22 Juli 2023 22:53
Salah satu pabrik gula tertua di Jawa Timur
Didepan pabrik ada lokomotif tua sebagai pengenal pabrik
29 November 2022 21:15
Enak sekali suasananya disini. Pabriknya bagus, besar, apalagi dekar dengan pusat ekonomi masyarakat pagotan yaitu pasar tradisional.pemandangannya juga bagus disini, pokonya bagus bangeeeet
23 Juli 2022 3:40
Pagotan merupakan wilayah di Kab Madiun yang dulunya menyimpan berbagai sejarah dan cerita menarik dalam sejarahnya. Salah satu cerita sejarahnya terdapat di pabrik gulanya. Pabrik gula tersebut bernama PG Pagotan. Menurut cerita sejarahnya PG Pagotan didirikan pada tahun 1884 oleh NV COOY COOSTERN VAN VOORH dan memiliki ciri khas bangunannya sederhana pada saat itu. Pada tahun 1905 bangunan PG Pagotan melakukan pembenahan di pembangunannya dan penyempurnaan instalasi. Kalau dilihat dari sejarahnya, PG Pagotan melewati masa-masa yang sangat panjang, mulai dari masa penjajahan belanda, penjajahan jepang, dan kemudian pada masa sekarang diambil alih oleh BUMN.  Pada masa penjajahan jepang, pabrik gula ini pernah dijadikan pabrik semen yang bahan bakunya berada di daerah slahung, ponorogo. Jika kalian mencermati bangunan di belakang pabrik gula terdapat bangunan tua bekas stasiun pagotan. Stasiun pagotan dulu dibangun supaya pengangkutan tebu dan gula lancar. Namun sayang, pada tahun 1984 stasiun ini sudah tidak aktif karena kalah saing dengan kendaraan lain seperti angkutan umum dan kendaraan pribadi.
28 Mei 2022 20:10
Pabrik yg dekat dengan kampung halaman ayah saya, setiap kali waktu kecil saya sering diajak bermain di area pabrik gula ini sambil menikmati acara Buka Giling yang biasanya ramai dan meriah.
09 Januari 2022 5:36
Bagus biasanya kalau musim panen tebu kalau teman-teman lihat kereta nya biasanya ada 3 kereta yang masih beroperasi memakai mesin diesel karena kreta uap nya sudah di pajang dan sudah tidak layak digunakan makannya salah satunya dipajang didepan pabrik gula biasanya si lokomotif mini diesel ada nomor 2,3 dan 4 yang beroperasi makasih.
20 Desember 2021 2:42
Kami dari sragen, numpang foto bersama si lokomotif.
Dari luar kelihatan asyik, pasti di dalam menarik
21 Juni 2021 9:40
Jika ingin melihat lori, kereta kecil pengangkut tebu zaman dulu, kita bisa tuh lihat di pagotan, tepatnya jalan kearah dagangan, selatan pasar pagotan, lurus ke timur.
18 September 2020 2:23
Pabrik gula pagotan sudah berabad2 lalu hingga sekarang masih beroperasi, membantu perekonomian rakyat. Setiap giling pasti ada pesta rakyat yg diadakan di pabrik ini. Tapi beda kasusnya tahun ini, semenjak pandemi Covid-19 ini masuk indonesia, melumpuhkan banyak titik keramaian. Semoga cepat berakhir sehatlah bumiku!

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: