23 Agustus 2023 1:02
Untuk masjid, saya ke sini sudah ada lantai ke 2 di kubah utama, tapi setelah saya lihat di terasnya, masih cukup banyak cat yang mengelupas. Alangkah baiknya jika diperbaiki, apalagi saat ini sedang renovasi trotoar di depannya
09 Mei 2023 7:42
Masjid kebanggaan Masy Jember dan interior dan eksterior yg mmapu membawa pd suasana religius sekaligus eksotis dr bentuk bangunannya. Parkir luas dan para petugas dan pengurus masjid yg ramah dan melayani.
21 Maret 2023 5:55
Masjid yg terletak di jantung kota Jember. Masjid ini punya keunikan tersendiri yaitu memiliki tujuh buah kubah dimana kubah tersebut mirip dengan kubah gedung MPR. Masjid ini termasuk salah satu masjid tertua di Jember. Meskipun termasuk masjid tertua tapi kondisi masjid sangat bagus dan indah. Kebersihan yg sangat terjaga.
18 Desember 2022 22:25
Masjidnya keren, megah, dan mempesona. Masjid ini merupakan ikonik kota jember. Terdapat sekolahan disebelahnya masjid. Didepan masjid terdapat parkiran yang sangat luas. Tempat wudhu dan toiletnyaa bersih banget. Area dalam masjid juga nyaman, enak buat sholat. Masjid ini juga sangat dekat dengan alun alun kota jember.
01 Agustus 2022 10:54
Masjid paling terpopuler di Kota Jember. Tepat disamping alun-alun kota dan pendopo bupati Jember. Bangunannya sangat unik dan berbeda dengan bangunan masjid-masjid lain. Meski sudah bangunan lama tapi masih bersih karena perawatan yang baik. Parkir tersedia luas baik roda-2 maupun roda-4.
26 Juli 2022 19:29
Masjidnya bagus banget. Sebagai pendatang rasanya kagum melihat keindahan arsitektur bangunannya. Namun sayang, jamaah wanita ternyata diberi tempat sholat yg terpisah di sebelah kanan masjid. Padahal ingin merasakan sholat di dalam bangunan utamanya. Toh yg sholat di sana tidak banyak, jadi masih banyak tempat kosong.:)
26 Oktober 2019 6:02
Masjid megah dan klasik dgn fasilitas yg kurang baik. Contoh, sarung sedikit, teh dan kopi utk musafir tdk tersedia
17 Oktober 2019 19:51
Pernah sholat disini, tempat luas, namun saya belum menemukan tempat wudhu yang tertutup. Apakah disini ada tempat wudhu yang tertutup untuk akhwat/muslimah? Karena tempat wudhunya terbuka lebar sehingga agak tidak nyaman bagi orang yang berjilbab besar. Terima kasih.
22 September 2019 17:23
Magrib waktu sudah lewat parkiran lagi banyak.kita parkir agak jauh.dekat jembatan penyebrangan.ternyata dijembatan ada jalan tembus ke masjid.kita lewat eh.ternyata ada pintu dan tergembok aduh kita berlarian turun karna kejar waktu magrib.tolong dong pemkab jember.sebelum waktu isyak pintu jangan digembok dulu.fasilitasi orang yang mau ibadah.
18 September 2019 4:26
Masjid jami' yang berbeda di pusat kota Jember.

Lokasi masjid ini ada di samping alun-alun kota Jember.

Area parkir sangat luas dengan suasana yang nyaman.

Toilet umum tersedia banyak sehingga tidak khawatir antrian panjang.

Tersedia juga mukena dan sarung bagi para musafir perjalanan yang tidak bawa dari rumah.

Dan banyak para penjual makanan dan minuman yang ada di sekitar area masjid ini.
26 Agustus 2019 16:39
Mesjid Agung Jember, nyaman luas, tata ruang bundar, tempat wudhu bersih, bagi wanita ada mukena didpn pos security, parkir cukup luas.dekat lap.alun2, pertokoan, perkantoran pemda, perbankan, Lapas jember.mudah akses menuju mesjid.
25 Agustus 2019 16:48
Bagus.sayang kurang berinfaQ.kotak amal yang berjuta3 hanya disimpan bukan untuk mensejahyerakan ling sekitar masjid
06 Agustus 2019 4:02
Masjid yang sangat luas, bersih dan nyaman untuk menjalankan ibadah. Letak ditengah kota jember yang dekat dengan alun-alun kota jember.
03 Agustus 2019 14:45
Masjid bagus, bersih, bangunannya arsitektur nya unik, tempat parkirnya cukup luas. Berada tepat di depan alun alun kota Jember
02 Agustus 2019 20:01
Selalu mampir di sini untuk memunaikan shalat maghrib, jamaah yang mampir sangat ramai terutama dari luar kota, tempat mandi dan wudhu cukup bersih
03 Juli 2019 11:10
Masjid ini berbentuk kubah-kubah dan ruang di dalamnya berupa lingkaran-lingkaran yang dijejerkan. Lokasi strategis dekat alun-alun dan stasiun. Dikelilingi gedung-gedung perkantoran.
03 April 2019 19:10
Masjid kuno di kota Jember
Sudah banyak perbaikan dan renovasi.
Lebih bagus, adem.
Sehingga nyaman dalam beribadah
13 Maret 2019 23:49
Kabupaten Jember memiliki banyak bangunan masjid yang menarik dipelajari baik dari sisi arsitektur maupun historisnya. Kali ini, TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) mengulas salah satu bangunan masjid yang paling terkenal di kabupaten yang ada di Jawa Timur ini.

Berkunjung ke Jember, tak lengkap rasanya tanpa mengulas salah satu masjid tertua yang berada di Jember. Berlokasi di jantung kota, tepat di seberang Komplek Gedung Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jember dan Alun-Alun Jember, berdiri sebuah masjid megah, namanya Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember.

Nama Al Baitul Amien sendiri seperti yang diungkapkan Muhammad Husein selaku ketua umum yayasan di kantornya beberapa waktu lalu, memiliki arti Rumah Allah yang Aman. "Bisa juga diartikan rumah yang dapat dipercaya, " ujarnya.

Husein menjelaskan, Masjid Jami' Al Baitul Amien Jember terdiri dari dua bangunan masjid yang dipisahkan jalan protokol Jember – Surabaya. Bangunan masjid lama dibangun sejak zaman kolonial Belanda dahulu di sebelah selatan jalan raya. Belum jelas siapa yang membangun masjid ini dan kapan mulai dibangun.

Namun, diketahui bahwa masjid ini pernah mengalami renovasi pada 1939 silam. Bangunan masjid yang baru dibangun dan diresmikan pada tanggal 3 Mei 1976 oleh Menteri Agama RI, Prof. KH. Mukti Ali.

"Bangunan yang baru ini terletak di atas tanah wakaf seluas 9.600 meter persegi, meliputi 7 buah kopel atau kubah dalam bentuk bundar, " terangnya.
31 Januari 2019 22:15
Masjid Ini terletak di pusat kota jember tepatnya di sebelah barat alun alun kota jember, bentuk mesjid ini adalah salah satu yang unik di indonesia karena bentuknya bulat dan menyerupai jamur yang berjumlah 7, dengan 1 bangunan utama utama, 2 ruangan penopang yang luas, dan 2 ruangan lebih kecil di samping tempat wudhu, serta 2 tempat wudhu untuk tempat wudhu pria dan wanita. Kebersihan masjid ini terjaga dengan taman rumput yang luas, air yang mencukupi, dan tempat parkir yang cukup nyaman dengan keberadaan pos security
25 Oktober 2018 8:12
Lokasi strategis, parkir luas, tidak ada pungutan. Ada jalan pintas ke jembatan penyeberangan, tapi entah pintunya dibuka tiap apa. Ada lembaga pendidikannya juga.
Ke sini pas kamar mandi perempuan sedang diperbaiki dan tidak tahu harus ke mana. Tidak ada petunjuk.
Area wudlu dari dulu sampai sekarang seperti tidak pernah segar.
Waktu jamaah, suara speaker di area putri kurang terdengar. Kita semua sampai bingung tiap mau melanjutkan gerakan, saling berhenti dan menunggu. Kebetulan pas sore, jalanan rame, anak-anak di halaman juga rame.
Dan, bertahun-tahun saya masih penasaran suasana di kubah utama seperti apa.
14 Oktober 2018 9:25
Tempatnya keren dan nyaman, arsitektur masjid ini unik sekali menurut saya, tidak seperti masjid2 pada umumnya yang memiliki bentuk lancip dan tinggi2 namun masjid jami' baitul amien jember ini memiliki bentu bulat2 seperti jamur saya rasa, untuk anda yang sedang bepergian ke kota atau alun2 kota jember jangan lupa mampir ke masjid jami'.
08 September 2018 10:35
Masjidnya lumayan unik, bagian dalamnya berbentuk lingkarang dengan (kalau tidak salah) tiga ruang utama. Ruang utamanya ukurannya besar, sedangkan ada ruangan lain yg lebih kecil, bentuknya juga lingkaran.
Tempat wudunya juga melingkar,
Unik memang,
02 September 2018 16:51
Masjid sebenarnya masih kokoh dengan arsitektur gaya jawa, tetapi masjid ini tampaknya sudah dimiliki yayasan yang tampaknya kurang suka digunakan sholat orang luar anggota yayasan. Hal buruk pernah saya alami ketika ada acara grand final Jember Carnaval tahun lalu dimana pintu pagar masjid terkunci rapat dan dijaga satpam dan beberapa tentara bersenjata lengkap seperti masjid Palestina yang dijaga oleh tentara Israil bahkan lebih parah karena siapapun tidak noleh masuk walaupun sekedar untuk sholat ashar kecuali orang tertentu yang sudah dikenal atau sebagai pengurus yayasan. Terus terang saya sebagai warga Jember asli sangat kecewa karane sudah minta izin dengan baik untuk menghadap Tuhan dirumah tuhan tapi tudak diizinkan.
19 Agustus 2018 1:36
Masjid yang memiliki bentuk yang unik ditengah tengah kota Jember, air wudu mencukupi cuma sayang lampu penerangan kurang terang terutama tempat bagi perempuan lampu yang mati tidak segera diganti, dan setelah sholat isya' (jam 20.00 WIB) akses masuk atau pintu gerbang dikunci sehingga dimalam hari tak seorangpun didalam masjid yang membuat masjid tampak sepi dan remang,
26 Juli 2018 12:06
Masjidnya luas & sejuk kalau ibadah di dalam masjid ini
Yang pasti ini masjid kebanggan masyarakat Jember
21 Juni 2018 17:42
Indah dan bagus masjidnya. Mungkin di indonesia hanya masjid agung jember yg punya desain interior dan exsterior yg kayak gini.
15 Mei 2018 1:45
Assalamualaikum.
Saya seorang muslim, saya sedang perjalanan untuk interview kerja di Jember (17/04). Kerabat ataupun teman di jember tidak ada. Dengan berbekal uang pas2an, masjid menjadi rumah kedua bagi saya begitu pikir ku. Namun pengalaman kurang mengenakkan saya alamai ketika ketika saya bermaksud untuk sekedar meneduh semalam di sini, akantetapi belum sampai saya selesai mengutarakan maksud dan tujuan saya, baru mau masuk pintu gerbang saya sudah di usir terlebih dahulu. Melihat pengalaman di masjid dekat rumah saya yg selalu terbuka bagi musafir, sepertinya hal demikian tidak berlaku di situ. Apalah arti design arsitektur yg indah bagus adem luntur seketika.
Terimakasih
05 Mei 2018 21:19
Subhanallah.luar biasa Masjid Jami' Al Baitul Amin Jember. Ikonnya & menjadi kebanggaan kota Jember Jatim. Masjid dengan Arsitek yg unik (red: spti gedung MPR Senayan Jkt), tanpa genteng, dengan lima kubah, menggambarkan perintah sholat lima waktu. Representatif, mudah diakses pusat kota, tepi jalan, bersih, sejuk, nyaman, aman. Betah ber lama2, ada taman2 bunga, asri indah, cocok untuk keluarga, rombongan, jamaah, wisata masjid. Jangan sampai tidak mampir/sholat di masjid ini kalau ke Jember. Lihat foto.
28 April 2018 3:13
. Masjid yang cukup megah dan tepat berada di tengah-tengah kota Jember dan sangat mudah di jangkau
22 April 2018 11:00
Masjid yang sangat sangat subhanallah.
Sejuk, meskipun ditengah perkotaan.
Desain keren dan apik,
Nyaman banget buat ibadah, jadi bisa lebih khusyuk
01 April 2018 4:05
Clean and big mosque nearby jember central park its not only have 1 big mosque its also have few small mosque surround to pray

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: