28 Maret 2023 7:11
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok merupakan salah satu pembangkit listrik tertua di Indonesia warisan jaman kolonial Belanda yang sampai dengan sekarang masih beroperasi dengan baik. Tahun 2023 ini tepat 1 abad umur PLTA Bengkok. Berkapasitas sekitar 3 MW, pembangkit listrik ini terletak di Dago Bandung yang memanfaatkan aliran sungai Cikapundung sebagai sumber air nya. Merupakan pembangkit listrik yang sangat ramah lingkungan karena tidak membakar bahan bakar fosil. Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikapundung yang terjaga adalah kunci kelestarian PLTA, karena selama air masih mengalir maka turbin penghasil energi listrik akan terus dapat berputar. Untuk itu perambahan hutan atau pengalihan fungsi lahan harus dicegah.
PLTA ini dikelola oleh PT Indonesia Power Saguling POMU, yang merupakan afiliasi dari PT PLN (Persero).
10 Februari 2023 0:22
Tempat yang menyimpan sejarah, terutama terkait pembangunan listrik tenaga air di Indonesia.
04 September 2022 16:26
Tempatnya nyaman sejuk asri dan adem, pelayanan staff nya ramah gercep.

Tempat yang cocok buat meneduhkan penatnya pikiran, tapi jika lembang hujan deras/banjir, kotoran ternak nya mengalir deras di area sungai.

Ambuuneee ora enak!

Mantap PLTA Bengkok!
28 Juni 2021 14:41
Saya di gedung plta bengkok yg baru pengecetan ga dibayar full.miris proyek besar sampe segitu nya.
10 Juli 2019 18:17
Berpegang teguhlah pada Al quran& hadhis Rasulullah saw' insya selamat dunia akhirat.
15 Maret 2019 15:34
Jika melihat fisik turbin dan generator Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok yang terletak di kawasan Dago Bandung, mungkin tak ada yang menyangka bahwa mesin tersebut telah berumur hampir seabad.     

Selain turbin dan generator itu terlihat perkasa saat dioperasikan, juga tak ada cat yang mengelupas khas mesin tua. Namun tak bisa dipungkiri, PLTA Bengkok memang dibangun Pemerintah Belanda di tahun 1923.

Saat saya berkunjung ke PLTA Bengkok, belum lama ini, turbin dan generator penghasil listrik berada di dalam gedung bercat putih khas bangunan Eropa. Jendela dan pintu berukuran raksasa menjadi kekhasan tersendiri bangunan itu.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, PLTA Bengkok memiliki kapasitas terpasang 3x1,5 Mega Watt (MW) yang produksi listriknya dialirkan ke sebagian daerah Bandung. PLTA Bengkok ini dioperasikan oleh anak usaha PLN, yakni PT Indonesia Power.

Selama ini, sumber energi primer PLTA Bengkok berasal dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikapundung. Namun sebelum diolah menjadi listrik, air dari DAS Cikapundung dihimpun terlebih dulu dalam kolam pengendap.

Untuk membuat turbin dan generator PLTA Bengkok tetap prima, pihaknya memiliki 3 periode perawatan rutin, yakni tiap bulan, tiap tahun, dan tiap 5 tahunan. Perawatan yang dilakukan antar periode berbeda.
20 Februari 2019 22:39
Tempat latihan kami, jalan potong menuju taman hutan raya,

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: