02 Oktober 2023 16:11
Pondok Pesantren MIFTAHUL HUDA didirikan oleh almarhum KH. Choer Affandi (dikenal dengan julukan UWA Ajengan) beserta istri (Hj. Siti Shofiyyah) pada tanggal 7 Agustus 1967. Berlokasi di Kedusunan Pasirpanjang, Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat, jarak dari Kota Tasikmalaya 13 km.ke arah Timur, dari ibu kota Kecamatan 1 km.ke arah Tenggara dan 8 km.dari ibu kota Ciamis ke arah Barat Daya.

Dan telah mencatatkan diri sebagai Yayasan dengan nama Yayasan Pesantren MIFTAHUL HUDA (YAMIDA) dengan akta notaris Ryono Roeslam NO. 34/PN/76/AN. Berhubung banyak pendirinya yang telah meninggalkan Pesantren (waktu itu pengurusnya ada dari kalangan santri senior) maka akta notaris ini diperbaharui pada tanggal 20 Juni 1987 di hadapan notaris Tuti Asijati Abdul Ghani SH. Dan pada tahun 2016 telah direvisi dengan nama Yayasan Miftahul-Huda Indonesia.

Cikal bakalnya adalah Pondok Pesantren Wanasuka di kampung Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kab. Ciamis (sekarang Kab. Pangandaran), kemudian karena pergolakan perjuangan pada saat itu Pondok Pesantren Wanasuka tidak dapat dilanjutkan. Beberapa tahun kemudian KH. Choer Affandi mendirikan lagi Pondok Pesantren dengan nama Pesantren Gombongsari di kampung Cisitukaler desa Pasirpanjang, kemudian karena di lokasi ini tidak memungkinkan untuk diperluas lokasinya, sementara Santri bertambah terus, atas dukungan masyarakat lokasinya dipindah ke lokasi sekarang, dibangun di atas tanah waqaf dari Raden Hj. Mardiyah seorang aghniya di Manonjaya.

Kini, terletak di areal tanah seluas 8 hektar, dihuni lebih dari 4.000 santri dan memiliki 1.000 lebih cabang Pesantren yang tersebar di Daerah Jawa dan Sumatera, merupakan lembaga pendidikan Islam yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya selalu mengupayakan agar para santrinya mampu berakhlaqul karimah dan mendapat ilmu yang bermanfa'at yang dituangkan dalam tiga program Pesantren, yaitu; 1. Ulama Al'Amilin (Ulama yang mampu mengamalkan ilmunya), 2. Imamal Muttaqin (Memimpin ummat untuk bertaqwa), 3. Muttaqin (Manusia yang bertahan dalam ketaqwaan)

Usaha ke arah tersebut ditunjang dengan strategi luar (Dzohiriyyah) berbentuk kegiatan-kegiatan pendidikan dan pembinaan selama 24 jam dan strategi dalam (Bathiniyyah) berbentuk ibadah-ibadah ritual yang diberjama'ahkan, seperti; Riyadloh, tadarrus al-Quran, sholat berjama'ah awal waktu, sholat Tahajjud dan sholat Dluha yang kesemuanya ada dalam kerangka peraturan sebuah organisasi yang ditopang dengan administrasi, komputer sistem online dan fasilitas-fasilitas pelayanan lainnya.

Sepeninggalan pendiri Pesantren pada tanggal 26 November 1994, Pesantren Miftahul Huda dikelola langsung oleh para putra, mantu (Dewan Kiai) dan cucu (Anuarmuda) dibawah Pimpinan Umum KH. Asep A. Maoshul Affandy dan dibantu oleh santri Khodimul Ma'had/Pengabdian (santri senior yang telah menyelesaikan studi jenjang akhir dan berhasil Wisuda).

Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan pertolongan dan membukakan jalan kebaikan kepada kita sekalian hingga sampai ke gerbang kesuksesan, Aamiin.
17 September 2023 1:43
Berkah untuk miftahul huda pusat
Alhamdulilah pernah ikut nginep di huda tahun2001-2003
12 Desember 2022 1:58
Main ke sini untuk bertemu teman lama dari Taman kanak-kanak/TK yang kebetulan dia mondok juga disini. Setelah masuk kedalam bangunannya banyak sekali, mengingat santri nya diperkirakan ada 4000 lebih.
Saya datang kesini hari Jumat. Begitu tiba waktu solat Jum'at, para santri datang dengan tertib dan antusias. Saya yang ikut Solat Jum'at disini merasa senang sekali melihat para santri yang banyak mengikuti solat Jum'at.
Teman saya yang mondok disini Alhamdulillah sudah hampir 5 Tahun mondok disini dan berniat untuk menyelesaikan pendidikan nya sampai selesai.
Pokoknya kalau ada orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di pesantren, boleh main dulu pondok pesantren Miftahul Huda ini. Main aja dulu supaya tau bagaimana suasana nya disini. Kalau saya rekomendasikan banget sih
17 November 2022 8:20
Pertama kali datang kesini jengukin ponakan, Langsung di Buat kagum dengan suasana & Lingkungannya yooo mondok di Miftahul Huda Insya Allah Berkah Hidupnya & Manfaat Ilmunya
07 Juni 2022 2:25
Kalau masuk ke ponpes miftahul Huda setelah selesai sekolah dasar, boleh? Maksudnya masuk nya mulai SMP,
08 Januari 2022 3:02
Assalamualaikum sebelumnya izin bertanya apa pesantren ini menerapkan pelajaran umum seperti sd/smp/sma pada umumnya?
27 Desember 2021 0:23
Assalamualikum wr wb.mohon maaf sebesar2 nya, adik saya bernama ALBIANO RIZKI MUBAROK pesantren di miftahul huda {MANONJAYA TASIKMALAYA} beliau bernama ALBIANO RIZKI MUBAROK dikabar kata pengurus nya telah kabur selama 3hari yang lalu, dari tgl 27 nov 2021, saya sebagai keluarga nya sangat cemas, saya teleponin pengurus nya ga di angkat2, mohon maaf kepada pengurus pondok pesantren miftahul huda, saya minta bantu tolong cari adik saya yang bernama ALBIANO RIZKI MUBAROK, wassalamualaikum wr wb.
09 November 2021 8:43
Pencetak calon pemimpin dan ulama
Biaya sangat terjangkau, kaum dhuafa sekalipun bisa mondok disini, dan telah di setarakan dengan pendidikan formal dari tingkat ibtida (setara SMP) sampai tingkat Ma'had Aly (setingkat Perguruan tinggi).
07 September 2021 8:58
. Sy tau di photo kalo gk sal.ah apa.i. N.i tmpt sy dulu. Yg pernah sekilas mondok sama.ddsana ma.a. F sy sebut.nama abuya KH. Muhaimin bukan. Ya
06 Juli 2021 3:45
Alhamdulillah, saya pernah mondok di sini walaupun cuma sebentar, pondok yg sangat luar biasa, hebat
29 Juni 2021 22:55
Ponpes yg nyaman semoga pesantren miptahulhuda slalu dapat mendidik
calon calon Generasi bangsa yg
islami dan berakhlak Mulia
Nb
Ku titipkan buahhatiku disini
Untuk didik ilmu agama semoga
Menjadi anak Soleha amiiin
20 Juni 2021 12:41
Pesantren pertama saya, waktu itu pertama kali ke Huda tahun 2010, gak terasa udah 10 tahun berlalu. Rindu sekali
12 Oktober 2019 18:54
Bismillah. Tempat kaka menimba ilmu semoga menjadi anak yg sholehah dan memberikan mangfaat bagi semuanya Aamiin yra.
11 Maret 2019 16:25
Pelatihan santri tani milenia
Pondok Pesantren Salafy Terbesar di Jawa Barat
Sebuah pondok yg benar2 salafy.
10 Desember 2018 20:58
Di sini tempat anak-anak menuntut ilmu agama.
Di didik dan di asuh oleh asaatidz yang berakhlaqul kariimah.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: