11 September 2023 18:50
TOKO ini top Markotop pisaannn sejak Saya umur 6 tahun sdh ada, Dan my mom sering beud dulu kesini, selain beli roti dll, juga kita pesan ice cream yapokonya, sukses trusss Dan BERJAYA trossssss, Aamiin
08 Agustus 2023 18:31
Cinnamon rollnya wangi, bolu padetnya enak, tapi paling favorit si pastel ayam nya. Datang sekitar jam 2 siang sudah pada soldout. Kata bapaknya kalau mau komplit harus datang pas jam baru buka.

Oh iya. Cash Only yaaa
24 Juli 2022 3:12
A place of Hollandsche bakery no preservative my mom brougt me since me ten years old pastel.sosisbread.katetonk.moorkop.etc
Sorry if wrong words
22 Mei 2022 1:15
Passed by in the afternoon, and most of their pastries/bread had sold out. Tried a soes, and it’s delicious. The building and its ambiance is very old, very interesting though. However, imo a little renovation will be good, i.e. Repaint the mold-affected wall.
28 April 2022 15:12
Sumber Hidangan, suasana tempo dulu terasa disini, unik Dan nyaris tidak berubah dari masa ke masa, semoga daoat dipertahamkan terus.
Toko ini ada jam buka nya pagi siang tutup sore buka lagi.
07 April 2022 1:38
Roti dan eskrimnya old style banget. Dari segi rasa overall menurut saya enak!
1. Menu sajian rotinya masih dalam bahasa belanda jadi misal bingung bisa tanya ke pegawainya bakal dijelasin kok. Favorit saya cinamon roll.
2. Tokonya beneran kaya dari jaman belanda. Bahkan furniturnya juga. Sepertinya butuh renov juga namun suasananya beneran ngasih pengalaman ruang yang menarik.
3. Es krimnya enak banget meskipun namanya unik dan masih pakai nama-nama lama (bisa browsing atau nanya pegawainya kalau bingung) Cuma kemarin saya beli es rasa kopyor tp kenapa rasanya kaya vanila yah: (lalu teman saya beli es krim arben rasanya malah spt es kopyor: (

Overall enak dan pengalaman yg dikasih menarik banget
30 Maret 2022 0:32
I always go here when in Bandung. Great baked goods from yesteryear. Very delicious; all of it.

Bring cash.
07 Maret 2022 11:51
Tempatnya suram, like the abandoned place, berasa banget aura gedung tuanya. Kalau malem spooky keknya. Masih pakai timbangan kuno, dan yang unik, kue" masih pakai bahasa Belanda. Es krimnya rasa tradisional. Tapi lezat. Stafnya ramah.
27 Februari 2022 14:22
Classic, authentic, and eccentric.reasonable price, best original taste since 1929.less sweet breads - suitable for non sweettooth.
07 Februari 2022 11:28
Keren, toko roti & kue jadul, cafe pertama mungkin yg berdiri di Bandung sejak jaman old, smg terus lestari & dipelihara gedung jg peralatan tokonya
25 Desember 2021 17:21
Welcome to Sumber Hidangan, an old bakery at Braga that happens to be an untouched piece of time machine.

Yes, bakery alias perusahaan roti dan kue ini udah buka dari tahun 1929 dan masih begini adanya sejak zaman itu. Semuanya dibiarkan menua seiring berjalannya waktu, mahakarya arsitektur peninggalan Belanda yang masih fungsional sampai hari ini. Dari atap sampai tegel semuanya mencerminkan jaman Kolonial, dan walaupun di luar panas terik tapi di dalam benar-benar dingin dan adem.

Yang bikin kagum, para lansia disini masih produktif dalam menjalankan usaha mereka ini. Memang ada sedikit kendala - seperti pas gue ke kasir dan si kakek agak kesulitan mendengar pesanan yang gue sebut - tapi tetap semangat melayani pembeli dengan ramah di usia senja.

Masuk ke sini, bener-bener lupa kalo lagi hidup di 2021. Tak ada satupun komputer yang mereka gunakan, semua catatan penghitungan dsb masih pakai kertas. Vibes kolonial lagi-lagi sungguh terasa kental, ga kaya lagi di Indonesia.
Salut. Masih ada tempat seperti ini di 2020.

Bicara soal kue, Sumber Hidangan ini terlihat berupaya menjaga authenticitynya yang timbul dari menu-menu berbahasa Belanda. Roti-roti disini juga roti jaman Belanda.

Soal harga, menurut gue ini masih sangat terjangkau dan jauh dari kata kapitalis. Roti-roti disini bisa dimakan di tempat atau dibawa pulang, lucunya kalo dibawa pulang bungkusnya itu masih bungkus jadul yang ada stempel Sumber Hidangan-nya. Saya sangat merekomendasikan untuk makan di tempat karena suasana jadul yang tercipta ketika duduk-duduk sangat nyaman untuk dinikmati.

Lalu, bagaimana soal rasanya?

Ya Tuhan, seperti makan kue dan roti buatan nenek.
Saya mencoba tiga (sebenernya pengen eskrim tp lg batuk), Risoles Rogut, Cinnamon Roll, dan Soes Gula. Ketiganya sukses bikin throwback waktu kecil nenek suka bikin kue-kue kaya gini.
Cinnamon rollnya menurut gue terbaik, rasa cinnamon nya meresap ke seluruh bagian tanpa ampun. Kulit risoles rogutnya sangat lembut, isinya padat hangat dan lumer di mulut serta ayamnya terasa sekali. Soesnya ala soes jadul yang bagian atas dalemannya kopong berongga, fla-nya menghuni bagian bawah dan ketika dimakan kulit dan flanya sukses berpadu dengan baik.

Udah mah lemes pas tempatnya, makin lemes pas makan kuenya.kok bisa ya ada bakery yang se-menenangkan ini. How come.
18 Desember 2021 6:35
Bakery jadul tapi enak. Saya datang Sabtu pagi pk 09.20. Saat itu belum buka tapi sudah banyak yang mengantri. Begitu pintu dibuka sekitar pk 09.40 pembeli langsung merubungi etalase. Harap sabar karena para pegawai di sana sudah pada senior. Katanya mereka semua sudah kerja di Sumber Hidangan lebih dari 30 tahun.
Mereka menyediakan roti dan berbagai jenis makanan seperti kroket, risol, dan kue-kue kering.
14 Desember 2021 1:52
Roti cihuy di zamannya
Tadi sekalian bungkus nastar juga
Kalau dateng sore, memang suka habis² an. Jadi kalau mau yang lengkap. Datang di awal ya
30 Desember 2019 10:41
The old bakery store in Braga street. I know it since I was kid, years and years ago. Their bread and cakes use the old and dutch recipes. Here the name still in Dutch languace. It still close in 'siesta' time, 1-3 pm; same as in the past. Many of their tools are still an old one. Try the bread and bitter ballen!
28 Desember 2019 5:44
Suasana Ga da perubahan dari dulu sayangnya jendela sudah tidak bisa dibuka karena dipakai pajangan penjual lukisan di trotoar. Jam buka berubah, nonstop dari 9.30-15.30
25 Desember 2019 16:11
Time has stood still here. I imagine this must have looked the same when my grandparents were dating
21 Desember 2019 5:50
Toko roti dari tahun 1929, rasanya authentic banget. Beberapa roti bahkan pakai lebih dari satu jenis keju, wah sensasinya apik banget sih. Cuma tinggal tempatnya aja nih dibagusin dikit udah keren banget kaya sarapan di museum.
19 Desember 2019 23:29
Sudah sering dengar nama Sumber Hidangan,
Salah satu toko tua di Braga.

Kesempatan mencoba pun akhirnya datang,
Kesan pertama dari toko ini adalah tua, jadul, banyak roti.

Akhirnya saya memilih beberapa roti Yang tampak menarik. Dengan harga Rp. 8.000 - Rp. 25.000.

Untuk memesan es krim, beda lagi.
Kita ke ruang sebelah, kisaran harga es krim Rp. 11.000 - Rp. 32.000, sedangkan minuman Rp. 1.000 - Rp. 18.000. Relatif murah untuk harga.

Setelah semua terhidang di meja, saatnya cicip2.
Baik roti maupun es krim, rasanya otentik, seperti kembali ke masa lalu, yg blm banyak variasi makanan.

Sebelum memesan es krim, jangan lupa tanyakan ke pelayan, es krim mana yang bebas alkohol ya, biar aman.

Selamat mencoba!
18 Desember 2019 18:42
Bakery which has not changed since the 1940s, something to see once in your life. The baked goods are not the best though.
16 Desember 2019 21:32
Toko Kue yang berdiri sejak 1929 di tengah jalan braga, menyajikan roti dan kue khas belanda dan pembuatan roti langsung di tempat yg menjadikannya berbeda dengan toko toko roti sekarang.
13 Desember 2019 4:04
Hidangan klasik tempo dulu.yg mau ngerasain roti, gaya belanda.keju asin dan gurih, roti keras.yg suka, mampir ya.enak2 kueh dan roti nya
09 Desember 2019 14:50
Toko kue jaman dulu, rasanya masih seperti di tahun 1970an. Sayangnya kurang sepopuler roti roti kekinian. Mungkin perlu sentuhan dari pemda atau ahli heritage dan kuliner agar tempat ini bisa seperti Braga Permai atau PT Rasa
06 Desember 2019 23:18
Tempat nongkrong para pejabat Hindia Belanda kini bisa dinikmati oleh para pribumi Nusantara hingga mancanegara, cuma sayang tutup nya cepat sampe jam16 aja. Pekerja nya tua2 haha
26 November 2019 16:40
Accidently found this very old school boulangerie when we stroll around Jl. Braga. They sell various old school cake and pastry but surprisingly taste so good!
18 November 2019 12:36
The place is rather old. But you'll find authentic Dutch breads, pastries and cookies without worrying about spending too much
16 November 2019 22:26
It was a great place to go down on memory lane. The smell of freshly baked bread and cookies never fail to amaze me. IT STILL HAS THE SAME TASTE when I was a kid:)
14 November 2019 23:04
Kue kue nya enak, es krim nya enak dan semuanya handmade dengan resep - resep yang pasti digunakan dari dulu. Dari harga worth dengan rasa yang disuguhkan. Dari segi tempat, masih nyaman sih meskipun itu adalah bangunan tua.
11 November 2019 15:18
Various traditional bread and ice cream. Located at Braga Street, this place is one of iconic and most legendary bakery in town
07 November 2019 13:42
Mau ngerasain nuansa toko roti jadul disini udah paling pas. 'Dekil-dekil' nya jadi saksi sejarah. Untuk eskrim nya juga masih cita rasa khas jaman dulu tidak terlalu lembut, pelayan disini juga udah pada tua. Jadi kerasa banget bertandang ke tempat tua.
01 November 2019 13:11
One of my favorite place to snatch some snacks in Bandung! They serve tasty patty shell (pastel) and other breads. A little tip tho for you guys: Imo, their pastel is mindblowing (it is THAT good) and they usually run out of it quite fast.
26 Oktober 2019 23:54
Toko bakery legendaris tempatnya kuno banget tapi jangan tanya soal rasa karena tidak berubah masih sama dengan yang dulu
Roti jadul dengan rasa kekinian
14 Oktober 2019 11:33
Bagi anda yang suka kuliner terutama roti dan ice cream sekaligus penyuka wisata sejarah. Tempat ini menjadi alternatif kunjungan bagi anda, karena jika anda masuk kesini akan tampak interior Toko dengan nuansa Zaman Belanda. Konon katanya toko ini memang sudah berdiri sejak Zaman Belanda. Disini anda bisa memilih berbagai macam roti dan kue juga es krim dengan berbagai rasa tentunya. Harganya terjangkau dan rasannya juga enak: 9
12 Oktober 2019 2:11
Toko roti lawas.es nougatnya enak, susu coklat sama rotinya sih biasa aja tp klo suka foto2 ato nyari suasana jaman bahula cocok lah kesini.
Dari luar ga ada papan namanya
01 Oktober 2019 2:11
Roti jadul harga murah rasa enak.tp jangan sampe kesiangan klo kesini soalnya bakal banyak variant yg habis.roti manisnya enak2 range harga dibawah 10rb.
30 September 2019 2:05
Hidden gem in Braga, the place and the ice creams are very authentic. A bit rejuvination of the building will be a very good idea
14 September 2019 0:59
Tempatnya legendaris, vintage dan makanannya enak. Terutama pastrynya. Kalau menu makanan beratnya sih agak ragu mau coba. Beberapa ada yang mengandung babi.
31 Agustus 2019 16:44
Tempat kuliner legendaris tempo dulu banget, roti basah isi susu dan nanas enak bgt. Kue keringnya oke punya. Ada nama belandanya yg unik-unik.
16 Agustus 2019 21:47
Very authentic bakery or snack but the place need to be repainted.cleanliness is a must as well the staff shall be well dress or a bit smarter.the food or snacks whatever we are having will be delicious taste.keep the original recipe and furniture etc but the building shall be maintained properly.
03 Agustus 2019 2:10
Toko roti tertua di bandung. Semua dekorasinya dipertahankan spt jaman belanda. Ada kasir yg dikerangkeng, radio tua, perabotan tua. Nama2 ice creamnya juga pake nama belanda. Cocok bgt yg mau rasain sensasi nostalgia jaman belanda.
15 Juli 2019 0:54
Sebuah kedai makanan jadoel (zaman dulu). Pihak pengelola masih mempertahankan suasana, dekorasi interior seperti saat kedai ini pertama kali buka puluhan tahun lalu. Dan jangan lupa roti, kue-kuenya juga masih orisinal klasik rasanya. Waktu iti saya memesan pie sapi, dan es krim tutti frutty. Enak!
08 Juni 2019 10:20
Legendary bakery on Braga street, Bandung. Their menus very authentic, owner and staffs are seniors. I like taste of ice cream, yummy~
03 Juni 2019 19:02
Bertempat di distrik yang sangat strategis, yaitu di jalan braga.restoran ini punya kesan unik.lawas, tua jadoel.dan makananya juga old style banget yakni kue cake jadul.kalo kamu kangen sama makanan yang jadoel2 gini dan pengen ngerasain nuansa nya.wajib banget nognkrong disini.disini juga jual menu berat guys.
24 Mei 2019 14:47
Enak sumpah tadi beli pastel, gede lumayan 11.500 harganya enak tapi seriusan, terus kan sumber hidangan ini ada dari jaman Belanda, terus tadi masih tradisional banget dilayaninnya seru sih, bener-bener kaya masuk ke jaman hindia Belanda, dekornya juga sama kaya gituu, pokoknya betah able deh tempatnya walaupun gayanya masih tempo dulu, atau orang mau mengenang-ngenang Bandung Tempo dulu ini tempat rekomend banget
18 Mei 2019 21:40
When I entered the old building that located at Jalan Braga, Bandung, I felt that I was pulled into the time machine. The old building with high roofed in Netherland style with the furniture that’s certainly very cool in its time. The ladies who served us was very humblr and friendly, patienly answering our questions, weighing delicious cute bitterballen and saucysbrood. Also fetching the bread that was very different from the modern bakery nowsday. Some old med who should have worked there for a long time seemed busy serving drinks. The fosco was great. Also the bread, less or without butter. The hot snack also delicious. Pay with cash, they didn’t accept any cards.
17 Mei 2019 19:51
Serasa berada di era kolonial, rasa makanan dan minumannya juga otentik, bagus untuk foto2, oma dan opanya ramah
05 Mei 2019 22:06
One of legendary bakery in Bandung with authentic menus. You should try their pastel and meat pastry!
18 April 2019 19:09
Wah gila sih ini dr jaman kpn yha, pokonya asa waas kl kesini, yodah cobain aja pokonya worth it ini minusnya cmn pegawainya dikit bgt udh dr dulu pd tua krn nga perna ganti org, trs nga pernah renov kali ya trs rada kaya niat nga niat jualanya apalagi cafenya tu sblahnya, sm kl mo ambilin kukis di stock, pasti lamaini smua yg ada disini enak, harga? Murah. Tp kukisnya mayan mahil, namanya pake basa blanda smua, pokonya bawa oleh2 dr bdg ini mulu
16 April 2019 8:38
Bakery dan toko roti yang melayani konsumen sejak dulu. Tepatnya kapan? Tidaj sempat saya tanyakan. Yang pasti sudah 2 atau 3 generasi bakery ini beroperasi. Rotinya tetap mantap, tempatnya pun bersejarah
11 April 2019 12:15
Macam macam roti sejak 1929. Roti kering, roti basah, roti isi, roti tawar. Biasanya pukul 3 sore sudah mulai habis.
29 Maret 2019 16:37
Old bakery shop.authentic recipes. Serve ice cream as well with various taste. Provide tables for dine in.
22 Maret 2019 20:25
Feel the old Indonesia there with western cuisine. Good taste just right to my tongue. All home made patisserie can melt my heart and fill my stomach
14 Maret 2019 21:23
Toko roti jadul kesayangaaan. Bitterballen-nya juara cuma seringnya keabisan, harus pagi2 banget pas baru buka. Fosco (minuman coklat-susu-salted caramel) -nya mantep banget dah!
14 Maret 2019 17:56
Letaknya strategis, tempatnya juga oke suasana jadulnya dapet banget. Kemarin kesana nyoba es krim spesial sumber hidangan, enak rasanya ga terlalu manis, ditambah ada buah2annya dan kismis. Terus nyoba bokkenpoot-nya enak bangetttt, btw belinya per ons ya bisanya. 1 ons harganya 30ribu.
08 Februari 2019 3:46
Kalau kangen rasa roti dan kue tempo dulu kudu mampir ke mari. Rasanya tetap enak dan bisa sambil kongkow sama keluarga atau teman untuk menikmati kue dan rotinya.
30 Januari 2019 13:48
Soal rasa roti sumber hidangan ga usah di ragukan lagi. Pengalaman sejak jaman Belanda. Harganya pas, rasanya enak, pelayanannya ramah
14 Desember 2018 22:28
This is a 90 year old cake and pastry store and restaurant run by a 90 year old person, in a more than 90 year old dilapidated building. But the breads, mostly using Dutch names, were and are very popular. You usually will find a lot of customers there.
They preserve the old old building and old customs and old employees, who are mostly grey haired. No credit card or debit card accepted. No calculator, let alone new computerized machines for the business. Cash only.
But the bread is mostly good. Come and see for yourself.:)

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: