14 Oktober 2021 2:48
SMK YPM 12 TUBAN adalah salah satu SMK PUSAT KEUNGGULAN yang ada di Jawa timur
28 Agustus 2021 7:35
SMK YPM 12 Tuban berdiri sejak tahun 1998 dan berdiri dibawah Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan diprakarsai oleh LP (Lembaga Pendidikan) Ma’arif cabang Tuban, yang pada saat itu diketuai oleh Almarhum Bapak H. Drs. Asnawi Amir, SH. Diawal berdirinya SMK YPM 12 Tuban masih bergabung dengan Yayasan Pendidikan Ma’arif (YPM) Sepanjang Sidoarjo.

Angka 12 itu adalah indeks atau urutan dari berdirinya sekolah ini, jadi SMK YPM 12 diurutan ke 12 dan sebelumnya dari masing-masing jenjang pendidikan dari SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK itu sendiri. Seperti di Bojonegoro ada SMK YPM 6. Dan ternyata 12 itu adalah yang terakhir. Yang semuanya dibawah naungan YPM Sepanjang Sidoarjo.

Pada awal berdirinya sekolah ini masih menempati gedung selatan, saat itu masih milik dari MTS Ma’arif. Sempat juga di tahun ketiga SMK YPM 12 memperoleh siswa yang luar biasa banyak, hampir sama dengan saat ini. Sebelum berdiri dengan nama SMK YPM 12 Tuban para pediri seperti Alm. Pak Asnawi, Pak Mastur, dan Pak Taufik ingin menamainya SMK SIANG, tapi pada saat itu kurang mendapat respon dan kurang diminati kemudian memberanikan diri untuk bergabung dengan YPM Sepanjang.

Kepala sekolah pertama yang memimpin SMK YPM 12 adalah Bapak Drs. Ismail Amir, SE. Kemudian sempat di-handle oleh Alm. Bapak Asnawi, lalu digantikan oleh Bapak Imam Subekti, selanjutnya Bapak Kasduri, dan kemudian Bapak Harno Setyawan, saat itu tahun 2002.

Pada saat itu perolehan siswa juga sempat mengalami penurunan dikarenakan terdapat pergantian pimpinan yang sangat cepat sehingga berpengaruh pada turunya kepercayaan masyarakat dan juga kurangnya pengelolaan dan menejemen sekolah. Dan perlahan-lahan mulai membangun kembali di bidang fisik dan kuantitas siswa, tentu saja berkat kerjasama dan pejuangan Bapak-Ibu guru SMK YPM 12 Tuban.

YPM Sepanjang dulu sempat mensosialisasikan salah satu peraturan pemerintah yang menyebutkan tentang tidak boleh adanya lembaga di dalam lembaga, dan saat itu SMK YPM 12 dihadapkan dengan sebuah pilihan yaitu memilih bergabung dengan Sepanjang atau lepas dan berdiri sendiri, karena saat itu SMK YPM 12 dibawah LP Ma’arif NU cabang Tuban dan masih bergabung dengan Yayasan Pendidikan Ma’arif Sepanjang. Akhirnya SMK YPM 12 memutuskan untuk berdiri sendiri dibawah LP Ma’arif NU cabang Tuban, dan peristiwa ini terjadi diawal era kepemimpinan Pak Harno Setyawan.

Mungkin banyak yang tidak tahu juga, dulu SMK YPM 12 pernah mencoba untuk mendirikan jurusan Kesehatan tapi tidak terlaksana. Sejak awal berdiri SMK YPM 12 Tuban memiliki 3 Jurusan yakni Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Elektronika Industri. Dan baru pada tahun 2016 bertambah 2 Jurusan lagi yakni Teknik Instalasi Listrik dan Teknik Pengelasan.

Setiap lembaga pasti mempunyai visi dan misi. SMK YPM 12 Tuban juga punya visi misi yang harus diraih dan dipejuangkan. Kita harus menjaga keseimbangan antara Imtaq dan Iptek. Imtaq disini adalah Ahlus Sunnah wal Jamaah, dan Iptek sendiri adalah kemajuan teknologi. Jika semua warga YPM menyadari dan menjalankan visi misi dengan baik maka kedepannya akan berjalan dengan baik pula.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: