05 November 2023 12:52
Mengunjungi museum ini anda akan dibawa menuju ke jaman kejayaan kretek dan kehidupan kehidupan di masa itu yang terkait dengannya
05 November 2023 9:05
Menyediakan informasi ttg produksi dan perkembangan rokok kretek, receptionisnya ramah, tempatnya juga lumayan estetik. Dekat dengan simpang lima
24 Oktober 2023 16:43
Masuk gerbang bayar 5rb, mo renang datang jm 8, blm buka kolam renangnya. Areanya luas, kids friendly bgt.tp prosotan dan ayunannya ad yg keropos. Mohon diperhatikan biar ttep aman untuk main anak.
22 Oktober 2023 6:41
Museum rumah ada kudus dan peralatan jaman dahulu utk membuat rokok.ada kolam renang yg cocok untuk anak dan dewasa.tidak lupa ada tempat outbond dan taman bermain
14 Oktober 2023 6:56
Sangat mendidik dan inspiratif buat belajar hidup. Perjuangan tuk meraih keberhasilan dengan cita rasa yang onten tik, khas.
Lingkungan musim yg kurang terawat sehingga menjadi titik lemah dalam menarik pengunjung
31 Agustus 2023 23:53
Senyaman itu ruangan indoor museum kretek, bersih dan informasinya jelas. Untuk mba pemandunya tolong jangan terlalu teks book dalam menjelaskan sejarahnya wkwk, tapi so far sudah bagus ketika mandu.
03 Februari 2019 18:46
Museum Kretek
Berisi ttg Sejarah, cara pembuatan rokok secara tradisional / zaman dahulu, berisi ttg sejarah orang-orang atau tokoh di Kudus

Di bagian depan terdapat kolam, namun kurang terawat dan berlumut

Di sebelahnya ada parkiran motor
Biaya parkir Rp 2.000
Masuk karcis / tiket Rp 2.000 per orang
Anak kecil dihitung
Bisa dibilang murah sekalee

Di bagian belakang ada kolam renang
Masuk bayar Rp 10.000 / orang
Tp kolamnya jarang dibersihkan walopun cukup bagus suasana dan asik buat anak kecil

Museumnya cukup bersih
Cukup rekomended kalo hari libur maen ke sini dengan anak kecil
13 Desember 2018 14:46
Sebuah museum pertama di Kota Kudus
yg terkenal sbg kota kretek
maka paslah jika punya museum kretek
kretek: jenis rokok yg blm menggunakan filter
*Didalam museum*
dimuseum ini menyimpan miniatur2 bahan pembuat rokok seperti tanaman tembakau.cengkeh, jagung yg kulitnya dijadikan pembungkus pertama rokok
juga menyimpan bahan2 asli pembuat rokok rokok yg telah diawetkan
spt tembakau dg berbagai jenis
cengkeh berbagai jenis
jg saus tembakau berbagai merk
juga miniatur proses pembuatan rokok
mulai dr penanaman tembakau cengkeh jagung
pemanenan, pengeringan, pemotongan, penyimpanan
dan alat-alat yg digunakan utk itu
spt pembesut klobot/ kulit jagung agar lebih halus dan lunak
proses produksi
mulai penyutiran tembakau.penggilingan rokok
pemotongan agar rapi (mbatili)
pengemasan dg contong pemlastikan
pembandrolan
pengebosan.pengiriman
jg pengenalan fasilitas2 utk karyawan pabrik rokok
pendidikan ketrampilan tambahan
pemeriksaan kesehatan
juga disini terdapat berbagai macam jenis rokok dr zaman dulu hingga sekarang
dan yg jd ikon utama yaitu foto2 pendiri pabrik mulai yg pertama sekitar th 1902
M. Niti semito dg produk Tiga balnya
sampai Oea Gwan pendiri pabrik Djarum yg saat ini masih berdiri sekian banyak merajai produksi rokok Di Kudus saat ini

* Selain Museum
Selain Museum kretek dikawasan ini tdp pula
1. Bioskop 3D
2. Rumah adat Joglo Kudus
3. Kolam renang anak dan Dewasa
4.fasilitas out bond
5.permainan yg banyak
6.air mancur
7.patung ikon
8. Parkir luas
9.lahan bebas hijau lebih dr 1 hektar
yg bikin nyaman utk istirahat santai
10.fasilitas kuliner

dr ulasan tersebut maka tempat ini sangat direkomendasikan sekali
apalagi tiket masuknya yg sangat murah
3rb hari libur
2rb hari kerja

kunjungi dan nikmati tempat yg aman myaman luas dan bersejaran
MUSEUM KRETEK KUDUS
kec Jati
20 Oktober 2018 6:37
The museum provide limited information about cigarete history. The museum looks old eventhough it is quite new. Only one main building which properly present the history of cigarete. The cleanlines need to be improved. The staff in the main gate entrance need to be more polite. The playground is totally need to be renovated. It is very hot when the wheather is clear due to the limited number of trees. The good thing is. Cheap:)
13 Oktober 2018 7:17
Bangunan Museum Kretek yang berdiri di atas areal seluas 2 hektar ini terbilang sangat indah dan megah. Di depannya ada dua bangunan terpisah berasitektur rumah adat Kudus dan surau gaya Kudus.

Lokasi Museum ini tak terlalu sulit untuk dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Kota Kudus terletak 50 km timur Semarang, paling tidak bisa menghabiskan waktu kurang dari satu jam dari Semarang.
01 Oktober 2018 14:05
Auranya ciamik. Sebagai penggemar kretek dan benda-benda antik, saya suka sekali dengan semua isi musium ini. Diorama-dioramanya, koleksi roko jadul, daun tembakau dan juga penataaannya.

Ini tujuan yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang main ke Kudus yang notabene memang adalah Kota Kretek. Di belakang musium ada semacam Water Park, yang tentunya akan membuat anak-anak bergembira jika diajak main kemari.

Hanya satu yang menurut saya kurang enak dipandang mata. Taman bermainnya itu lho, PKL-nya sungguh tidak tertata padahal bagus jika ada tempat khusus food court dan oleh-oleh khas Kudus yang disetting artistik dan rapi di areal musium yang sudah cukup terkenal ini.
01 Oktober 2018 9:55
Cagar budaya untuk melindungi kebudayaan dan peninggalan berharga dari nenek moyang masyakat kudus.dimuseum kretek terdapat produk rokok dan bangunan khas kudus dari kayu.berbagai macam produk rokok dimasa lalu yang pernah hits pada masanya dijadikan produk tampilan.dengan adanya museum kretek menjadikan tambahan icon kota kudus yang penuh warisan sejarah
26 September 2018 6:37
Menyimpan sejarah perkembangan industri rokok terutama di kota Kudus. Sekarang dilengkapi dengan permainan anak2 juga
23 September 2018 5:53
Tempat yg cocok tuk rekreasi edukasi kluarga n aksesnya mudah tuk rombongan, tdk jauh dr tempat wisata lainnya, ada Menara Makam Sunan Kudus
20 September 2018 3:44
Lokasi agak jauh dr jalan utama Kudus. Ada kolam renang, bioskop3D dan museum tentang rokok yg diproduksi kota Kudus. Harga tiket terjangkau.cuman masih banyak area yg kosong yg bisa dimanfaatkan lagi.selamat berkunjung.
17 September 2018 4:49
Jajan dulu kita.persis depan museum banyak pedagang menawarkan aneka makanan top.selera kita semua.sore sore jalan2 cocok buat ngajakin adek, temen, sodara, gebetan, kalau perlu ajak musuh kalian traktir dah tuh nanti biar bisa akur bisa baikan gk musuhan lagi deh
kuto kudus bersih tentram
like this
14 September 2018 15:05
Museum Kretek adalah salah satu museum yang bisa dibilang museum yang unik, museum ini terdapat di kudus. Museum Kretek ini salah satu museum rokok yang ada di Indonesia. Keunikan lain dari museum Kretek adalah koleksi sejarahnya. Umumnya, museum mengoleksi dari peninggalan peristiwa masa lalu. Di museum ini, koleksi sejarahnya tidak hanya dari peninggalan peristiwa masa lalu, tapi ada juga beberapa koleksi dari masa kini. Museum Kretek akan menambah koleksi sejarahnya setiap ada hal baru dalam mobilitas industri rokok nasional.
12 September 2018 15:27
Bangunan Museum Kretek yang berdiri di atas areal seluas 2 hektar ini terbilang sangat indah dan megah. Di depannya ada dua bangunan terpisah berasitektur rumah adat Kudus dan surau gaya Kudus.

Lokasi Museum ini tak terlalu sulit untuk dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Kota Kudus terletak 50 km timur Semarang, paling tidak bisa menghabiskan waktu kurang dari satu jam dari Semarang.wikipedia
11 September 2018 3:55
Selain Taman Krida, wajib juga mengunjungi Museum Kretek di Kudus. Terletak di lokasi strategis menjadikan Museum Kretek ramai pengunjung.

Wisata ini ramah keluarga sehingga banyak dijadikan tempat bermain anak-anak dari sekolah usia dini.

Tamannya adem dan luas sehingga bisa dijadikan tempat beristirahat sembari menyaksikan anak-anak bermain.

Anda juga bisa berfoto di depan rumah adat Kudus.

Terdapat juga bioskop 3D meskipun untuk yang satu ini Anda harus bayar sendiri.
11 September 2018 3:47
Musium kretek memberikan qt pengetahuan ttg sejarah rokok dikudus.ada rmh adat kudus.t4 bermain n kolam renang bt naka2nya.
Sedihny klo kotor g dibersihkan musiumnya
Kelihatan kurang menarik
10 September 2018 2:18
Tempat Museum kretek ini merupakan awal sejarah dari industri rokok di kota Kudus. Disini kita bisa belajar bagaimana awal mula rokok terbentuk. Untuk masuk ke museum ini, anda dikenakan tarif. Disini juga cocok untuk wisata pendidikan.
09 September 2018 10:00
Bagus buat menemani anak2 anda berlibur.
Disamping berwisata, bermain juga ada edukasi nya.
Mantap lah
02 September 2018 9:09
Menjadi salah satu wisata edukasi di kudus, tiket museum kretek ini, tergolong murah meriah.di sini juga terdapat bioskop 3D.juga ada area waterboom, sehingga menarik minat anak2 untuk berwisata dan belajar mengenal sejarah rokok dari tahun ke tahun.ada juga rumah joglo sebagai rumah adat kota kudus. Ada juga lokasi khusus untuk perlombaan burung kicau.
31 Agustus 2018 15:39
Museum perjalanan sejarah rokok kretek di Indonesia yg cukup meng'edukasi, sangat bagus untuk di kunjungi.
29 Agustus 2018 15:13
Museum kretek merupakan salah satu destinasi wajib yang harus anda kunjungi ketika berwisata ke kota kudus. Di museum kretek ini anda akan mengetahui sejarah kretek yang ada di kota kudus. Koleksinya cukup banyak dan terawat. Harga tiket masuk pun terjangkau. Ada rumah joglo di depan museum yang sangat bagus untuk background berfoto
11 Agustus 2018 2:50
Di kudus, ada sebuah museum yang unik. Museum tersebut adalah Museum Kretek. Museum Kretek merupakan salah satu museum rokok di Indonesia. Keunikan lain dari museum Kretek adalah koleksi sejarahnya. Umumnya, museum mengoleksi dari peninggalan peristiwa masa lalu. Di museum ini, koleksi sejarahnya tidak hanya dari peninggalan peristiwa masa lalu, tapi ada juga beberapa koleksi dari masa kini. Museum Kretek akan menambah koleksi sejarahnya setiap ada hal baru dalam mobilitas industri rokok nasional.
10 Agustus 2018 13:29
Sarana bermain buat anak anak, Ada kolam tenang, bioskop Dan lainnya, parkir banyak Dan Luas tempatnya, pastinya murah meriah.senang gembira.
07 Agustus 2018 0:53
This place is good for education vacation especially for the kids. It was tell about story of cigarettes factory in the pass
29 Juli 2018 23:39
Museum Kretek ini memiliki akses yang baik. Dari Tugu Identitas Kudus (yang terletak di depan Matahari), kita cukup menyusuri Jalan R. Agil Kusumadya ke arah Rumah Sakit Mardi Rahayu. Sebelum Rumah Sakit Mardi Rahayu, kita belok kiri ke Jalan Museum Kretek, di mulut jalan ada papan yang bertuliskan, “Museum Kretek 500 m”. Mentok di perempatan, ambillah jalan ke kiri. Museum Kretek adalah bangunan pertama di kiri jalan yang siap menyapa Anda.

Museum yang bersejarah ini sangat ramah untuk anak-anak. Ada taman yang rindang dilengkapi dengan tempat duduk, area bermain, dan beberapa pedagang mainan. Ada juga yang menyewakan kereta api-kereta apian, mobil-mobilan, skuter. Jadi kalau putra-putri Anda belum nge-soul dengan museum, naik mobil-mobilannya dulu di halaman museum juga boleh lah ya.

Di museum ini menyediakan banyak variasi kegiatan dalam satu kompleks. Selain bangunan museum itu sendiri dan taman yang sudah saya sebutkan di atas, ada juga bangunan rumah adat Joglo Kudus dan mini theatre. Kita bisa masuk dan foto-foto di rumah adat Kudus ini tanpa dipungut biaya lagi. Kalau untuk mini theatre-nya ternyata yang diputar film-film animasi buat anak-anak. Tapi boleh lho, kalau putra-putri Anda tertarik. Ada beberapa pilihan film yang disediakan, film-filmnya lumayan baru, atau minimal yang sifatnya everlasting gitu lah. Tapi Anda harus bersedia menunggu beberapa saat, karena pengelola hanya akan memutarkan film jika jumlah penonton sudah mencapai 20 orang. Tapi kita bisa menghabiskan waktu dengan jalan-jalan di area museum, beli minuman, atau main di waterboom yang letaknya paling belakang di area museum.

Untuk bagian dalam museum (ternyata) bagus, bersih, dan rapi. Museum ini terawat dengan baik. Tentu saja tetap ada aspek-aspek yang harus ditingkatkan supaya museum ini lebih ciamik lagi.

Juga yang agak kami sayangkan, bagian dalam rumah adat Kudus tampak kotor, ada beberapa sampah yang berserakan (sebagian besar bungkus makanan dan minuman) serta bau rokok. Kalau ini sih memang jatuh pada kewajiban pengunjung untuk menjaga.

Secara keseluruhan, Museum Kretek ini menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi jika Anda jalan-jalan ke Kudus (selain Masjid Menara Kudus yang sudah jauh lebih tenar, tentunya). Saya bukan perokok, tidak memiliki anggota keluarga perokok, juga tidak suka berdekatan dengan perokok di tempat umum. Tapi saya senang sejarah, senang berkunjung ke museum, senang mengamati gambaran kehidupan di masa lampau dan menghidupkan kembali gambaran tersebut dalam imajinasi saya.
23 Juli 2018 0:52
Lokasi mudah dijangkau dari kota, lumayan untuk wisata edukasi, hanya saja banyak fasilitas yang butuh perbaikan
20 Juli 2018 10:59
Museum ini berisi sejarah rokok dari masa HM. Nitisemito hingga sekarang. Ada beberapa perintis rokok kretek khas Indonesia yang fotonya dipajang di museum ini. Di samping itu, berbagai produk rokok dari seluruh penjuru Kudus, baik yang masih melakukan produksi atau tidak serta bentuk pemasarannya ada di sini. Sayang, museum ini ditambahi dengan aneka taman dan fasilitas wisata yang menurut saya tidak sesuai dengan tema museum.
02 Juli 2018 12:31
Musium yg menggambarkan perindustrian rokok di kota kudus, tersedia duplikat rokok dari perusahaan rokok dikudus, tersedia juga berbagai miniatur proses pembuatan rokok manual (giling) terdapat juga taman dan kolam renang, ada juga disini rumah adat kudus, rumah asli kudus, tempat yg bagus buat foto foto, dan sekedar kumpul2 dengan kerabat atau teman, sering juga disini di adaka event untuk umum, seperti pertunjukan musik dan lomba burung
08 Mei 2018 15:06
Wahana rumah pohon sudah lapuk dan rapuh, bahkan rusak
Padahal banyak anak yang lebih berminat dirumah pohon
Semoga lekas diperbaiki
24 April 2018 15:22
Museum kretek Kudus adalah museum yang mengupas, menggambarkan, Dan mengedukasi tentang sejarah Rokok kretek di kota Kudus. Disini kita akan diperlihatkan bagaimana rokok dibuat, kapan awal produksi rokok di kudus, siapa saja pelaku produksi rokok pada zaman dahulu, ada miniatur tentang suasana perkebunan tembakau dan rempah2 Serta Miniatur suasana pabrik rokok pada zaman dahulu. Disamping itu juga dalam komplek museum ada waterbom, bioskop 3D, rumah adat Kudus, dan taman bermain untuk anak anak.
21 April 2018 7:31
Museum ini saat bagus untuk pariwisata karena selain bisa berpariwisata kita juga bisa mengenal kota Kudus yang sering dijuluki kota kretek ini
13 April 2018 20:02
Salah satu tempat wisata edukasi dan sejarah di kota kudus yang terkenal dengan sebutan kota kretek.
11 April 2018 10:38
REPORTASE ACARA RAPAT KORDINASI DAERAH (RAKORDA III) Ke-3 HOI Regional JATENG & DIY
Museum Kretek Kudus, 24 Des 2017
Fasilitas nya lumayan komplit untuk anak dan keluarga ada Waterboom, trampolin, ember tumpah, outbound, terapi ikan, studio 3D, dan taman bermain anak. Dijamin seruu

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: