23 Oktober 2023 4:48
Pas dateng ke sini tepat sekali ketika sesi ke-2 baru dimulai jadi masih dapet tempat parkir di depan pintu masuknya. Instalasi seni dari batu tentang jiwa dan raga beneran bikin terkagum. Tempatnya cukup rindang. Bisa main2 di rerumputannya juga dengan melepas alas kaki bahkan disediakan alas duduk.

Di setiap instalasi terdapat barcode yang bisa kita pindai berisi audio yang menjelaskan mengenai instalasi tersebut.

Kami mendapatkan welcome drink yang cocok di lidah saya. Sayangnga karena kami harus ke tujuan selanjutnya jadi tidak sempat mencicipi makanan dan minuman yang dijual huhuhuhuhu. Berdasarkan informasi yag diberikan oleh satpam, mereka memiliki kafe yang berjarak 100 meter dari WOT Batu. Tentunya terdapat karya seni lukis di sana.
15 Oktober 2023 1:10
Karena jumlah pengunjung dibatasi, jadi lebih leluasa dalam menikmati karya seni. Apalagi disediakan narasi (via scan qris) untuk setiap karya sehingga bisa lebih menjiwai maksud dari karya. Lokasi dekat dengan Selasar Sunaryo dan Kopi Selasar sehingga bisa dijadikan agenda wisata untuk 1 hari.
11 Oktober 2023 12:10
It's a quiet, clean and great place to relax and feel the cool breeze while drinking a cup of coffee or tea.
08 Oktober 2023 16:14
Sangat menyenangkan ke sini. Banyak cerita yang bisa dibagikan oleh guidenya. Guidenya juga ramah dan bisa menjelaskan dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Tempatnya cukup sejuk juga. Bagus banget! Biaya masuknya bisa beli online dengan cek pada link di bio instagramnya ya
01 Oktober 2023 12:46
Hadu, no words can describe. Bagus, nyaman. Rasanya di sini tenang sekali. Servicenya juga bagus. Waktu datang katanya ada welcoming drink, tapi saya bingung kenapa nggak langsung dikasih di awal. Baru ditanya waktu mau pulang. Jadi sebelum pulang duduk dulu untuk menikmati minumannya. Nggak tau persis itu minuman apa, tapi enak! Lengkap sudah experience di sini. Kalau soal karya, karya Sunaryo ini sudah nggak perlu diragukan lah yaa.bagus! Hehehe
24 September 2023 23:28
Wot Batu Art Gallery and Cafe - A Harmonious Blend of Art, Nature, and Coffee

My visit to Wot Batu Art Gallery and Cafe was a delightful experience that seamlessly blended art, nature, and the pleasure of enjoying a good cup of coffee. This unique establishment, nestled in the heart of nature, showcases a captivating installation of stone artwork while offering a serene and inviting space to relax and indulge in the flavors of freshly brewed coffee.

Wot Batu Art Gallery and Cafe stands out for its enchanting display of stone installations. As you enter the gallery, you are immediately greeted by a mesmerizing collection of art pieces that beautifully showcase the natural beauty and versatility of stone. From intricate sculptures to impressive installations, each piece tells a story and invites contemplation. The seamless integration of the artwork into the surrounding natural environment creates a harmonious and captivating experience.

The cafe aspect of Wot Batu adds another layer of enjoyment to the visit. The aroma of freshly brewed coffee permeates the air, enticing guests to sit back and savor the moment. The cafe menu offers a variety of coffee options, each expertly prepared using high-quality beans. Whether you prefer a rich espresso, a smooth latte, or a flavorful pour-over. What truly sets Wot Batu apart is the serene and picturesque setting in which it is situated. Surrounded by lush greenery.
24 September 2023 3:43
The price of the ticket is IDR 50k per person that includes free tour guide and a welcome/end of tour drink. The place itself is very unique, it consists of art installations of rock from Sunaryo. Recommend you to take the tour to understand the philosophy and origination of the installations.

Make sure of your visiting time because they divided the visits into two sessions (10: 00-13: 00 and 14: 00-17: 00).

Do take the time to enjoy the view around. You could also even sit on the grass and buy a sculpting kit!
22 Juni 2023 16:17
Rock sculptures, aesthetically pleasing architecture, tranquil setting, pleasant staff. Not much entertainment, but ok for a city getaway Reserve the day before via their website, 50k ticket includes welcome drink. Food & bevs also available at their restaurant.
18 Juni 2023 14:01
Recommended for those with an artistic soul to take selfies, contemplate, can all be enjoyed
24 April 2023 11:23
A nice place with peaceful atmosphere, and they have tour guide to explain all the meaning behind each installation. Delicious welcome drink, too!
21 April 2023 6:17
Tenang dan nyaman buat menikmati Batu yang punya arti, harus reservasi kalau tidak ditolak.he
01 April 2023 23:41
Stones arranged in an artful way.

It only provides a calming atmosphere for a quite expensive entrance ticket @50k/person
11 Januari 2023 13:14
Pagelaran alam semesta yang ditampilkan dalam format lansekap bebatuan.sungguh sebuah karya seni yang indah, sangat disarankan untuk dikunjungi.
09 Januari 2023 12:49
Tempatnya sangat bersih dan terawat
Staffnya juga ramah dan terdapat pemandu sehingga mengerti seluk beluk wot batu dengan baik
Terdapat musholla dan tempat untuk makan
Harga makanannya affordable
26 Desember 2022 18:01
Selain estetik, waktu kesana 10.20 ada pemandunya, jadi bisa ngerti tu maksud instalasinya apa untuk yang awam kaya saya gini
24 Desember 2022 8:27
Lokasinya dekat Selasar Sunaryo Art Space. Harga tiketnya 50 ribu udah termasuk welcoming drink. Tempatnya kecil tapi bersih serta terawat, staff dan securitynya ramah.
01 Desember 2022 13:40
Pak Sunaryo memang sungguh nyeni. Ribuan ton batu masing-masing mempunyai filosofi dan latar belakang kisah yg dalam. Tempat yg bagus buat healing dan berkontemplasi (dan buat yg senang difoto bersama batu-batu besar demi kepentingan media sosial tentunya)
27 September 2022 3:31
Tiket nya 1 orang 50rb dapet welcome in drink. Ini tempat bagus banget, view nya juga bagus, cocok buat healing ️
25 September 2022 5:40
It's a place to see stone art. The entrance ticket is IDR 50,000. It's an interesting place if you can appreciate stone art.
18 September 2022 13:41
It was a pretty hidden place. The staff are nice too, explaining the story of the wot batu so clearly.buat yang ke bandung ingin dpt nuansa unik bole banget dicoba ni recommended calming space.
15 September 2022 4:20
Tempatnya bagus, bersih dan terawat. Cocok untuk wisata bersama keluarga dan sahabat terutama bagi yang menyukai dunia seni dan suka tempat yang tenang.
31 Agustus 2022 19:44
Datang sesuai jadwal, bisa tanpa reservasi kalau blm penuh. Tempatnya menenangkan. Ada guide untuk menjelaskan filosofi batu2 nya, tapi sayang, siste guide nya ga jelas. Saya dan pengunjung lain diberitahu, 10 menit lg kumpul, mau ada tour penjelasan, saya sudah datang ke titik kumpul.tp guide nya mungkin nunggu audience banyak, jadi kami saking tunggu dan akhirnya ga jadi tour. Saya pesan makanan, niatnya sambil minta penjelasan dari guide nya karna saya lihat dia ada waktu. Saya panggil guide, minta dijelaskan, maksud saya sambil tunggu makanan jadi. Tapi sampai makanan habis, guide nya tak kunjung datang juga. Entah apa yg dia kerjakan, atau apa yg dia tunggu. Jadi ke sana cuma nikmatin ketenangan healing, dapet minum, tanpa dapat pengetahuan apa2. Meski ada barcode di tiap seni batu nya, tp kalau ada pertanyaan tetap harus tanya guide.
Pesan makanan juga lama. 1 porsi roti pisang 30 menit.
Enak, harga standar, tp lama.
Ga puas sama pelayanan guide nya aja sih.
19 Agustus 2022 12:50
Jam bukanya 2-5. Jam 4.25 saya sampai tidak dilokasi tetapi tidak bisa masuk lagi karna loketnya bilang sudah laporan ke atasan karena tidak ada orang jadi sudah tutup. Sayang sekali saya jarang ke bandung.
12 Juni 2022 19:19
Worth to visit! An interesting place with a really good story, if you love art and history you should come. You'll get a free welcome drink and the tour guide will explain the meaning of every rock. Overall, one of must visit place in Bandung.
20 April 2020 20:15
Wot batu - bandung

Saya direkomendasikan oleh seorang teman saya di bandung untuk mencoba ke art museum ini krena memang saya suka mencari ketenangan dan keheningan d banding keramaian dalam memilih tempat de wisata.

Akhirnya saya kesana dan memang tempat ini memenuhi ekspektasi saya.

Wot batu ini d buat oleh seolah seniman terkenal, yaitu Sunaryo. Bagi yang awam dalam hal art sperti saya saja, saya bisa merasakan apa yang di tanamkan beliau terhadap seni yang telah beliau buat ini. Ditambah, akan ada tour guide yang akan menjelaskan setiap jenis karya seni yang ada disana. Bukan hanya edukasi, tapi saya juga merasakan ketenangan, keheningan yang saya cari.

Tempat ini memang tidak terlalu spesial bagi bbrpa orang, tp akan menjadi spesial bila kalian memang ingin menikmati alam, keheningan dengan karya seni yang sngat indah. Saya memiliki kepuasaan tersendiri saat kesni, dan tidak bisa saya ungkapkan dengan tulisan dan kata kata. Saya berikan 5 of 5, one of a kind place maybe in this world. Saya sangat merekomendasikan tempat ini untuk dikunjungi
19 April 2020 10:12
It is actually an Art Gallery by Sunaryo. You have to pay 50k to get the ticket, I don't really sure if there's a difference between a local tourist and international tourist ticket fee. In return, you can get a welcome drink and a 20% discount voucher for Selasar Sunaryo drinks.

The area is not as spacious as I expected. If you want to stroll around, go on a picnic, and take selfies in a park with your family, Wot Batu is not a good choice.

It is an art gallery, therefore I suggest that you listen to the tour guide so that you can fully understand the meaning of the arts in the area. There's a guided tour every 1 hour. The guides are very proactive.

Overall a good experience!
07 April 2020 19:18
Untuk penikmat kedamaian dan ketenangan. Kalo aliran keriaan mungkin gakan terlalu happy kesini. Gw datang kesini weekend. Jam 1an ada mba guide yg bakal jelasin arti tiap batu yg ada disana. Untung ga terlalu rame cuma ada sekitar 7 org pengunjung jadi bisa nyimak maknanya satu2 dan semakin suka sama tempat ini. Syahdu.
31 Maret 2020 10:43
After taking photos for about 1 hour with those amazing art pieces, the security offered us on a gallery tour (Its free). Without hesitating, we walked back to the entrance and joined this 20-minute-tour to understand more about the meaning of Mr. Sunaryo's masterpieces. At the same time, the guide also encouraged us to have our own imagination towards those pieces of creative.

Beside those artistic stone, you may also be engaged by the musholla (prayer room), toilet, and the artistic beating clock in the café where we had our rosella-lemongrass drink (included in the entrance fee) and watched the documentary video about the building process of Wot Batu.

For me, the most iconic spot in Wot Batu is Batu Air (Batu=Stone; Air= water). Several stones were artistically arranged and fixed. It was put at the side of an infinite pond aligned with Bandung landscape. While waiting for our online transport, we took photos with the wall topped by the iconic stone shape
24 Maret 2020 8:21
Such an interesting place to enjoy a nice view of Bandung surrounded by deep philosophical and spiritual stone arts made by a famous artist, Prof Sunaryo. Every stone has different type and story, and each of them were placed carefully as representative of Sunaryo's spiritual journey.
19 Maret 2020 20:46
This place is very calm and peaceful, with the beautiful scenery and greenish view, so natural.
09 Maret 2020 21:37
Tempat yang sangat sunyi, tenang dan memiliki nilai seni yang tinggi. Memadukan karya dualisme dengan berbagai keyakinan agama, yaitu islam, kristen, hindu dan budha. Tiket masuk seharga 50ribu sudah termasuk guide, free welcome drink dan potongan 20% untuk minuman pertama yang dibeli di cafe di dalam lokasi. Terdapat mushala dan toilet juga
29 Februari 2020 15:48
Peaceful and reflective place. The artpiece reminds me of stonehenge with a modern touch, and the free hibiscus tea is yummy:)
21 Februari 2020 5:09
Really well curated museum with art installations by the talented Mr. Sunaryo. Come here by the hour for their guided tours, or install their app for their written guide.
19 Februari 2020 22:05
Tersimpan makna dan filosofi yang sangat mendalam dari setiap batu yang dihubungkan dengan kehidupan dan kemanusiaan yang dapat menggugah hati, sangat cocok untuk orang-orang tua
06 Februari 2020 14:57
.

Hmmm rumah instalasi seni.museum batu.apapun namanya.

Ruang pamer karya Bp. Sunaryo yang semuanya adalah Batu.

Baguuus.buat yang suka yaaah.perhatiin batunya satu persatu.semua karya seninya menceritakan tentang hubungan manusia dengan alam dan spiritual.

Dengarkan setiap penjelasan dibalik sebuah karya batu itu.resapi.keren-keren bangeeet.
27 Januari 2020 19:36
I love this place because my friend prayed here while usually he forgets about god. Very cool. 10/10 would come here again.
25 Januari 2020 14:28
Tempatnya cukup kecil. Tapi sangat tenang sekali.
Tiket masuk hanya 50.000 (untuk umum) dan 30.000 (untuk pelajar *harus menunjukkan kartu pelajar)
Untuk harga yang dibayar sudah termasuk guide (yang akan menjelaskan semua tentang batu, dll) dan welcome drink (teh rosela dingin *enak)
Tempatnya sangat menenangkan.
14 Desember 2019 16:18
Bagi pecinta seni, disarankan untuk datang ke Wot Batu. Merupakan sebuh art galery berisikan batu batu yang bersumber dari beberapa gunung. Masing-masing batu mempunyai artinya sendiri, tempatnya begitu nyaman meskipun kecil. Terdapat guide di setiap jam untuk menjelaskan mengenai instalasi yang terdapat di dalamnya.
27 November 2019 21:44
Hidden gem buat pecinta seni.
Ini pameran permanen karya Pak Sunaryo berupa karya seni batu yang masing-masing ada filosofisnya.

Lokasinya ini terpisah dgn Selasar Sunaryo Art Space (tiketnya juga). Ini namanya WOT BATU. Sekitar 30 meter sebelum Selasar Sunaryo. Posisinya di kanan.

Parkir gak begitu luas sih, tapi bisa diakalin kalau lagi rame.
Tiket 50k/org (incl. Guide yg jelasin karyanya satu per satu; brosur; minuman yg didapat di akhir & voucher minum).
Tiket bisa lebih murah beli di Traveloka (35k), beli dadakan jg bisa.
Btw tiket boxnya lucu bgt.

Ada belasan karya batu mostly besar dari berbagai tempat. Mulai dari gerbang, mushola sampe titik akhir ada quotes gt. Masing-masing ada artinya.
Yang paling diinget itu ada makna: apa-apa yang diciptakan bersama tidak akan terpisah. Dan yang Tuhan kasih ada maksudnya:)

Tempatnya adem, full outdoor kecuali tempat duduk titik akhir semi outdoor. Cocok untuk bawa tamu ngadem ke Bandung, buat yg suka seni tentunya.

Kamar mandi bersih dan terawat:)
Guide ramah, kmrn sih mahasiswa arsi itb gt.
Btw kemarin pertama kali bawa baby main keluar, ke Wot Batu ini loh.baby 3 minggu nemenin oma hengot hihiiii alhamdulillah amannn.
Selain itu yg datang kesini keliatannya rombongan keluarga gt.
Ohya bisa jadi venue acara juga ini tempat.
09 Oktober 2019 11:43
I had a really great experience in Wot Batu. The place is so calm and zen. Unfortunately there was a massive blackout in Bandung so I didn't got a chance to see the audiovisual, but the guy (I forgot his name. Punten, kang!) are quite informative that he explained all the installations and its stories.

If you decide to come here, I reccomend you to install the wot batu app. Cuz they put more infos there. And, oh ya, props to the security guy for being so cool and nice! Tolong kirimkan salam ke bapak security ya teh/kang
09 Oktober 2019 8:18
The area is not big, even so small so you only give 10nminutes to go around, the view and evirontment are OK, instagenic, clear and fresh area. So so for me.
30 September 2019 2:22
Area wisata Wot Batu merupakan wisata ilmiah. Mengenai arti makna bebatuan dibumi ini. Saat berada disini sebaiknya didampingi oleh guide yg telah disediakan dilokasi ini. Meteka dgn ramah akan membantu kita menerangkan apa yg ingin kita tanyakan. Lokasi tdk terlalu luas yg perlu diperhatikan harga tiket yg lumayan mahal untuk wisata ini.
15 September 2019 9:44
Suka banget disini, meskipun tamannya ngga terlalu besar, tapi pas masuk sini suasananya bener-bener beda. Adem banget.lumayan buat refresh.

Mba Putri juga baik banget waktu nge guide di Wot Batu. Jelasin semua filosofi di area wot Batu.
03 September 2019 7:26
You should enjoy it slowly, cause every piece of the stones has in-depth meaning. Feel the clock ticking, contemplate and thanks for all the blessed-life given.
12 Agustus 2019 18:14
Tempatnya bagus banget, semua karya seninya sangat dipertimbangkan. Walaupun tidak mengerti seni tetap bisa menikmati. Cocok untuk berkontemplasi dan merenungkan konsep ketuhanan.
05 Juni 2019 11:08
Spacious lobby, spacious room, spacious outdoor area, very nice tranquil vibe, helpful staff and the location just great. Highly recommended.
01 Mei 2019 2:53
Harga tiketnya 50.000 per orang, diskon mahasiswa jadi 30.000. Tempatnya asri, sejuk, dan Instagrammable. Lebih nyaman berkunjung di weekdays. Ada beberapa peraturan yg harus dipatuhi seperti dilarang duduk di batu dan menginjak rumput dengan alas kaki. Worth to visit for art enthusiasts
22 April 2019 23:12
Tempat yang bagus bagi para penikmat seni. Tempat yang unik. Tempat yang sangat menyatu dengan alam. Ada berbagai macam batu import yang telah dipahat dengan berbagai macam latar belakang, cerita, dan sejarah. Pelayanan sangat bagus dan ramah.
19 April 2019 6:42
Sebuah galeri hasil karya Bapak Sunaryo yang sangat tematik dimana setiap hasil karyanha memiliki masing2 filosofi yang kuat
20 Maret 2019 22:19
Kayanya saya tidak senang dengan seni, tp disambut oleh satpamnya, menjelaskan isinya karya seni yang isinya batu
04 Maret 2019 4:12
Mr Sunaryo's work of art whose materials are mostly stones. Peaceful atmosphere. Ticket include guide & drink

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: