08 Desember 2023 8:47
Salah satu PTKIN besar di Indonesia, Terdapat berbagai jurusan mulai dari keislaman hingga umum. Akreditasi kampus A
29 November 2023 7:27
Keamanannya ketat banget. Hari libur kampus mahasiswa tidak boleh ke kampus kecuali ada kegiatan yang jelas.
19 Juli 2023 22:55
Rindu kampus tercinta, dulu namanya masih IAIN, sejak tahun 2014 berganti jadi UINSA. Semakin tahun semakin bagus gedung²nya.
24 April 2023 13:42
Minimal Fakultas FEBI, diaktifkan lagi wifi nya yg FebiUinsa.
Wes gak onok wifi, lemot. Abis bauar UKT kok gk ada peningkatan
06 April 2023 3:57
Kondisi kampus sangat bersih, satpam nya rama-rama
Dan saya sering dapat pekerja, an di sini
06 April 2023 1:57
Kampus Ahmad Yani merupakan kampus utama UIN Sunan Ampel Surabaya. Area kampus terletak tepat di seberang Polda Jawa Timur. Terdapat gedung Twin Tower yang digunakan sebagai kantor rektorat, pascasarjana dan aula serba guna. Kampus 1 terdiri dari fakultas Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Dakwah dan Komunikasi, dan lainnya. Terdapat Masjid Ulul Albab, perpustakaan, dan laboratorium integrasi.
26 Februari 2023 16:33
Assalamualaikum
Ketika saya melihat semua ulasan dr para netizen ternyata ada kesan pengalaman baik dan buruk yg mereka alami.semoga kedepannya UINSA bisa lebih berbenah dalam segala sesuatu yg kurang dirasa nyaman oleh kebanyakan netizen, yg dirasa oleh mereka kurang memuaskan.dan justru kenyataannya kenyamanan itu bisa tercurah apabila kepuasan yg dialami oleh kebanyakan netizen bisa didapatkan dengan kebutuhan masing-masing individu yang pernah mengalami atau sekedar berkunjung ke UINSA itu sendiri

Wassalam
02 Februari 2023 21:52
UINSA mungkin bisa jadi pilihan tepat kalau Anda mencari kampus islam terbaik di Surabaya. Fasilitas pembelajaran dan jurusannya cukup banyak dan bervariasi. Bahkan sekarang sepertinya sudah lebih banyak lagi.
23 Januari 2023 8:16
All the is nice places many trees around. UINSA complex Campus.have lot buildings, you can around any good place at my university
27 Desember 2022 5:39
Banyaknya mahasiswa/i baru.menjadikan ekonomi masyarakat sekitar menjadi berputar kembali krn selama ini macet karena pandemi covid19
06 Juli 2022 6:07
Segala sesuatu yg berawal dari cinta, dia akan membara. Seperti halnya tempat kita untuk menuntut ilmu.:)

Salam rindu IAT 2017 ;)
01 Juni 2022 18:10
Saya ojol. Bintang 2 dulu. Tempat yang tidak ramah pada ojol. Peraturan untuk ojol paling ruwet dan mbulet ya di tempat ini. Ojol tidak boleh masuk. Satpam tidak mau antar. Kastamer juga tidak mau ambil. Boleh masuk tapi jaket ojol di lepas. Bagi saya almamater adalah kebanggaan. Buat aturan tidak usah pakai "TAPI".
30 Mei 2022 10:50
Universitas Islam Negeri dengan berbagai Program Studi yang terbaik, dengan dosen pengajar yang mumpuni dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai aktivitas perkuliahan
24 Mei 2022 20:19
Peraturan masuk kampus tidak jelas, mahasiswa tidak diberikan ijin masuk kampus pada hari libur. Sedangkan tamu yang menggunakan gedung untuk acara pribadi—bukan dari pihak kampus, bukan dosen, mahasiswa, ataupun kerabatnya– diperbolehkan masuk dengan alasan telah menyewa gedung.

Seharusnya yang lebih berhak dan diprioritaskan atas penggunaan kampus adalah para pelajar dan pengajarnya. Terutama para pelajar, yang harusnya mendapatkan hak penggunaan fasilitas kampus secara penuh.

Mohon untuk para pejabat di rektorat agar dapat diperbaiki flaw rules ini supaya nantinya kampus dapat bekerja secara sinergi, antara rektorat, dekanat, jajaran dosen pengampu, dan mahasiswa itu sendiri.
26 April 2022 18:23
UINSA kampus hijau di Surabaya tempat menimba ilmu yang telah memberikan banyak pelajaran dan pengalaman.
10 Juni 2021 9:46
Fak. Ushuluddin dan filsafat merupakan kampus tempat belajar ilmu ilmu murni keislaman. Kampus yg mencetak mhs kritis, tempat memperdalam keislaman yg moderat, tempat belajar ilmu alquran dan hadis, tempat belajar aqidah islan dan filsafat serta tempat belajar psikoterapi islam
17 Mei 2020 11:39
Universita islam negeri yang berada di kota surabaya jawa timur.
Berada di jl. Ahmad yani menjadikan universitas ini mudah dijangkau oleh semua orang dari berbagai daerah.
Dengan dibangunnya tower twin menambah icon baru bagi universitas Islam Negeri surabaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan UINSA.tidak hanya prodi jurusan agama Islam yang ditawarkan dikampus ini namun beberapa prodi ilmu umum juga disediakan.
Perpustakaan baru yang besar dan luas dengan berstandar Internasional bertujuan menjadikan perpustakaan ini sebagai rujukan dari beberapa kampus dijawa timur.
29 April 2020 2:51
Securyti tolong di kondisikan.
Gara-gara Driver online g bisa masuk di akses pintu masuk jadi macet.
Contohlah kampus / instansi yang lain.
17 April 2020 12:49
Universitas Islam yang jadi rekomendasi, terutama area Surabaya. Kampusnya menggunakan konsep greenoutdoor dan juga bisa kuliah 3,5 Tahun loh. Dan gak lebih serunya Wisudanya 2 kali dalam sehari, gregetkan.
14 April 2020 22:19
Kampus Islam terbesar di Jawa Timur dengan Jumlah Profesornya yang terbanyak diantara kampus Islam Di Indonesia.
06 April 2020 20:17
Salah satu kampus terbesaar di Surabaya yang dilengkapi oleh beberapa fasilitas dengan tekhnologi besar
01 April 2020 2:51
Universitas ini sangat luas dan juga keren.bersih dan tempat parkir juga sangat luas.kamar mandi bersih dan jumlah mahasiswa juga sangat banyak sekali.
22 Maret 2020 13:28
Salah satu universitas yang ada di surabaya, tidak hanya umum, universitas ini juga mengajarkan tentang ilmu agama.
09 Februari 2020 16:52
Kampus dengan suasana agamis dan sarana baik pengajar maupun gedung-gedungnya mendukung untuk perkulihan
12 Desember 2019 11:55
Twin Tower adalah gedung megah yang menjadi ciri khas universitas islam negeri satu satunya di surabaya ini. Kampus yang berada di pinggir jalan Ahmad yani ini telah berakredikasi A.
07 Desember 2019 7:37
Kepada bapak keamanan kampus tolong kebiasaan para mahasiswa yg parkir sembarangan menjadi perhatian
01 Desember 2019 2:44
Kampus puanassss, sya blum melihat kontribusi UKM Mapalsa yg katanya cinta alam tp kampus sndiri belum dirawat. Tlong ajuin proposal ke rektorat biar ad pnghijauan kampus, kagak nyaman tau klo bljr d luar kmpus soalnya kgk ad yg adem. Contoh UPN jatim, unesa, uner dong
12 November 2019 16:27
Recommended university to pursue your bachelor degree as well as master degree. It provides islamic major too
12 Oktober 2019 5:17
Kompleks Kampus yang cukup luas, One Gate Entry, Parking area juga luas, Fasilitas Masjid yang Luas dan Asri Adem, Dosen2 dan Pegawainya Ramah2, hanya saja parkiran Mobilnya Outdoor walaupun luas.
09 Oktober 2019 5:24
Universitas Islam Negeri
Sunan Ampel.parkir luas, Masjid besar,
Kuliah disini keuntungannya ganda. Dunia dapat Akhirat dapat.
03 Oktober 2019 5:52
Pengembangan kampus ini terlihat nyata dari tahun ke tahun baik dari segi fisik maupun non fisik. Secara fisik, kampus yang menggunakan salah satu nama wali songo ini memiliki gedung-gedung baru yang besar dan terlihat megah. Dari depan, Gedung Rektorat yang bergaya ala menara kembar Petronas Malaysia mencuri perhatian para pengguna jalan depan kampus. Pada beberapa lokasi di dalam kampus juga terlihat beberapa pembangunan gedung tinggi yang sedang berjalan.

Selain itu, pembangunan fisik kampus ini juga tidak hanya terpusat di kampus utama. Dalam rangka meningkatkan pendapatan, kampus yang berstatus BLU ini juga telah memiliki hotel yang berlokasi di jalan menuju Bandara Juanda Surabaya. Tentu, lokasi hotel ini strategis karena berdekatan dengan bandara. Meskipun demikian, kampus ini tetap mempertahankan bangunan yang menjadi ciri khas dan bersejarah. Salah satu yang terlihat tidak berubah adalah bangunan masjid kampus dengan menaranya.

Sedangkan pada aspek non fisik, penguatan kelembagaan kampus ini dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang dicapai. Salah satu yang menjadi tolak ukur reputasi sebuah perguruan tinggi adalah nilai akreditasinya. Satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Surabaya ini saat ini berhasil meraih nilai akreditasi A dari BAN-PT. Bertambahnya jumlah guru besar dan jumlah dosen dengan gelar akademik S-3 juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Perlu diketahui bahwa universitas yang dulu bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel ini saat ini menyelenggarakan pendidikan program Sarjana (S. 1) dan Pascasarjana (S. 2 & S. 3) yang tersebar dalam berbagai disiplin ilmu di sembilan fakultas yang ada.
03 Oktober 2019 2:05
Sistem akademik yang buruk! Buruk, buruk dan buruk! Perlu perbaikan sistem, dan perbaikan pegawai akademik agar tidak merepotkan Mahasiswanya!
29 September 2019 19:25
Alhamdulillah berkah
Mohon perhatian dari pihak UIN untuk menambah fasilitas parkir yang memadai agar tidak ada lagi sepeda motor atau mobil yang terlantar: (

Juga kembali menyediakan fasilitas toilet/kamar mandi di tiap fakultas, khusunya Fakultas dengan bangunan lama:)
Menambah tempat khusus untuk berwudhu bagi mahasiswinya:)

Menyediakan gazebo atau setidaknya tempat untuk mahasiswa agar bisa memakan bekalnya tanpa harus terlihat terlantar:)
Makan di Kantin juga penuh dan sesak. Makan di kelas bisa menyebabkan keadaan kelas tidak kondusif:)
Tidak boleh makan dimasjid karena alasan tempat ibadah. Maka mohon perhatiannya untuk menambahkan fasilitas Gazebo seperti yang ada di depan perpustakaan UIN: (

Besar harapan saya agar pihak UIN mau memperbaiki dan membuat UIN menjadi lebih baik lagi:)

Wassalamualaikum
06 September 2019 6:57
Kampus bersejarah, yang berada di lokasi yang sangat strategis, punya area yang sangat luas.akhir-akhir ini berbenah dengan pembangunan khususnya setelah menjadi universitas, UIN makin menunjukkan kelasnya sebagai salah satu kampus yang ga bisa dipandang sebelah mata
05 Juni 2019 13:45
IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Kampus Islam negeri di Surabaya, lokasinya strategis di jalan raya Ahmad Yani, kampus dengan jurusan umum dan keagamaan. …
11 Januari 2019 2:37
Pada akhir dekade 1950, beberapa tokoh masyarakat Muslim Jawa Timur mengajukan gagasan untuk mendirikan perguruan tinggi agama Islam yang bernaung pada Departemen Agama. Untuk mewujudkan gagasan tersebut, mereka menyelenggarakan pertemuan di Jombang pada tahun 1961. Dalam pertemuan itu, Profesor Soenarjo, yang pada masa selanjutnya menjadi rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, hadir sebagai narasumber untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran yang diperlukan sebagai landasan berdirinya perguruan tinggi yang dibahas. Dalam sesi akhir pertemuan bersejarah tersebut, forum mengesahkan beberapa keputusan penting yaitu:

(1) Membentuk Panitia Perintis IAIN

(2) Mendirikan Fakultas Syariah di Surabaya,

(3) Mendirikan Fakultas Tarbiyah di Malang.

Pada tanggal 9 Oktober 1961, dibentuk Yayasan Badan Wakaf Kesejahteraan Fakultas Syariah dan Fakultas Tarbiyah yang menyusun rencana kerja sebagai berikut:

Mengadakan persiapan pendirian IAIN Sunan Ampel yang terdiri dari Fakultas Syariah di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah di Malang.
Menyediakan tanah untuk pembangunan Kampus IAIN seluas 8 hektar di Jalan A. Yani No. 117 Surabaya.
Menyediakan rumah dinas bagi para Guru Besar.

Pada tanggal 28 Oktober 1961, Menteri Agama menerbitkan SK No. 17/1961, untuk mengesahkan pendirian Fakultas Syariah di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah di Malang. Kemudian pada tanggal 1 Oktober 1964, Fakultas Ushuluddin di Kediri diresmikan berdasarkan SK Menteri Agama No. 66/1964.

Dari 3 (tiga) fakultas tersebut, Menteri Agama menerbitkan SK Nomor 20/1965 tentang Pendirian IAIN Sunan Ampel yang berkedudukan di Surabaya, seperti dijelaskan di atas. Sejarah mencatat bahwa tanpa memerlukan waktu lama, IAIN Sunan Ampel ternyata mampu berkembang dengan pesat. Dalam rentang waktu antara 1966-1970, IAIN Sunan Ampel telah memiliki 18 (delapan belas) fakultas yang tersebar di 3 (tiga) provinsi: Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Akan tetapi, ketika akreditasi fakultas di lingkungan IAIN diterapkan, 5 (lima) dari 18 (delapan belas) fakultas tersebut ditutup untuk digabungkan ke fakultas lain yang terakreditasi dan berdekatan lokasi. Selanjutnya dengan adanya peraturan pemerintah nomor 33 tahun 1985, Fakultas Tarbiyah Samarinda dipisah dan diserahkan pengelolaannya ke IAIN Antasari Banjarmasin. Selain itu, fakultas Tarbiyah Bojonegoro dipindahkan ke Surabaya dan statusnya berubah menjadi fakultas Tarbiyah IAIN Surabaya. Dalam pertumbuhan selanjutnya, IAIN Sunan Ampel memiliki 12 (dua belas) fakultas yang tersebar di seluruh Jawa Timur dan 1 (satu) fakultas di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kini, IAIN Sunan Ampel terkonsentrasi pada 5 (lima) fakultas induk yang berlokasi di Surabaya.

Sejak tanggal 1 Oktober 2013, IAIN Sunan Ampel berubah nama menjadi UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 65 Tahun 2013.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: