03 Januari 2024 10:44
Salah satu jalur pendakian Sembalun 7 Summit yang aman dan relatif mudah untuk dinaiki, view Gunung Rinjanj, Lembah Sembalun dan Sambelia yang menakjubkan bisa disaksikan dari atas, jarak tempuh juga tidak terlalu lama sekitar 2,5 - 3 jam untuk pendaki pemula

-Terdapat fasilitas hiburan seperti
- Ayunan sebagai salah satu spot keren untuk foto,
- Ada tugu Sevent Summit
- AdaSunrise Point
- Ada mata air
- Ada hutan cemara
- Ada banyak sapi dipagi hari

Untuk tektokan (naik langsung turun) bisa ditempuh dalam waktu sekitar 7 jam kl untuk runner mungkin 5 jam
13 November 2023 20:05
Salah satu bukit yang terkenal di daerah Sembalun, Kawasan Gunung Rinjani. Dari desa Sembalun, kita harus mendaki sekitar 1.000 meter. Jalanan yang dilalui pun agak terjal. Cocok buat Anda yang suka dengan tantangan. Perjalanan mendaki bukit ini sekitar 2 - 3 jam. Di sini Kita dapat bermalam (camping), sambil menunggu Sunrise
15 Oktober 2023 23:24
We did not reach the top because from the first camp you can see beautiful views of the volcano, rice fields. The initial climb is demanding if it is very hot, of medium difficulty, since there are very slippery sandy parts. Still, it is worth going up, especially at dawn since in the afternoon there is a greater chance of finding Rinjani covered by clouds. No guide is needed, in fact the path even appears on Street View.
09 Oktober 2023 1:44
25.000 idr entry fees.with 5.000 idr parking fees. Pretty high up but only takes 1 - 2 hours depends on how fit you are. Don’t forget to bring a bottle of water with you. Great view.
*be aware of the monkeys.
15 September 2023 10:29
Kesasar waktu pulang dari puncak menuju camp 1, udah lelah banget, tapi gaktau kenapa pas jalan pulang energi penuh semangat jalan cepat seperti lari dan tidak ada obrolan dengan teman saya, diem dieman, ternyata saya meninggalkan teman saya, saya terus berjalan cepat dan jalan sudah terperosok jauh ke bawah, setelah sadar kesasar, saya langsung lari menuju tempat yang lebih tinggi dengan jalan membelah rumput liar yang sudah setinggi saya, sempat jatuh kacamata terbentur sampai buram, di lap tetap buram, ada 3 monyet hitam sedang ayunan di atas pohon, mau teriak takut habis suara, setelah 30 menitan kesasar dan merasa sudah agak naik ke yang lebih tinggi baru teriak minta tolong dan manggil manggil teman, akhirnya ketemu juga dengan teman saya dan ternyata sudah dekat dari camp 1 kira kira 3 menitan lagi.alhamdulillah.waktu belum sadar kesasar saya merasa jalan sudah benar karena ada jalan setapak dan tai sapi, tapi yasudah namanya juga kesasar.sangat berkesan, semoga tidak linglung lagi, mungkin efek cape hehehe maka penting tetap ngobrol sama teman selama mendaki.tidak ada petunjuk jalan juga selama pendakian, semoga pengelola memberi tanda tanda dari camp 1 menuju puncak.
04 September 2023 11:14
Salah satu bukit yang indah untuk memandang sembalun dan gunung rinjani. Perkiraan naik sekitar 2-3 jam. Trek nya susah di awal, setelahnya gak terlalu susah. Rekomendasi sih buat kamu yang masih awal2 ngajakin gunung/bukit, bisa ke bukit pergasingan.
16 Agustus 2023 10:08
The first half of the trail is basically rock climbing and quite dangerous. Coming down is very hard. It would have been more enjoyable if the whole entire time up and down there wasn't 6 different (we counted) mosques blasting music. A nice peaceful hike ruined in my opinion with 2 hours of mosque music which you cannot avoid. We climbed down after half way because of this and left. The views are amazing but I'm not sure it's worth the rock climbing and music.
06 Mei 2023 2:56
Really nice walk. Shame that people spending the night at the top don't respect the place and let their rubbish behind
01 April 2023 22:52
Great hike! Very steep in the beginning. Some nice views on the way. Takes around 2h to the top
23 Maret 2023 2:04
Beautiful sunset and sunrise from the top. Not that cold but bring some worm clothes and long trousers if you spent the night. A guide is actually not required but is recommended. Bring some food and water, although there is a fresh water spring from where you can refill.
27 Oktober 2022 9:58
Sembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83656
14 Oktober 2022 20:13
We were warned that a lot of people hiked the hill and stayed overnight during the weekends.

We climbed the hill on a Tuesday afternoon and were lucky enough to be only 2 tents on the hilltop.

We witnessed the most beautiful sunset in Indonesia here with a view of the neighbouring hills, Mount Rimjani and the ocean.
02 Agustus 2022 23:22
Yg berkunjung ke gunung rinjani tp tidak bisa trking ke rinjani, bisa nyobain ke bukit pergangsingan.kalian akan di manjakan oleh pemandangan yg indah sekali dan di buat betah untuk menikmatinya.
24 Juli 2022 10:46
Amazing view for easy journey.
But some people are terrible… camping totally in trash.
Please don’t hesitate to pick up a small part of garbage even if it is not yours
11 Juli 2022 0:06
Bukit Pergasingan Sembalun Lotim tempat yang baik dan bagus untuk pendaki pemula.
#Jangan Lupa Sampahnya Bawa Turun ya.
Mari jaga tempat wisata lombok
16 Juni 2022 21:20
Satu kata keren abis deh, salah satu dr seven summit destination dr gunung rinjani. Amazing view, setelah sampai puncak
29 Maret 2022 0:48
Still the best hill for sunrise in Sembalun. Medium difficulties trek, relatively short. Only take an hour to get to the camping ground.
21 Februari 2022 0:28
Pergasingan, Sembalun Lombok Timur

Tempat wisata di Lombok kian hari makin banyak dikenal orang. Makin banyak pula wisata baru di lombok bermunculan. Selain Desa Sade yang merupakan desa wisata Lombok, yang satunya adalah Bukit Pergasingan, salah satu bukit keren di Lombok yang memiliki pemandangan begitu indah. Jadi tidak hanya Pantai Pink di Lombok saja yang bisa kamu kunjungi!

Bukit Pergasingan yang ada di Lombok ini memang menawan. Apalagi biasanya bukit keren yang satu ini dimanfaatkan sebagai salah satu tempat pemanasan sebelum naik ke Gunung Rinjani. Atau bisa juga sebagai alternatif pendakian jika misalnya jalur pendakian Gunung Rinjani sedang ditutup.

Memang dari bukit dengan ketinggian 1700 mdpl ini, Gunung Rinjani terlihat kokoh berada di dekatnya. Jadi, untuk yang belum bisa naik ke Gunung Rinjani, mendaki bukit pergasingan bisa menjadi obat yang ampuh sebelum merengkuh puncak rinjani yang sebenarnya.

Bukit Pergasingan ini letaknya tak jauh dari Gunung Rinnjani, tepatnya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika kalian ingin menuju kebukit ini, waktu yang ditempuh untuk menuju Desa Sembalun dari Kota Mataram sendiri bisa ditempuh selama sekitar 2-3 jam.

Sesampainya disana, kalian akan disambut tulisan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan”. Tak berapa lama dari pintu masuk tadi, baru titik pendakian ke Bukit Pergasingan dimulai.

Pendakian tak sesulit seperti pendakian di gunung, meskipun kalian harus tetap berhati-hati ketika naik. Menuju puncak bukit, kalian akan dimudahkan dengan keberadaan anak tangga yang berjumlah ratusan buah, baru kemudian mendaki melewati jalur tanah berbatu. Berhati-hatilah, karena jalur dengan kemiringan berkisar 60-70 derajat akan menyambut kalian dengan penuh tantangan.

O iya, Dari Desa Sembalun Lawang, kalian bisa menuju pintu rimba dengan berjalan kaki atau bisa juga menggunakan ojek motor. Alternatifnya kalian bisa menyewa mobil pickup dari penduduk setempat. Pun akan lebih gampang jika kalian membawa kendaraan pribadi.

Untuk memulai petualangan di Bukit Pergasingan, kalian nanti harus membayar tiket masuk sebesar IDR 15.000 kepada pengelola Bukit Pergasingan. Tiketnya nggak terlalu mahal, apalagi hasil dari penjualan tiket akan digunakan dengan bermanfaat.

Pengelola wisata baru di Lombok ini adalah para pemuda setempat yang tergabung dalam Sembalun Development Community Centre (SCDC). Nantinya uang tiket kalian akan dipergunakan dengan bijak untuk menjaga kelestarian bukit agar tetap terawat.
31 Januari 2022 2:16
Wisata alam bukit pergasingan panorama alam yang sangat indah memadukan perbukitan dan persawahan yg di mana terdapat warna warni yg indah
15 Juli 2021 12:15
Ayok yang mau naik ajak teman" Yang suka nginep di bukit pergasingan dan Rasakan keseruannya sama teman"kalian semua
05 Juli 2021 1:59
Rekomendasi buat teman2 yang ingin menikmati.indahnya puncak rinjani, sunset, sunrise.dan pemandangan di atas awan.
Tapi saran buat petugas dan pengelola.
Bukit Pergasingan mempunyai mata air yang berada di sebelah barat bukit.dari pada air sia2 lebih baik di taruhkan wadah.atau sejenisnya biar airnya bisa di minum/dimanfaatkan oleh pengunjung.
Terrimakasih
#Salamketinggian
29 Juni 2021 18:57
Bukit pergasingan 1700 mdpl

Bukit Pergasingan Lombok dikelilingi megahnya Gunung Rinjani. Pemandangannya masih sangat hijau ditambah dengan petak-petak sawah warga Desa Sembalun yang terlihat berwarna-warni jika dilihat dari atas ketinggian. Alamnya yang masih hijau dan asri tentu memiliki udara yang sejuk khas pegunungan.

Bukit ini dapat didaki dengan waktu pendakian normal sekitar 2,5 jam. Bukit pergasingan ini, hingga kini terkenal sebagai tempat latihan mendaki sebelum pendakian di Gunung Rinjani.

Selain mengagumi keindahan alam yang masih hijau, Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan, seperti camping. Sembari menanti sunrise maupun sunset dibalik hamparan pegunungan di depan bukit, Anda dapat melakukan kegiatan camping. Tempat yang masih sangat sejuk dan alami sangat cocok untuk kegiatan alam ini.

Wisata alam ini berlokasi di Desa Sembalun, Lawang, Lombok Timur. Drai pusat Kota Mataram bisa dicapai dengan kendaraan bermotor kurang lebih 3 jam. Perjalanan Anda akan terasa aman dan nyaman sebab jalanan sudah beraspal dan sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan hijau yang asri. Untuk dapat menikmati keindahan Bukit Pergasingan Lombok, Anda hanya perlu membayar Rp. 10.000 saja.
22 Juni 2021 17:05
Another beautiful place next to Mount Rinjani in Sembalun village.the track quite stiff took 2 - 3 hours to get there.me & my 3 boys start at 4pm, we saw beautiful sunset during the hiking before get to the summit.we were there on friday, there is local guy with his family selling water and some snack.the make bon fire my kids bring marshmallows and grill it with the local kids.the sunrise is fantastic.you need to climb little bit further to the cliff to see sunrise.i love the valley view.you can see gili gede from there.and from the camping ground you can see Mount Rinjani.i open my tent and Mount Rinjani right in front of my tent.what a great outdoor activity for my boys.memorable adventures for them.
23 Februari 2020 13:29
Bukit Pergasingan terletak di Sembalun, Lombok Timur. Berada di tengah-tengah pusat wisata Sembalun, yang tidak jauh dari area penginapan, pos Kehutanan/pos pendakian Gunung Rinjani, Pusa kebun strawbery, dll.

Mengunjungi lokasi ini cukup mudah, akses yang jelas, jalur treckingnya juga jelas, jadi, tanpa pemandu pun masih bisa untuk ke Bukit ini, (namun tetap, bagi yang belum pernah ke Lokasi ini, atau tidak memiliki pengalaman trecking/naik gunung, sangat disarankan untuk menggunakan guide/pemandu).

Kelokasi puncak bukit pergasingan ini memakan waktu kurang lebih 2-3 jam (jika tidak membawa barang terlalu berat/membawa barang dengan menggunakan jasa Porter).

Medan yang dilalui cukup menantang untuk puncak pertama, dengan kemiringan yang lumayan menguras tenaga. Tapi setelah puncak pertama (puncak pertama +/- 30% jalur keseluruhan) cukup mudah dan landai.

Diatas sini luar biasa indahnya, terutama diwaktu Matahari tenggelam dan matahari Terbit.
Jadi, dari deskripsi, sangat disarankan untuk berkemah ya, walaupun trecking bolak-balik sangat mungkin dilakukan, tapi untuk sensasi dan keindahan berfoto ria, berkemah lebih direkomendasikan.
17 Februari 2020 16:27
Bukit dengan pemandangan cantik yang ada di Lombok. Dengan latar belakang persawahan, gunung Rinjani, dan perkampungan penduduk lokal. Indah sekali. Untuk menuju ke sini, membutuhkan usaha yang agak berat, dikarenakan jalur yang amat terjal. Tapi semua itu terbayarkan dengan keindahan yanh di dapat. So Amazing!
16 Februari 2020 18:20
Wow.super Bloody Emeziiing
Perjalanan ke salah satu tempat yang terkenal ini sempat viral pada zamannya sampai sekarang slalu rame pengunjung tak tanggung tanggung Slesei Bulan puasa tepatnya 1/2 hari tempat ini sangat rame di kunjungi oleh para pengejar foto terbaik buat Facebook, Instagram dn media sosial lainyya.
Jalan yg menanjak melelahkan bagi anak Manja yg tak pernah keluar rumah.
Tapi super seru bagi para pecinta alam dan lingkunagn, saran sy sih slalu Safety First ya untuk ke tempat ini.
24 Januari 2020 20:54
Haii treveler.bukit yang satu ini layak banget buat kamu yang hobi haking atau naik gunung pemandangnya itu keren banget kamu bisa liat sunshet dan sunrise di satu tempat guys.
Tempatnya itu di kab.lombok utara desa sembalun lombok selain kamu bisa menikmati keindahan gunung rinjani kamu juga bisa melihat gugusan bukit-bukit sekitarnya kamu juga bisa menikmati indahnya berdiri di atas awan dan melihat keindahan kota sembalun dari atasnya
Pokonya tempatnya itu keren banget kamu bisa mendaki cuku 1 jam utuk pemula guys tiket itu cuman 15/orang dan 10rb untuk parkir yukk mari kita rayain akhir tahun ini barengan ke sana guyss.
05 Desember 2019 18:40
The trail to the peak was definitely not the easiest one because of its sandy/dusty and steep nature. But the view overlooking the entire Sembalun made everything well-worth your time, energy and effort. Wear good shoes!

Our team really enjoyed ourselves watching sunset. Don't miss visiting Sembalun village after the hike.
13 November 2019 14:52
Bukit dengan ketinggian 1700 MDpl yg berada di Kecamatan Sembalun, Lombok timur. Dapat di tempuh dari Lombok Utara maupun Lombok Tengah n Kota Mataram
Jarak dari masing2 jalur -+ 3-4 jam dgn Seda Motor.
Lama pendakian 3-4 Jam.
25 Oktober 2019 13:07
Beautiful hike, little scary in the beginning but really not too challenging. It's easy to find a guide in town
23 Oktober 2019 22:54
Tak sedikit orang beruntung jika anda sala satu orang beruntung mendapakan view bagus. Bersyukur lah karena kami kemarin banyak kabut. Dan pengalaman itu masih membuatku penasaran dengan pergasingan. Jika ada waktu lagi aku akan kembali. Pergasingan wait me.
12 Oktober 2019 8:11
Tempat ini ga cuma bagus pas sudah nyampe di puncak aja. Bahkan sepanjang perjalanan mata bakal dimanjain view yang kece badai deh. Bisa 24 Jam main ke sini, bayar cuma 10k. Hiking bs sampe 2 jam, tergantung endurance ya. Kalo gw mah, satu jam aja ckup, ga kuat sampe atas wkwkw.
30 September 2019 4:34
Bukit indah yang terletak di Sembalun. Tempat terbaik melihat matahari terbit harus melewati hutan cemara. Sangat disarankan bermalam atau naik pukul 3 dini hari. Pemandangannya keren banget
02 September 2019 6:38
It's still possible to get through the bamboo fence, there is a small hole on the left hand side with no barbed wire. Not sure why it's blocked off, maybe for a reason. Views from the top were very good. Watch out for wild pigs that live on the hill.
31 Agustus 2019 11:21
Kali ini aku datang lagi, dengan raga yang sama, ketempat yang sama tetapi dgn mendapatkan edukasi yang berbeda
09 Agustus 2019 11:14
Super duper cantik. Ketinggiannya pas untuk melihat Sembalun dan sekitarnya, difoto pun petak petak sawah terliat lebih nyata dibanding dari lokasi yang lebih tinggi.
Melalui jalur baru. Di pertigaan belok kiri, bukan belok kanan. Tidak melalui jembatan cinta.
Melalui tengah parit. Kalo hujan bisa nyemplung sepatu. Hati-hati di bagian ini. Ada beberapa bagian hanya berupa tanah yang agak licin dan harus ada tempat berpegangan terutama saat turun.
Anak muda bisa mendaki kira-kira 1,5 jam. Untuk yang gak kuat antara 2,5 - 3 jam. Ini ditambah kebanyakan stop untuk menikmati pemandangan. Pingin foto di spot yang ada pohonnya, sayang pohonnya terlalu tinggi. Perlu perjuangan extra.
Bawa air yang cukup bila ke sini. Ada mata air tapi cukup bawah kalo akan dicari.
Pemandangan dari puncak indah. Tapi yang malas naik, nikmati di punggungan udah super cantik.
Lokasi camping gak super luas. Kebanyang sesaknya lokasi ini kalo sedang ramai. Kaya sarden pasti.
Yang gak mau menginap, bisa pergi pulang di hari yang sama. FYI, pemandangan yang cakep itu waktu sun set dan sun rise.
Setelah sun set lampu-lampu di Sembalun serasa melihat bintang-bintang di langit.
Buktikan sendiri keindahannya yang membuat kami tersihir.
31 Juli 2019 12:42
Tempat yang sangat keren dengan view sunset dan Gunung Rinjani.

Jarak tempuh mendaki dari gerbang hingga puncaknya sekitar 3 jam, di puncak atw tempat camp terdapat sumber mata air yg dapat diminum. Area camp juga luas.

Selamat datang di Lombok dan selamat menikmati, jgn lupa selalu tertib dan tetap lestari.
10 Juli 2019 4:19
Bukit yang terletak di Sembalun ini.miliki view yang keceee abiss.

Rinjani terlihat gagah di depannya.
Naiknya pun tak lama.cukup 2 jam saja.

Memang sih treknya agak curam.tapi bisa kok buat di naikin.

Yuk yuk ke Sembalun lagi
27 Juni 2019 18:03
Difficult to access. There is a large bamboo and barbed wire wall built up in front of the entrance. We went here to hike early in the morning for sunrise and were unable to cross this new wall. Our homestay owner knew we were doing the hike but didn't tell us about the wall. The next morning he said that we should have gone through a hole in it, but we didn't.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: