30 Oktober 2023 6:27
One of the best Jamblang style mixed rice in Cirebon. Not the cleanest or healthiest place to eat but relaticely affordable and vegan friendly too. My favorite menu is the sambal, fried tempeh, semur tahu kecap (sweet soy tofu stew) and fried potato cake (perkedel).
23 Oktober 2023 7:28
Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke Cirebon karena warung ini cukup legend, tempatnya persis di sebelah Pelabuhan Cirebon. Rasa makanan cukup enak dan terjangkau namun menunya yang kurang variatif dibanding tempat makan yang lain. Semoga dapat dikembangkan lagi dari segi pelayanan maupun kualitasnya sehingga dapat bersaing dengan warung makan lainnya yang menjual menu yang sama
22 Oktober 2023 10:41
A lot of people say that u should visit here when in cirebon, I taste it but it is as same as warung ampera. I don't find it special tho
30 September 2023 18:53
Makanan maknyooss, harga terjangkau dgn ngambil sendiri, sayangnya cuaca di Cirebon panaasss
28 September 2023 5:29
Tempat makan legendaris di Cirebon yang tak boleh dilewatkan. Rasanya yang autentik dan cita rasa khas Cirebon membuat saya kembali lagi dan lagi.

Menu andalannya, tentu saja, nasi jamblangnya yang lezat. Nasi jamblang disajikan dengan berbagai lauk-pauk yang beragam, seperti empal, sambel goreng ati, dan masih banyak lagi. Semua hidangan disajikan dengan cara tradisional, mengikuti warisan nenek moyang.

Tempatnya bersih dan nyaman, dengan nuansa yang kental dengan budaya Cirebon. Pelayanannya juga ramah dan cepat, membuat pengalaman makan di sini semakin menyenangkan.

Harga makanan di Nasi Jamblang Pelabuhan (Hj. Sumarni) cukup terjangkau, jadi cocok untuk semua kalangan. Kalau kamu mencari tempat makan khas Cirebon yang autentik, ini adalah tempat yang tepat! Jangan lupa coba tahu gejrot dan nasi lengko mereka, sungguh lezat!
05 September 2023 17:48
Cirebon -

Nasi jamblang adalah kuliner khas dari Cirebon. Salah satu tempat buat menikmatinya ada di Nasi Jamblang Pelabuhan yang tersembunyi tapi rasanya enak!

Ada banyak tempat untuk menikmati kuliner nasi jamblang di Cirebon. Salah satunya adalah Nasi Jamblang Pelabuhan Hj Sumarni yang beralamat di Jl Yos Sudarso No 1, Panjunan, Cirebon.

Sesuai dengan namanya, warung nasi jamblang ini berada tepat di samping pintu Pelabuhan Cirebon. Lokasinya cukup tersembunyi. Untuk masuk ke dalam warungnya saja, traveler harus melewati gapura batu bata berwarna merah.

Di balik gapura bata merah itu,  Nasi Jamblang Pelabuhan berada. Begitu masuk, traveler akan disambut alunan musik keroncong yang didendangkan oleh musisi jalanan yang mangkal di warung tersebut.


Home

Travel News

Destination

Photos

Free Travel Fair

Muslim Traveler

D'travelers Stories

D'travelers Photos

Travel Highlight

Video

Most Popular

Travel Ideas

Travel Inside

Recommendation on Budget

Syarat & Ketentuan

Indeks



detikTravelDomestic Destination

Nasi Jamblang Pelabuhan di Cirebon, Tersembunyi tapi Enak!

Wahyu Setyo Widodo - detikTravel

Rabu, 01 Des 2021 13: 35 WIB

BAGIKAN

Komentar

Foto: Nasi Jamblang Pelabuhan Cirebon (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)

Cirebon -

Nasi jamblang adalah kuliner khas dari Cirebon. Salah satu tempat buat menikmatinya ada di Nasi Jamblang Pelabuhan yang tersembunyi tapi rasanya enak!

Ada banyak tempat untuk menikmati kuliner nasi jamblang di Cirebon. Salah satunya adalah Nasi Jamblang Pelabuhan Hj Sumarni yang beralamat di Jl Yos Sudarso No 1, Panjunan, Cirebon.

Baca juga: Cirebon Waterland, Tempat Wisata Keluarga Legendaris di Kota Udang

Sesuai dengan namanya, warung nasi jamblang ini berada tepat di samping pintu Pelabuhan Cirebon. Lokasinya cukup tersembunyi. Untuk masuk ke dalam warungnya saja, traveler harus melewati gapura batu bata berwarna merah.

Di balik gapura bata merah itu,  Nasi Jamblang Pelabuhan berada. Begitu masuk, traveler akan disambut alunan musik keroncong yang didendangkan oleh musisi jalanan yang mangkal di warung tersebut.

Berbagai menu hidangan sudah tersedia di meja panjang warung. Sistem di sini prasmanan, traveler mengambil sendiri lauk mana yang dimau sesuai selera.

Nasi Jamblang Pelabuhan Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Traveler tinggal menghampiri pelayan, lalu meminta nasi jamblang di piring. Nanti lauk-lauknya traveler ambil sendiri, termasuk sambal merah yang jadi idola.

Ada banyak lauk yang tersedia. Mulai dari aneka pepes, semur daging, jeroan, tempe-tahu goreng, ayam goreng, telur, sate-satean, semuanya ada. Traveler jangan bingung memilih ya!

Berbagai menu hidangan sudah tersedia di meja panjang warung. Sistem di sini prasmanan, traveler mengambil sendiri lauk mana yang dimau sesuai selera.
20 Agustus 2023 8:41
Trip pertama ke cirebon wajib sih mampir d sini, selain penasaran tenyata jg enak nasi jamblang ya.selamat mencoba y
07 Agustus 2023 22:07
Intinya enakk, kalo ke cirebon harus kesini sih cobain nasi jamblangnya! Ada live music by abang abang tapi gak ganggu suasana makan kok tenang ajaa. Disini self-service ambil lauk sendiri ntar tinggal di total di kasir deh. Semua pelayan yang beresin meja nya juga gercep banget, baru pergi dari meja langsung satset diberesin untuk pengunjung selanjutnya. Jadi meskipun selalu penuh dan ngantri panjang untuk ambil nasi+lauknya, gak perlu khawatir karena pasti akan ada tempat duduk yang kosong kok!
29 April 2020 14:36
Lokasi nya memang agak terpencil, tapi ada signboard NJP cukup besar di sudut pelabuhan, jd bisa terlihat. Waktu dtg kesana pukul 1 siang lauk nya sudah banyak yg habis, jd ngga banyak pilihan, untuk rasa lumayan enak (sy hanya ambil menu lauk yg tersisa), harga juga cukup murah
14 April 2020 9:15
Nasi jamblang kedua (dan mungkin terakhir) yang dicoba.

Tau tempat ini dari artikel yang sama dari review sebelumnya wkwk.

Ini tempatnya deket dari pasar Kanoman, jadi tadi drop off di pasar Kanoman dan jalan kaki ke tempat ini. Tempatnya agak terpencil tapi untungnya ada papan plangnya lumayan besar jadi ga nyasar wkwkkw.

Begitu masuk, menunya ternyata lebih sedikit dari bu Nur dan tidak ada list harganya juga.
Oke tadi menunya ambil paru goreng, balakutak, tahu semur dan cobain perkedel tahu.

Setelah dicoba, rasa balakutaknya dibawah standar n ternyata kalah sedep dari bu Nur. Paru gorengnya enaa anget n krispi luarnya. Nah sambel merahnya disini cenderung gurih dibanding bu Nur.
Oia menu di atas tadi 42rb totalnya. Kok kek lebih mahal dari bu Nur ya wkwk.

Overall dari rasa masih lebih enaa bu Nur, lauknya jg lebih variatif di bu Nur
02 April 2020 3:37
Khas makanan wong cirebon nasi jamblang pelabuhan (NJP) Punya mbak ratna mantulss rasanya enakk
20 Maret 2020 6:30
Makanannya oke, harga tidak semurah nasi jamblang di tempat lain, rame banget, kadang sulit dapat tempat duduk
17 Maret 2020 11:39
Enak. Penentuan harga bergantung banyaknya lauk yg kamu ambil. Pesen teh tawar, free. Rame jugaaa.deket dengan gedung British American Tobacco (BAT), a.k. A Kota Tua nya Cirebon gitu guys. Deket juga sama pecinan, kampung arab, sama kraton kanoman loohhh.
13 Maret 2020 21:23
Klo sy yg lidah asli jawa timur emg ngerasanya biasa j.tp suami suka sm nasi jamblang dsini.jd y selera si ya
02 September 2019 14:09
Beberapa orang bilang, Nasi Jamblang Pelabuhan ada untuk tempat mengisi perut kuli-kuli pelabuhan atau pegawai kantor di sepanjang Jalan Yos Sudarso. Jadi tempatnya ala kadarnya.

Meja-meja panjang berjejer ke belakang. Di ujung belakang adalah dapur yang penuh kegiatan memasak. Anda ambil nasi, pilih lauk dan bayar di kasir yang ada di tengah.

Perbedaannya dengan Nasi Jamblang lain, Nasi Jamblang Pelabuhan memakai nasi panas. Sedangkan umumnya yang lain semua nasi sudah dibungkus daun jati. Di sini daun jati tetap menjadi alas nasi tapi bukan pembungkusnya. Bagi sebagian orang, makan dengan nasi panas memang nikmat.
12 Agustus 2019 4:52
Ini pertama kalinya saya makan nasi jamblang, the best banget sih setiap menunya. Yang saya makan kali ini adalah telor dadar, sate telor, tahu kecap, perkedel dan ditemani es teh manis, merogoh kocek 19.000. Disarankan datang pagi hari, kalau sore udah mulai pada habis menunya.
26 Juli 2019 4:42
Nasi jamblang disajikan dengan ragam lauk enak. Nasi jamblang Ibu Sumarni ini jadi salah satu yang populer. Daun jati yang masih muda jadi pembungkus nasinya.
Lauknya ada ikan pari, tahu, telur dadar, paru goreng, tempe, sate telur puyuh, daging hingga sambal merahnya yang khas. Sambal merahnya disisir sehingga rasanya tak terlalu pedas namun enak.
22 Juli 2019 21:27
Walau sdh pindah ke bdg selalu kangen masakan sini.

Beda jamblang ini dibanding yg lain adalah sayurnya dadakan dimasak jd hangat
Rasanya enaaaak bgt.
Bakal ketagihan

Tp Tempatnya kurang nyaman & panas
12 Juli 2019 23:03
Jika kamu jalan2 ke cirebon mampirlah ditempat kuliner ini. Sensasi khas nasi jamlang yang nikmat walau tempatnya kecil namun makanannya enak tepatnya dipintu masuk pelabuhan cirebon
11 Juli 2019 8:08
Masakannya enak, masakannya hangat baru jadi, harga relatif tidak mahal. Selalu ramai, pelayananya ramah. Kalau mau kesini pagi2, masakannya masih hangat. Apalagi kalau pas lebaran ini ramai sekali. Setiap kali kecirebon paginya pasti sarapan disini, rekomended bgt untuk sarapan disini.
02 Juli 2019 9:25
Nasi jamblang ini sudah buka sejak pagi hari. Pengunjungnya lumayan banyak dan harus antri (meskipun tidak lama).

Secara rasa, rasa kuah kecap dan sayuran nya enak.
Kerupuknya top banget.

Nasi nya diluar dugaan: ngga keras.bahkan cenderung seperti nasi pulen.

Akibatnya menurut gw, nasi nya kurang berasa original jamblang.

Mungkin sudah disesuaikan dengan lidah para turis turis domestik.

Ohh.harga: AMAZING.nasi gw berikut teh dan kerupuk: 10.000 idr sajah.
12 April 2019 16:14
Cukup lama tidak ketempat ini, akhirnya sabtu 30 maret 19 berkesempatan makan disini lagi. Namun rasa makanannya kok agak menurun jika dibanding dulu.
09 April 2019 15:23
Terletak di pinggir jalan raya utama.tempat tidak terlalu luas.kebersihan tempat dan toilet perlu ditingkatkan.menu makanan tidak terlalu banyak.harga relatif murah.
27 Februari 2019 23:06
Yang kangen masa kecil dicirebon, wajib untuk datang kesini, cita rasa khas jamblang nya masih kental, cuma jangan kesiangan kalau tidak mau kehabisan lauknya,
04 September 2018 0:31
Sebenarnya hampir sama dengan nasi uduk, hanya kekhasan dari menu ini adalah dibungkus atau disajikan dia atas daun jati. Tapi rasa masakannya lezat. Hanya saja tempatnya kecil jadi kadang ada yang dapat bangku tidak dapat meja. Ada penjual tahu gejrot juga di depan.
03 September 2018 21:00
Rasanya si menurut gue standart ajah, buat dr tempat sebenernya gak terlalu strategis, tapi keren ajah bisa banyak yg tau, gue pribadi tau dan dteng karena diajak sama temen yg biasa makan kesini

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: