05 November 2023 22:59
Sangat Ramai, Tapi petugasnya gerak cepat.
Jngn pernah Ragu Memilih Kantor imigrasi jember.

The best pokoknya.
03 Oktober 2023 6:27
Pelayannanya 10/10 bagus banget Keren, petugasnya ramah ramah
Fasilitas nya juga sudah oke banget buat nunggu antrian.
25 September 2023 22:46
Percuma daftar online, semua masih manual, perkiraan jam melenceng jauh dengan jam ketika daftar online, kurang tempat duduk, tidak ramah disabilitas dan lansia
22 September 2023 14:39
Oleh: Dr David Rizar Nugroho, MSi
Pemimpin Redaksi Harian PAKAR

Senin adalah hari yang padat buat saya. Dari pagi hingga malam, saya full mengajar. Pagi di Sekolah Vokasi IPB siang hingga malam di Universitas Pakuan.

Sekitar pukul 20.30 saya tiba di rumah. Sambil rebahan saya langsung buka Channel YouTube Gus Iqdam, ulama muda dari Kediri yang setiap Senin Malam dan Kamis malam menggelar pengajian untuk majelis taklim Sabihul Taubat di kediamannya.

Acara pengajian ini disiarkan live YouTube Akun beliau. Gus Iqdam adalah kiai kampung lulusan pesantren Lirboyo Kediri yang tengah naik daun karena santri-santrinya kebanyakan “garangan”.

Garangan adalah istilah untuk penganut Islam KTP dan yang masih bergelut di dunia “hitam” alias maksiat. Pengikut-pengikutnya disebut ST Nyell dan Gus Iqdam mempopulerkan istilah “dekengan pusat” yang diartikan di “bekingi” Allah SWT.

Setiap pengajian di rumahnya yang hadir ribuan dari berbagai kota di Jawa. Ada yang bawa kendaraan sendiri baik motor maupun mobil, hingga bak terbuka sampai sewa bus bus besar. Bahasa dakwah Gus Iqdam yang gaul, merakyat dan apa adanya dan tidak mendoktrin membuatnya dicintai jemaahnya.

Gus Iqdam juga senang berbagi, beliau selalu memberikan gift kepada jemaahnya dalam bentuk uang, barang dan lain sebagainya usai berdialog dengan jemaahnya.

Prolog soal Gus Iqdam saya pikir cukup. Anda bisa cari sendiri referensi tentang beliau di TikTok atau YouTube. Tadi malam beliau bercerita pengalaman pertama kali dakwah ke Taiwan dengan timnya.

Perjalanan tidak mengenakkan dialami Gus Iqdam saat melalui pemeriksaan imigrasi di bandara Seokarno-Hatta. Awalnya semua berjalan lancar ketika paspor Gus Iqdam dan rombongan dicap petugas. Ketika akan melanjutkan proses selanjutnya Beliau dihampiri petugas imigrasi bernama Afwan yang tiba tiba bertanya tidak sopan ke Beliau.

Mau kemana ini? Kata Afwan. Mau ke Taiwan, jawab Gus Iqdam. Mau kemana ke Taiwan? Kerja” jawab Beliau sesuai visa yang Beliau peroleh. Pulangnya kapan? Dia bertanya dengan nada membentak, sementara teman-temannya biasa saja. Kemarin kamu sudah kesinikan? Bentak Afwan. Beliau bingung karena memang baru pertama kali ke Taiwan.

Pada saat bersamaan panitia pengajian Taiwan menanyakan posisi beliau. Beliau memfoto posisi beliau, usai foto Beliau di datangi petugas Security bandara membentak bentak dan memaki maki beliau karena ada larangan foto di area tersebut.

Bahkan Hp Gus Iqdam sempat disita untuk mengecek foto tersebut. Ulama desa yang polos ini mengaku tidak tahu jika ada larangan memotret Karena baru pertama kali ke luar negeri.

Sebagai santri online, tentu saya tidak terima guru saya dibentak bentak dan di maki maki oleh siapapun. Saya tahu pasti Afwan dan petugas Security gak tau yang dihadapi adalah seorang ulama.

Apapun alasannya sebagai pelayan publik gak pantas petugas imigrasi memberikan pelayanan seperti itu. Apalagi Gus Iqdam langsung membandingkan pelayanan petugas Imigrasi Taiwan yang helpful berbanding terbalik apa yang di alaminya di Indonesia yang notabene rumahnya sendiri.
Sejak lama Imigrasi disorot publik.

Gak tanggung-tanggung Presiden Jokowi yang menyemprotnya. Tanggal 9 September 2022 di rapat kabinet secara terbuka Jokowi menyampaikan pelayanan imigrasi masih menggunakan gaya lama. Jokowi minta Menteri HukHam mengganti pejabat imigrasi dari mulai Dirjen sampai bawah.

Perintah Jokowi langsung dilaksanakan. Menteri HukHAm memilih Silmy Karim orang luar kementerian menjadi Dirjen Imigrasi. Silmy adalah orang swasta dan terakhir jabatannya Direktur Utama Krakatau Steell.
21 September 2023 10:26
Pelayanan bagus. Cuma untuk pengambilan paspor terlalu lambat. Hanya ada 1 petugas saja. Itu loket pengambilan paspor ada 3 yang harusnya bisa dipakai semua, jadi bisa menghindari penumpukan manusia
06 September 2023 3:58
Mau konsultasi imgrasi kurang tanggap, padahal Imgrasi lainx pasti ada yg jawab di Jember di TLP dari pagi sampe soree masa Ndak ada yg bisa angkat TLP customernya sama sekali
04 Juni 2023 13:20
Amazing service. Easy to reach via whatsapp (+62 813-3403-6654) and good information on visa extension. Was able to easily extend my visa and they where incredible kind.
02 Maret 2023 2:03
Pelayanan disini sangat baik bahkan memuaskan, petugas yang ramah dan kantor melayani perpanjangan paspor hari Sabtu & Minggu berlaku hingga 22 Januari 2023 dalam rangkah pelayanan simpatik/ceria. Good Job Imigrasi kelas 1 Jember
30 Januari 2023 15:30
Saat ini bintang 3 dulu dah mudah2an pelayanan semakin OKE.kenapa 3 bintang?
1. Pendaftaran dan pembayaran secara ONLINE sudah sangat membantu memberantas CALO.
2. Kenapa masih di suruh copy2 dokumen kalau sudah ONline. Bukankan dokument kita sudah terekam saat daftar ONLINE?
3. Semoga sistem ONLINE yang dibangun segera bisa meksimal tanpa harus copy2 lagi dokumen dasar.

Semoga kedepan sistem ONLINE bisa berjalan sesuai rencana dan sesuai peruntukannya.
23 Januari 2023 10:40
Saya daftar pakai m-paspor bener2 cepat pelayanan nya mantap
Imigrasi jember pelayanan nya ramah dan fasilitas bagus
02 Januari 2023 4:53
Pelayanan sunggu istimewa ramah sekali terutama petugas cewek2nya sangat ramah sekali.yg didepan tmpat pendaftaran sama yg didalam loket sidik jari ramah sopan cantil2 lagi.jossss mantap kerennn
02 Desember 2022 23:26
Petugasnya ramah ramah. Tapi memang semua dokumen harus disiapkan selengkap mungkin biar gak bolak balik kesananya
22 November 2022 18:26
Trimaksih banget sudah di bantu proses visa sangat cepet, pelayanan yg super ramah, yg paling utama selesai tepat waktu.trimaksih
10 November 2022 4:15
Very helpful officers, SuperB service!

Suggestion: please do some tweaking for public parking lot.

Update: september time went to Imigrasi ofice for Endorsement Signature, service excellent!
08 November 2022 18:40
Pelayanannya baik dan bagusss, staffnya ramah.
Meski antri tapi lancarr.
Proses cepat.
Point penting, Untuk akhwat yg berniqab bisa dg nyaman untuk pengambilan foto
Sehat selaluuu semua karyawan.
08 Oktober 2022 9:31
The office comfortable and their staff has an excelent service. It was really comfy to entrust my imigration matter to Imigration Office Jember. Thankyou for the great services. And one more thing i hope the parking lot can be widen?
02 September 2022 2:09
Pelayanan di Kantor Imigrasi Jember sangat memusakan, petugasnya sangat membantu dan membimbing saya ketika mengurus izin keimigrasian untuk siswa asing di sekolah saya.
14 Juli 2022 9:52
Suasana kantor imigrasi nyaman, informasi mudah dipahami, kamar mandi bersih dan pelayanan yang ramah
09 Juli 2022 21:22
Maaf tanya. Kalo mau buat paspor baru apa harus lewat via online dulu atau langsung ke kantornya pak. Tks
26 Juni 2022 0:10
This time is shocking for me because for Foreigner, the place has been moved and it's comfortable. Staffs are helpful. Well for us it's about parking area which is uncomfortable and need to be improving soon. Overall about immigration services for foreigner is good, smooth, details to explain, so thank you for your services. Keep it up!
21 Juni 2022 16:17
Bagi yang domisili diluar kota jember sebaiknya dapat ditanyakan detail syarat pengajuannya bisa melalui wa layanan online.tapi masalahnya respon nya sangat lambat dan kurang tanggap/ramah pelayanannya.maka dari itu perlu ditingkatkan kembali agar semuanya merasa terbantu dan puas dengan pelayanan Imigrasi kelas 1TPI jember sama seperti yang ada di kota"lainnya trimkasih.
14 Juni 2022 22:12
Kesini pas lg urus mutasi paspor suami.kantor nya nyaman petugasnya juga ramah.paspornya jg lebih cepat dari perkiraan. Terima kasih imigrasi jember all the best.
01 Juni 2022 3:05
Pelayanannya sangat amat ramah, petugasnya sangat humanis dan juga sangat membantu
Kemarin sy sempat perpanjang pasport disini
It was very amazing dan membuat kepercayaan sy kembali bahwa semua dipermudah asalkan document’s yg diperlukan lengkap
So proud of you!
09 April 2022 11:28
Petugasnya dari pintu masuk sampai pelayanan ramah dan membantu. Tempatnya bersih dan nyaman. Urus sendiri yang penting persyaratan lengkap, 3 hari setelah pembayaran, paspor jadi dan bisa diambil.
26 Januari 2022 17:22
Kesini pas bikin paspor, ngurusnya via online dan tanpa ngantri. Untuk pengambilan paspor jangan lupa maksimal jam 3 sore. Pelayanan oke banget.
17 Januari 2021 22:44
Very accurate and friendly service from Ms. Kiki. She answered all our questions right away. A big change from previous years. Thank you!
29 Desember 2020 18:03
Tempatnya nyaman. Pelayanan nya memuaskan, bener bener public service yg mengutamakan kepentingan public
25 Desember 2020 5:31
Pelayanan di Kantor Imigrasi Jember sangat baik dan responsif. Informasi yang disampaikan juga jelas dan sekarang mudah di akses sehingga sangat membantu sekali
17 Desember 2020 5:24
Semoga semakin sukses dan berjaya kantor imigrasi jember.selama proses pembuatan paspor saya diberikan pelayanan yg baik dan paspor selesai sesuai dg ketentuan.
16 Desember 2020 23:08
Alhamdulillah, saya merasa puas dengan layanan yg diberikan kantor imigrasi jember
layanan cepat
petugasnya ramah/respek
ada kesulitan, petugas langsung membantunya

Terimakasih sahabat petugas dan karyawan kantor imigrasi jember, semoga menjadi inspirasi bagi kantor² layanan publik yang lain. Amien
14 Desember 2020 13:58
Alhamdulillah layanan cepet banget ramah penuh senyum respek dan nyaman terima kasih atas pelayanan yang memuaskan
10 Desember 2020 22:47
Pelayanannya baik dan sesuai standar hanya saja kantornya minim tempat parkir tapi itu wajar karena lahan kantornya memang kecil semoga bisa menjadi kantor imigrasi yang lebih besar ke depannya
07 Desember 2020 23:46
Petugas Imigrasi jember ramah2 dan pelayanan pengurusan paspornya sangat memuaskan.
Terimakasih imigrasi jember.
05 Desember 2020 2:14
Pelayanannya baik bagus dan cepat semoga bisa dipertahankan kedepannya agar semakin bagus pelayanannya, terimakasih.
25 November 2020 16:14
Sangat membantu dan akses informasi yang sangat mudah untuk didapat, informasi sangat lengkap, petugas ramah
18 November 2020 11:54
Pelayanan bagus! Dimasa pandemi seperti ini protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik terus sekarang jg bikin paspornya cepet banget
16 November 2020 17:01
Pengalaman saya, saat proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember sangat terbantu sekali dan terarahkan dari pihak kantor juga sangat membantu partisipasi masyarakat.
09 November 2020 14:31
Selalu menyenangkan berada di kanim jember, walaupun berada di masa pandemi namun pelayanannya tetap baik dan cepat
28 April 2020 5:26
Alhamdulillah proses perekaman paspor untuk pergi haji tahun ini lancar dan responnya cepat.terimakasih
28 Maret 2020 5:10
Layanan terbatas karena cuman kelas II.antrian cukup panjang, jd disarankan datang pagi dan siapkan kelengkapan
20 Maret 2020 23:18
Jumat kemarin saya ke kantor imigrasi Jember untuk menanyakan tentang pembuatan paspor 24 halaman. Jawaban dari petugas informasi sangat mengejutkan bagi saya. Kata beliau paspor 24 halaman sudah tidak diterbitkan oleh kantor imigrasi Jember. Bila ada yang tahu tentang paspor 24 halaman tolong balas koment ini, karena jujur saja jawaban dari petugas tersebut tidak sesuai dengan informasi yang saya baca di internet. Dan untuk petugas yang berwenang apakah benar paspor 24 halaman sudah tidak diterbitkan lagi.
08 Maret 2020 6:58
The public service to handle pasport, document but not more completed service, because only class two
29 Desember 2019 3:35
Pengurusan bisa berjalan lancar asalkan semua persyaratan lengkap dan tidak ada kesalahan di berkas kelengkapan persyaratan.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: