15 November 2023 8:08
Kalau berkunjung ke Kebun Raya Bogor, kalian wajib ke Museum Zoologi yang sangat bersejarah. Letaknya di belakang Laboratorium Treub setelah tempat makan Secret Garden dekat pintu masuk. Ada rangka paus biru besar yang ditemukan mati diperairan pulau jawa sekitar 200 tahun lalu dan dijadikan ikon Museum ini. Sayangnya harga tiket yang dibandrol cukup mahal Rp 15.000 di hari biasa. Padahal saat memasuki Kebun Raya Bogor kita juga sudah dikenai tiket masuk. Kondisi museumnya sepertinya harus dibenahi lagi, karena suasananya tidak nyaman, agak remang, lampu sedikit, menambah kesan horor. Walaupun ini museum tua, sebaiknya lebih dibangun lagi fasilitasnya dan dibuat menarik agar harga yang dibayar juga sesuai dan semakin banyak pengunjung yang datang. Cocok sekali buat edukasi utk siapa saja, hanya saja informasinya kurang.
04 November 2023 7:04
My son and I were happy to visit museum zoology. We got more knowledge about the animals and the skeleton of animals in Indonesia. Wanna go back again sometime
03 November 2023 4:41
Tiket nya kemahalan, its oke kalo langsung masuk museum, tpi ini masuk lwt kebun raya dulu jadi double tiket masuk.padahal tujuan nya hanya untuk ke museum aja, gak ke kebun raya.
11 Oktober 2023 5:52
Small museum in Kebun Raya, Bogor. We paid 15k rupiah to enter Kebun Raya, and then another 15k to enter the museum. Not bad at all.

There are a lot of different animals, reptiles, and insects here, preserved in some manner. Most of the plaques in front in front of the animals don't have any English translation, but some do.

Also, they have a BLUE WHALE SKELETON. Like WHAT.

Overall would recommend if you're visiting Kebun Raya anyways. It's not very expensive or out of the way.
27 September 2023 21:08
Museum taksidermi/ hewan di awetkan. Penataan bagus dan rapi. Petugasnya juga ramah dan cekatan
26 Oktober 2019 21:59
Museum Zoologi Bogor merupakan salah satu museum yang punya informasi tentang dunia flora dan fauna yang ada di Indonesia serta dunia. Wisata ini juga mengedukasi para wisatawan lokal maupun mancanegara terkait dengan dengan dunia flora dan fauna tentunya. Museum tersebut bisa menjadi tempat belajar yang tepat bagi anak-anak maupun orang dewasa.
Wisata Sejarah Bogor ini dibangun pada tahun 1894 ketika masa pemerintahan Belanda dulu. Tak heran jika bentuk bangunannya sangat klasik serta punya arsitektur Belanda yang sangat kental. Nama museum tersebut awalnya yaitu Landbouw Zoologish Laboratorium. Kesannya yang kuno dan klasik menjadikan membuat tampilan tempat ini punya gaya yang khas.
Dahulu tempat ini digunakan sebagai laboratorium, sehingga di tempat wisata tersebut banyak terdapat hewan-hewan yang diawetkan dan dipamerkan. Hal ini untuk memberi informasi kepada para wisatawan terkait kehidupan hewan di masa lampau.
26 Oktober 2019 11:45
Sebagai wisata edukasi museum senantiasa memberikan informasi bermanfaat kepada pengunjung terkait tema diusung. Di kebun Raya Bogor, memiliki sejumlah fasilitas, spot-spot dan berbagai wahana permainan dan juga edukasi.  Museum Zoologi Bogor merupakan salah satu wahana edukasi memberikan informasi edukasi kepada wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara terhadap perkembangan dunia flora dan fauna di Indonesia hingga kanca internasional. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat belajar menyenangkan bagi anak-anak maupun dewasa.
26 Oktober 2019 4:29
Favorit sih karena saya suka hewan. Banyak hewan-hewan yang diawetkan disini. Yang paling terkenal disini ada kerangka paus biru utuh. Besar banget. Disini ada ular, mamalia, aves, serangga, dll. Ada jual merchandise juga khas dari museum zoologi
21 Oktober 2019 23:01
Waktu kecil dulu saya senang bila pergi ke sini, namun sekarang agak sedih melihatnya, penerangan kurang dan terkesan suram, tidak ada inovasi baru dan tambahan koleksi museum. Semoga ke depan museum ini lebih diperhatikan dan kembali menjadi tujuan wisata pendidikan bagi para pelajar.
16 Oktober 2019 1:06
An outstanding collection of preservation Indonesian animals. Quite representative of Indonesian biodiversity.
15 Oktober 2019 11:57
Sudah cukup lumayan informatif, hanya buat saya, keterangan ketetangan yg ada pd gambar kurang detil.
13 Oktober 2019 12:44
Baguuss untuk mengenalkan anak2 balita sampai ke turis asing mengenai satwa Indonesia. Yang kurang adalah Penerangannya yang kurang banget.
11 Oktober 2019 22:04
Bagus banget. Cocok buat liburan anak sekolah, cuma emang banyak nama ilmiahnya. Jadi perlu guru atau tourguide yang bisa trasletin nama" ilmiahnya supaya lebih paham
01 Oktober 2019 4:54
Museum hewan yang ada di Kebun Raya Bogor. Isinya fossil tulang hewan-hewan level tingkat rendah hingga tingkat tinggi. Menarik untuk edukasi anak-anak
24 September 2019 10:23
Tempatnya bersih kalo definisinya "bersih" adalah gak ada sampah. Berdebu interior jadul, kurang menarik kalau buat anak jaman now.
21 September 2019 10:10
Begitu banyak taman yg indah tapi taman ini memberikan banyak edukasi mengenai keanekaragaman botani.
15 September 2019 0:45
Byk informasi menarik utk anak2 sih.cm kl bs di buat lbh modern n terang.dilengkapi teknologi2 interaktif.n lbh byk lg program utk sekolahan.jd bs jd tujuan edutrip yg diminati
30 Agustus 2019 10:01
Musimnya bersih.semua koleksi museum tertata rapi sesuai dengan kelompok hewannya.informasi mengenai hewannya juga lengkap.untuk anak2 belajar seru.tapi untuk menemukan lokasinya lumayan butuh ketelitian melihat petunjuk jalan.

Oh iya, museum ini adanya di Kebun Raya bogor.jadi kita masuk kebun raya bogor dikenakan tarif 15rb aja.dan gratis masuk museum Zoologi.dan ada beberapa tempat wisata lainnya juga
26 Agustus 2019 15:01
Museumnya terawat sehingga benda benda di dalamnnya telihat bagus dan bersih. Fasilitasnya juga banyak.
18 Januari 2019 7:35
Rabu, 14 nopember 2018 sekolah adik saya yaitu MI AL BARKAH mengadakan kunjungan ke museum zoologi yang ada di kebun raya bogor. Alhamdulillaah suasananya sejuk dan asri karena disekitar penuh dengan pepohonan. Pertama-tama kita registrasi dulu untuk membeli tiket masuk. Setelah itu, guide (pemandu) langsung mengarahkan kita memasuki museum. Di ruangan tersebut kita disuguhi ratusan hewan yang dikeraskan didalam kubus kaca disertai dengan jenis dan nama ilmiahnya. Diantaranya macam2 burung, hewan mamalia, unggas, serangga dan hewan laut. Sang pemandu pun tak kikuk lagi dalam menerangkan spesifikasi dari hewan tersebut kepada anak-anak. Mereka sangat asyik dan gembira. Terakhir kita dibuat tercengang oleh kerangka ikan paus terbesar di ruangan terbuka. Panjang sekali. Untuk seluk beluknya pengunjung tinggal membaca di papan info. Setelah itu pengunjung bisa membeli oleh2 yang ada di samping kerangka ikan paus. Toilet juga dekat disana. Menyenangkan pokoknya
13 Januari 2019 1:46
Tempat yang bagus dan edukatif. Pengunjung bisa melihat keanekarahaman fauna asli Indonesia. Kalau Saya lihat dari bangunan serta koleksinya, museum ini merupakan tempat bersejarah, karena sudah ada sejak jaman Belanda.

Penyajiannya cukup informatif jadi pengunjung bisa membaca sendiri informasi dari setiap obyek yang ditampilkan tanpa perlu pemandu.

Saran saya seharusnya ada media bantu yang menampilkan informasi secara audio visual melalui penayangan video tentang flora yang menjadi koleksi museum.
18 Desember 2018 17:32
Sudah sangat berkembang sejak kunjungan saya 3tahun yg lalu, tp masih sangat perlu pengembangan karena museum tersebut terkesan jadul
01 Desember 2018 2:39
Museum yang memberikan edukasi mengenai beberapa fauna yang ada di Indonesia. Terdapat beberapa contoh hewan yang sudah diawetkan dan juga penjelasannya yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Juga terdapat rangka paus biru di sisi belakang museum. Sudah termasuk dari tiket masuk Kebun Raya Bogor sehingga rugi apabila tidak berkunjung ke sini.
31 Oktober 2018 6:41
Koleksi museum sebagian besar berasal dari negara Indonesia, dan sisanya berasal dari beberapa negara di dunia, salahsatunya yaitu jenis kepiting berukuran besar yang berasal dari negara Jepang.
Untuk bisa sampai ke museum zoologi, pengunjung bisa menggunakan jalan yang berada di antara gedung Treub laboratorium dan guest house Nusa indah, karena letaknya berada di belakang area kedua gedung tersebut.
19 Oktober 2018 3:57
Love this place. Cocok buat ajak anak yang punya minat dengan dunia fauna ya. Tempat rekreasi sambil belajar. Tiket masuk orang @16k mobil @30k. Lampu di dalam museum agak remang ya. Bangunan museum sudah tua tapi terawat baik. Lengkap juga ada toilet dan penjual minuman atau cemilan.
11 Oktober 2018 6:53
Museum binatang2 awetan. Koleksi antropod, reptil, kerang2an serangga dll sangat rapi dipajang. Nilai edukasinya itu lho.ayo ajak anak2 kalian utk belajar ilmu alam, ilmu hayat dan ilmu sains biologi kesini, bermanfaat banget, melatih kecerdasan naturalisme. ‍‍Kalo hutan tanamannya banyak banget nyamuk. Ingat kalo main ke hutan KRB, wajib bawa Autan/ minyak Citronella anti nyamuk kalo ga mao gatel2 bentol dikerubung nyamuk hutan KRB
06 Oktober 2018 21:57
Terdapat berbagai jenis hewan dari yang paling kecil sampai paling besar. Kamu bisa mendapat banyak informasi di museum ini. Tempat ini cocok sekali untuk educational field trip siswa SD sampai SMA. Setelah selesai mencari informasi di museum, kamu bisa keliling Kebun Raya dengan berkereta atau berspeda. Pokoknya keren!
03 Oktober 2018 10:55
Alternatif mengunjungi Bogor, selain Kebun Raya. Banyak artefak satwa dan sejarah sejak jaman penjajahan sampai dengan saat ini. Disayangkan, koleksinya sudah sangat lawas dan kurang interaktif, padahal Indonesia kaya akan aneka ragam satwa, dari mulai reptilia, amphibi dlsb. Semoga kelak bisa menjadi "smithsonian" Asia. Secara lokasi juga, musim ini mudah dijangkau dari stasiun kereta Bogor dan sebaliknya.
01 Oktober 2018 10:19
Sejarah tidak bisa dilupalan begitu saja. Harus diingat dan dipelajari pengetahuan alam yg patut dijunjung tinggi
14 September 2018 15:17
Koleksi yang sangat lengkap, mulai dari vertebrata sampai invertebrata.
Primata bahkan serangga.
Ajak anak anak untuk mengenal dunia binatang darat, air, udara
14 September 2018 10:23
Salah satu museum tua di kota bogor, terletak di tengah kota bogor dengan akses yang mudah dari mana saja seantero kota dan kabupaten bogor. Museum berisi koleksi satwa, terutama dari daerah Indonesia. Koleksi yang paling menarik menurut saya adalah badak jawa terakhir yang ditemukan di tasikmalaya pada tahun 1914 dengan kerangka tulang paus biru sepanjang 25 meter yang didapat dari pantai pameungpeuk garut tahun 1914an. Sangat dianjurkan datang ketempat ini bersama keluarga karena bisa jadi wisata edukasi. Selain itu, tiket masuk sudah termasuk dengan tiket masuk kebun raya. Jadi selain jalan-jalan ke kebun raya, sangat direkomendasikan untuk datang juga ke museum zoologi ini
09 September 2018 8:30
Sangat bagus utk pengetahuan umum khususnya bagi anak² kita,
Ada berbagai hewan nusantara Indonesia yg diawetkan, yg berkesan ada badak jantan warna hitam yg sangat besar

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: