kayaknya selalu ramai apalagi disekitarnya merupakan pusat perbelanjaan dan disebelahnya ada alun-alun kota.
Lokasi wc dan tempat wudhunya ada dibawah akses lewat tangga. Kondisinya cukup bersih.
25 November 2018 7:19
Salah satu tempat ibadah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong di kota bandung. Tempatnya luas, nyaman, dan aman buat beribadah. Lokasinya juga mudah diakses.
20 November 2018 3:09
Lokasi stategis, masjid luas, banyak acara keagaamaan, namun sayang jika masuk waktu sholat. Banyak masyarakat yang duduk di halaman masjid yang asyik bermain/mengobrol di halaman masjid atau di taman alun-alunnya.
18 November 2018 10:05
Mantap, tempat yang sempurna buat ibadah, halamannya nyaman, bisa buat tempat rkreasi masarakat bandung dan sekitarnya, aman nyaman, menara mesjid tinggi bisa buat kita lihat kota bandung yang mengagumkan,
17 November 2018 15:33
Salah satu pusat kota bandung yg indah.belum bisa d katakan sdh ke bandung jika belum ke masjid alun alun kota bandung.dengan menara kembarnya kita bisa naik ke atas dg tiket yg sangat murah.dan bisa lihat kota bandung dari menara di atas mesjid.suasana yg ramai tapi tertib.membuat selalu kangen ingin datang lagi dan datang lagi.sering ada pengajian akbar di sini.ayooo datang dan buktikan ke masjid raya bandung.
17 November 2018 9:03
Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung dekat ruas Jl. Asia-Afrika, pusat Kota Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan. Tak jauh dari masjid ini, di ruas jalan yang sama berdiri megah gedung Merdeka dan Hotel Preanger, dua bangunan yang begitu lekat dengan sejarah Konferensi Asia-Afrika tahun 1955. Ruas jalan antara Hotel Savoy Homann dan gedung Asia-Afrika ini menjadi saksi bisu perjalanan para pemimpin negara Asia Afrika yang berjalan kaki dari Hotel Homman tempat mereka menginap ke lokasi konfrensi di gedung Asia Afrika termasuk untuk shalat di masjid Agung Bandung dan sebaliknya.
Masjid Raya Bandung Jawa Barat sebelumnya bernama masjid Agung didirikan pertama kali pada tahun 1812. Masjid Agung Bandung dibangun bersamaan dengan dipindahkannya pusat kota Bandung dari Krapyak, sekitar sepuluh kilometer selatan kota Bandung ke pusat kota sekarang. Masjid ini pada awalnya dibangun dengan bentuk bangunan panggung tradisional yang sederhana, bertiang kayu, berdinding anyaman bambu, beratap rumbia dan dilengkapi sebuah kolam besar sebagai tempat mengambil air wudhu. Air kolam ini berfungsi juga sebagai sumber air untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di daerah Alun-Alun Bandung pada tahun 1825.

Setahun setelah kebakaran, pada tahun 1826 dilakukan perombakkan terhadap bangunan masjid dengan mengganti dinding bilik bambu serta atapnya dengan bahan dari kayu. Perombakan dilakukan lagi tahun 1850 seiring pembangunan Jalan Groote Postweg (kini Jalan Asia Afrika). Masjid kecil tersebut mengalami perombakkan dan perluasan atas instruksi Bupati R. A Wiranatakusumah IV atap masjid diganti dengan genteng sedangkan didingnya diganti dengan tembok batu-bata.
15 November 2018 19:00
My first experience was impressed with the little hall in front of mosque. It is interesting to look how the government try to revitalized the big mosque as the center of bandung ppl activities. You can keep your belongings to the luggage keeper in 4 points around mosque. In the afternoon, you can find religious lecture after ashr prayer. There could be a comfortable rest area for tourist.
08 November 2018 13:08
Status masjid ini adalah sebagai masjid provinsi bagi Jawa Barat. Masjid ini pertama dibangun tahun 1810, dan sejak didirikannya, Masjid Agung telah mengalami delapan kali perombakan pada abad ke-19, kemudian lima kali pada abad 20 sampai akhirnya direnovasi lagi pada tahun 2001 sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 yang diresmikan oleh Gubernur Jabar saat itu, H. R. Nuriana. Masjid baru ini, yang bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang lama, yang bercorak khas Sunda.
07 November 2018 23:20
Tempat yang mengagumkan, sayangnya ada beberapa oknum menggunakannya sebagai tempat pacaran dan hal yg menjurus ke Maksiat, sayang pelajaran masjid dibuat untuk maksiat, tapi untuk segi keindahan tempatnya bagus dan indah, cocok utk Spot foto dan mengisi malam liburan bersama keluarga dan teman-teman,
25 Oktober 2018 5:10
Masjidnya luas. Tempat wudhu ada di lantai basement. Ada tempat penitipan sandal dan sepatu yang cukup banyak. Di depan masjid ini ada Alun-alun Bandung yang pakai rumput sintetis. Masjid ini untuk tempat istirahat setelah puas berkeliling di sekitaran Jl. Asia-Afrika
24 Oktober 2018 3:06
Lapangan berumput sintetis depan masjid Agung (Raya) Bandung, ini adalah ruang terbuka umum tempat orang orang berfoto dan selfie ria, dibawahnya adalah basement yang dipakai untuk parkir, toilet umum dan mushola, ada tempat duduk duduk juga

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: