09 November 2023 8:46
Masjid dengan berjuta sejarah. Masjid dimana pernah menjadi pusat pengembangan dan penyebaran agama Islam terutama daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Masjid yang didirikan oleh Sunan Kudus.
Masjid yang meskipun tanpa area parkir, tapi sangat terkoordinasi dengan berbagai macam angkutan. Masjid yang selalu ramai dengan peziarah dari berbagai daerah.
04 November 2023 22:24
Salah satu icon-nya kota Kudus, wajib kesini kalau sedang di Kudus. Lokasinya strategis, cukup ramai.
27 Oktober 2023 13:58
Pertama kali ke kudus nuansa seperti dilingkungan pondok pesantren. Semoga suatu saat dapat berkunjung lagi.
16 Oktober 2023 1:08
- Tempat
Tempatnya tidak begitu luas, bersih, rapi.
Wisata religi, mengedukasi, bukti peninggalan peradapan Islam di Indonesia.
Kompleks pemakaman, masjid, dan menara makam sunan kudus.
Disarankan menjaga sikap & norma ketika memasuki bangunan.
Menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat berkunjung ke Kudus.
Tempat parkir terbatas.

- Lokasi
Lokasi mudah ditemukan, karena tidak jauh dari pusat kota/alun-alun Kudus.
Dikelilingi berbagai toko souvenir & oleh-oleh khas Kudus.

- Tiket
Tidak dikenakan biaya masuk.
12 Oktober 2023 8:35
Komplek makam sunan kudus dan menara sunan kudus, yang waktu kecil cuma lihat digambar, alhamdulillah bisa lihat secara langsung dan merasakan suasana yang menenangkan juga menyenangkan. MasyaAllah tabarakallah
23 April 2020 22:14
Monomen ini adalah salah satu aset peninggalan walisongo yang ber nama raden ja'far sodiq yang mendapat julukan sunan kudus
13 April 2020 1:33
Bangunan ikonik di Kabupaten Kudus. Menara Kudus dibangun bersamaan dg dibubaknya kawasan di bagian barat Kali Gelis oleh Sunan Kudus. Bentuknya cukup mirip dg Gapura Bentar. Menara Kudus telah digolongkan sbg benda cagar budaya. Saban hari kawasan di sekitar menara senantiasa ramai dikunjungi oleh para peziarah. Ya, Menara, Masjid dan Makam Sunan Kudus memang berada di satu kompleks yg sama. Di sekitar menara banyak berjajar penjaja suvenir. Oh ya, bagi kalian yg hobu berswafoto, beberapa sudut di Menara Kudus terbilang instagenic lho. Tidak ada tarif yg dikenakan untuk menikmati kemegahan arsitektur tinggalan Sunan Kudus ini. Cukup bayar parkir seikhlasnya saja.
28 Maret 2020 22:40
Bagunan menara Kudus merupakan saksi adanya akulturasi kebudayaan. Antara kebudayaan agama Islam dan agama Hindu-Budha. Lokasi strategis. Tempat parkir luas. Bangunan bagian dalam sangat nyaman. Pemandangan dari atas menara sangat cantik di sore hari.
23 Maret 2020 21:09
Tempat yang indh sekali. Peninggalan dari sunan Kudus. Suatu tempat yang penuh dengan sejarah tentang perkembangan agama Islam di Nusantara. Monggo yang ke Kudus. Mampir berziarah. Karena di area belakang juga terdapat makam sunan Kudus.
14 Maret 2020 11:28
Wisata religi & sejarah perkembangan dan penyebaran agama Islam di Kudus
Dengan proses akulturasi budaya lokal setempat
10 Februari 2020 18:32
Satu diantara Wali Songo yang menyebarkan Islam dibtanah Jawa dengan ke Khasannya dalam Menghafal Al Qur'an
06 September 2019 9:46
Menara Kudus ini sangat unik bentuknya sama sekali tidak mirip dengan menara masjid pada umumnya, malah lebih menyerupai candi. Tapi jika diperhatikan dari sejarahnya, hal itu tentu saja tidak akan mengherankan karena bentuk Menara Kudus merupakan perpaduan budaya Hindu dan Islam. Seolah menjadi lambang proses masuknya agama Islam ke daerah ini yang tidak menimbulkan kekerasan, namun malah terbuka terhadap unsur-unsur kebudayaan lama di daerah setempat.
Bentuknya sederhana, terbuat dari tumpukan bata merah tanpa semen sebagai perekat, namun terlihat anggun dalam kekokohannya seolah tidak habis dimakan usia. Menara ini memiliki tinggi 17 meter, dengan luas sekitar 100 meter persegi, Atap menara merupakan konstruksi kayu jati yang membentuk semacam kubah yang menjadi tempat mengumandangkan azan.
Ketika bulan Ramadan, nuansa islami akan semakin terasa di tempat ini. Suara lembut pelantun ayat-ayat Al-Quran akan sering terdengar di antara hiruk pikuk pedagang oleh-oleh yang juga bernuansa islami.
Obyek wisata Menara Kudus terletak di Kelurahan Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Berada sekitar 40 kilometer di sebelah timur Kota Semarang, bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu setengah jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Di dekat menara, terdapat Masjid Kudus yang juga menjadi tujuan para peziarah atau wisatawan.
19 Agustus 2019 20:03
A popular place with a unique architecture and a rich historical past. A must visit place in Kudus if you happened to be there. It is beautifully lighted up in golden colour at night and is a beautiful and magnificence sight to behold. It is a great place for photography.
19 Agustus 2019 12:06
Biasanya para santri menghapal al-quran disini, dan peziarah biasa beristirahat di serambi masjid.dilengkapi cctv
06 Agustus 2019 11:03
Masjid Al Aqsha Kudus yang terletak berdekatan dengan makam sunan kudus yang termasuk salah satu wali songo.
Masjid yg indah dan klasik terdapat menara juga
27 Juli 2019 3:21
Sangat membantu dan memandu dalam beribadah bagi semua machluq, lokasinya strategis penuh religius dan mudah dijangkau
04 Juli 2019 7:54
Masjid al aqsha atau biasa di kenal masyarakat kudus dengan sebutan menara kudus merupakan salah satu peninggalan budaya yang ada di kudus. Masjid ini berada satu komplek dengan makam Sunan Kudus yang merupakan satu dari sembilan walisongo, sehingga masjid ini banyak di kunjungi peziarah dari berbagai kota. Dikarenakan lokasinya yg berada di pusat kota dan untuk jalan area tersebut bukanlah jalan yg lebar, maka untuk peziarah yg menggunakan bis di parkir di area terminal parkir yg berada kurang lebih 1 km ke utara dari masjid.

Untuk transportasi peziarah menuju ke masjid sudah ada ojek motor, mobil khusus peziarah ataupun becak. Dan banyak juga peziarah jalan kaki untuk menuju ke area makam dan masjid. Akan tetapi jika anda memilih untuk jalan kaki, persiapkan air minum yg banyak karena anda akan melintasi area pabrik elektronik dan kuburan massal, jadi selama perjalanan jarang ada yg jual makanan atau minuman. Tetapi setelah melewati area tersebut akan banyak pedagang kaki lima dan sejenisnya.
Bagi yg membawa mobil pribadi anda sebaiknya bertanya dahulu sebelum sampai lokasi menara kudus, dikarenakan anda akan kesusahan mencari lokasi parkir di tambah lagi untuk area menara kudus banyak jalan satu arah dan juga banyak jalur forbidden/terlarang untuk dilalui mobil. Untuk area parkir mobil berada di sebelah selatan masjid kurang lebih 200-400 meteran.

Tradisi tradisi jawa di area masjid al aqsha masih di lestarikan sampai sekarang. Untuk apa saja budaya yg masih di laksanakan bisa anda tanyakan kepada pengurus masjid.
03 Juli 2019 4:30
Tempat wisata religius paling keren di Kudus. Ikonnya kota Kudus. Tempatnya bagus, bersih dan bernuansa classic. Apabila berkunjung ke sini maka kita seperti dibawa kembali ke masa lalu. Banyak penjual kuliner2 khas kota Kudus juga di sekitar masjid
02 Juli 2019 17:56
Masjid Menara Kudus merupakan salah satu peninggalan sejarah, sebagai bukti proses penyebaran Islam di Tanah Jawa. Masjid ini tergolong unik karena desain bangunannya, yang merupakan penggabungan antara Budaya Hindu dan Budaya Islam. Sebagaimana kita ketahui, sebelum Islam, Di Jawa telah berkembang agama Budha dan Hindu dengan peninggalannya berupa Candi dan Pura. Selain itu ada penyembahan terhadap Roh Nenek Moyang (Animisme) dan kepercayaan terhadap benda-benda (Dinamisme). Masjid Menara Kudus menjadi bukti, bagaimana sebuah perpaduan antara Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Hindu telah menghasilkan sebuah bangunan yang tergolong unik dan bergaya arsitektur tinggi. Sebuah bangunan masjid, namun dengan menara dalam bentuk candi dan berbagai ornamen lain yang bergaya Hindu.

Menurut sejarah, Masjid Menara Kudus didirikan oleh Sunan Kudus atau Ja’far Shodiq ialah putera dari R. Usman Haji yang bergelar dengan Sunan Ngudung di Jipang Panolan (ada yang mengatakan tempat tersebut terletak di sebelah utara Blora). Sunan Kudus kawin dengan Dewi Rukhil, puteri dari R. Makdum Ibrahim, Kanjeng Sunan Bonan di Tuban. R. Makdum Ibrahim adalah putera R. Rachmad (Sunan Ampel) putera Maulana Ibrahim. Dengan demikian Sunan Kudus adalah menantunya Kanjeng Sunan Bonang. Sunan Kudus selain dikenal seorang ahli agama juga dikenal sebagai ahli ilmu tauhid, ilmu hadist dan ilmu fiqh. Karena itu, diantara kesembilan wali, hanya beliau yang terkenal sebagai “Waliyil Ilmi”. Adapun cara Sunan Kudus menyebarkan agama Islam adalah dengan jalan kebijaksanaan, sehingga mendapat simpati dari penduduk yang saat itu masih memeluk agama Hindu. Salah satu contohnya adalah, Sapi merupakan hewan yang sangat dihormati oleh agama Hindu, suatu ketika kanjeng Sunan mengikat sapi di pekarangan masjid, setelah mereka datang Kanjeng Sunan bertabligh, sehingga diantara mereka banyak yang memeluk Islam. Dan sampai sekarang pun di wilayah Kudus, khususnya Kudus Kulon dilarang menyembelih sapi sebagai penghormatan terhadap agama Hindu sampai dengan saat ini.
26 Juni 2019 16:01
Nice place to go and see around this place is really good and best for tourist in kudus both sightseeing and spiritually
25 Juni 2019 12:07
Pusat Peradaban pertama Kota Kudus.
Waliyullah Sayyid Ja'far Shodiq, Kang Jeng Sunan Kudus. Sejarah Indonesia yg mendunia. KUDUS SEMARAK KUDUS KOTA KRETEK. Like
24 Juni 2019 12:46
Tempat indah artistik, peninggalan wali, bernilai sejarah tinggi dan sangat menarik untuk dikunjungi
22 Juni 2019 14:56
Alhamdulillaah bisa ketemu Guru Besar Al Quds University yg jg Imam Besar Maajid Al Quds Palistina di Masij Al Quds Indonesia
04 Juni 2019 8:33
Sejarah menara kudus yang menyebar di seluruh penjuru, menjadikan tempat ini ramai d kunjungi peziarah dari berbagai daerah untuk mendoakan dan juga berwisata
26 Mei 2019 7:21
Tempatnya bagus dan asri. Tapi sampah yg berserakan do sekitar ting sampah yg membuat saya tidak nyaman. Bukan salah pengurus masjid. Tapi kesadaran pengunjung yg kurang waras dlm mmebuang sampah.
17 Mei 2019 0:30
Bangunan ikonic khas kota Kudus. Bentuknya sepeti candi. Wisata religi yang murah dan mudah dijangkau
12 Mei 2019 22:44
Salah satu tempat wisata populer di kudus yg ga pernah sepi. Tempat parkir utk peziarah agak jauh, Tp terdapat banyak kendaraan umum yg siap mengantar sampai ke menara Kudus.kl yg kuat jalan kaki dan pengen ngirit bisa juga kok.
02 Mei 2019 20:34
Tempat yg tenang. Saat sore. Semakin rame dg kekhasannya suasana kota santri. Banyak penuntut ilmu dr berbagai daerah datang ke kudus dan sebagian dr mereka sering datang ke masjid menara kudus. Untuk murojaah.
01 Mei 2019 2:40
Ijin save ya.buat kenangan kalau sudah pernah ziarah ke sunan kudus ini.moga tambah berkah.semoga dapat kembali berziarah di sunan kudus ini dan sunan2 lain2nya.dan moga slalu di beri kesehatan dan rizki yang luas.agar bisa segera menunaikan rukun islam yang terakhir.kanti berkahipun para wali2 allah ini sampai beliau nabi besar nabi muhammad saw.bayak dari kami yang ingin ibadah + berziarah ke baitullah.amin amin amin ya robbalalamin.
08 Februari 2019 4:57
Wisata religi masjid dan makam Walisongo Sunan Kudus.

Perpaduan dari arsitektur Hindu dengan islam. Bangunan menara dan ornamen2nya menunjukkan khas hindu berpadu dg bangunan kubah masjid khas islam.

Di dalam masjid ada pintu kembar yang cantik. Tempat wudhunya juga masih terlihat klasik.

Tempat ini dikunjungi ribuan peziarah setiap harinya. Kalau mau nyari pernak-pernik khas muslim seperti tasbih, baju koko, peci, foto2 ulama dan wali dan sebagainya. Banyak Juga penjual makanan khas kudus seperti Jenang, dsb.
30 November 2018 11:24
Mantap bagus bener. Masjid Menara Kudus merupakan salah satu peninggalan sejarah, sebagai bukti proses penyebaran Islam di Tanah Jawa. Masjid ini tergolong unik karena desain bangunannya, yang merupakan penggabungan antara Budaya Hindu dan Budaya Islam. Sebagaimana kita ketahui, sebelum Islam, Di Jawa telah berkembang agama Budha dan Hindu dengan peninggalannya berupa Candi dan Pura. Selain itu ada penyembahan terhadap Roh Nenek Moyang (Animisme) dan kepercayaan terhadap benda-benda (Dinamisme). Masjid Menara Kudus menjadi bukti, bagaimana sebuah perpaduan antara Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Hindu telah menghasilkan sebuah bangunan yang tergolong unik dan bergaya arsitektur tinggi. Sebuah bangunan masjid, namun dengan menara dalam bentuk candi.
27 November 2018 22:12
Salah satu tempat bersejarah, menceritakan perjuangan syiar islam di tanah jawa. Masjid dan menara ini terletak di Kabupaten Kudus. Tepat di belakang masjid ini, bersemayam makam Sunan Kudus yang merupakan salah satu Wali Allah. Sunan Kudus merupakan salah satu anggota wali sembilan atau dalam bahasa jawa disebut wali songo. Masjid ini sudah dipugar, tetapi menara masjid ini masih kokoh dan asli dari zaman dahulu. Masjid dan makam Sunan Kudus ini selalu ramai dikunjungi peziarah-peziarah, baik dari dalam daerah maupun luar daerah.
16 November 2018 15:29
Tempat peninggalan sejarah penyebaran islam di tanah jawa yang di pimpin oleh seorang wali dari sembilan wali (wali songo) yaitu sunan kudus atsu juga dikenal jafar shodik, beliau merupakan seorang wali yang penuh wibawa dan tolerasi,
Sebagai contoh toleransiny kepada agama lain yaitu konghucu, binatang suci dalam agama tersebut yaitu seekor sapi, maka sunan kudus memerintahkan umat dikudus untuk tidak menyembelih sapi sebagai toleransi antar agama, dan digantinya seekor sapi dengan kerbau untuk di sembelih, dan sampai saat ini terus berjalan,
Masjidnya pun dibuat menara berciri khas umat hindu-budha, sebagai toleransinya tersebut
14 November 2018 6:54
One of the most Islamic religious historic place in tlatah Jawa. Sejarah selalu bisa menyimpan ceritanya sendiri. Just come and visit this mosque, take a good look and you'll suddenly feel true good old time of Kudus Islamic history.
05 November 2018 18:56
Salah satu tempat favorit di Kudus, untuk penyegaran jiwa, tidak lengkap ke Kudus kalau belum ziarah ke makam sunan Kudus
03 November 2018 17:38
Menara Kudus Mosque is one of the historical relics, as evidence of the spread of Islam in Java. This mosque is unique because of its building design, which is a combination of Hindu Culture and Islamic Culture.
Every day this place is always visited by pilgrims, pilgrims from around the Holy city usually visit on weekdays, Saturdays and Sundays are usually more visitors from outside the city. The 10th of Shura 'is the peak of the crowd at this mosque complex, in the framework of the death of Kanjeng Sunan Kudus
02 November 2018 3:57
Tolong dong pengurus untuk memperhatikan pencucian mukena sholat dicuci setiap hari karna saking banyak nya orang yang menggunakan
02 November 2018 2:49
Memberikan banyak kenangan,
masjid, makam sunan Kudus, tempat bersejarah, ikon kota Kudus,
Ada tempat beli souvernir,
29 Oktober 2018 3:02
Menjadi suatu kebanggaan bisa mengunjungi masjid al aqsa menara kudus. Berbagai tradisi diselenggarakan di area masjid setiap tahunnya, terutama ketika peringatan tahun baru hijriyah 1 muharram. Suasana disekitar masjid sangat hangat seperti berada pada masa tempo dulu. Sangat kental dengam nilai-nilai sejarah bagaimana perjuangan para wali dalam menyebarkan agama islam di tanah jawa khususnya di kudus. Menjadikan siapa saja yang mengunjungi masjid al aqsa menara kudus ini menjadi bergetar dan terharu akan perjuangan para wali. Bangunan masjidnya sangat megah dengan arsitektur yang indah memadukan berbagai unsur budaya yang ada di kudus pada waktu itu. Sangat nyaman berada di dalam masjid, rasanya tidak ingin beranjak dari sana.
25 Oktober 2018 10:44
Luar Biasa pertama kali datang kesini seperti berada di zaman para wali, bangunannya masih terawat rapi. Dan pengunjung yang berziarah juga berjibun banyaknya.
25 Oktober 2018 7:41
Tempat yg religius khususnya di kota kudus//
Tempatnya gk pernah sepi dari pengunjung//gampang di jangkau dari pusat kota//
14 Oktober 2018 20:22
Wisata religi yang wajib dikunjungi kalau lagi main di kudus.belum ke kudus kalo belum foto si depan masjid menara kudus, hmm sama sholat juga ya muslim jangan cuma foto aja.sepanjang gangnya juga banyak pedagang sovenir dan oleh-oleh khas kudus.harus pintar menawar ya agar tidak kemahalan kalo beli oleh-oleh
12 Oktober 2018 10:18
Sangat yaman terutama hari senin sampe kamis klo hari jumat ssmpe minggu beh rame berjubel apa lagi d bulan mulud dalam kalender islam dsn dibulan muharam dan besar
08 Oktober 2018 18:06
One of the historical place. This building form of cultural acculturation between Islam and Hinduism.this building was built by sunan kudus
03 Oktober 2018 0:32
Sunan Kudus mendirikan masjid di kota Kudus pada tahun 1549 dengan menggunakan batu pertama dari Baitul Maqdis, dari Palestina. Bentuk menara yang mirip dengan bentuk candi menunjukkan percampuran pengaruh agama Hindu dan Budha, seperti cara Sunan Kudus menyampaikan ajaran agama Islam agar lebih mudah dimengerti oleh penganut agama Hindu dan Budha pada masa itu. Menara masjid ini dibangun tanpa menggunakan semen sebagai perekatnya dan dihiasi oleh 32 piring biru yang berhiaskan lukisan.
30 September 2018 7:41
Masjid peninggalan Sunan Kudus dengan bangunan menara disampingnya yang ICONIC. Setiap hari selalu ramai oleh peziarah dari berbagai penjuru kota. Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah. Jika anda peziarah, dari parkiran bus bisa naik ojek, becak, atau angkot.
25 September 2018 22:13
Salah satu landmark dan salah satu masjid yang sangat indentik dengan kota Kudus. Tidak hanya menara disini juga ada, masjid, dan makam Sunan Kudus, salah satu walisongo.
Berpakaianlah dengan sopan jika hendak datang kemari. Karena disini adalah lingkungan masjid, serta lingkungan santri. Penduduk sekitar sangatlah ramah kepada para pengunjung atau peziarah disana.
Hampir tiap hari tempat ini ramai oleh para peziarah dari dalam kota maupun luar kota.
Untuk masuk kesini tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis. Hanya cukup bayar parkir dan mengisi kotak amal seikhlasnya di depan pintu makam.
Tetaplah jaga kebersihan, dan buang sampah pada tempatnya dimanapun anda berada.
06 September 2018 8:44
Masjid Al Aqso Kudus,
Tempat destinasi wisata religi di kudus yang penuh dengan religius banyak para sanyri yang mengaji disini, eits dan disini juga menjajakan berbagai souvenir cantik canti pusat wisata menara juga tidak jauh dari sompang 7 kudus hehe soo wisata yang penuh dengann religiiiii
05 September 2018 1:03
Masjid yang terletak di jantung kota Kudus ini merupakan saksi berkembangnya Islam secara damai, penuh toleransi, salah satu bangunan bersejarah dan cagar budaya yang masih berdiri kokoh dan menjadi daya tarik wisatawan/peziarah untuk berkunjung

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: