07 November 2023 0:45
Went there at the end of the afternoon. Lots of people were already there and it felt a bit awkward for foreigners as everybody was looking at us. Seems like men and women don't bathe at the same spot of the pool. The water was warm and it felt good after hiking and driving. Unfortunately, some people come here to do their laundry, but the place seems like a nice spot for sunset and to relax. It's free, there is no fee.
19 Agustus 2023 15:32
Great beuty full place and in some pool good for swim.they also have jepan cave ther.i just go this place whit jepan investor also owner partner.good day be blessed
15 Juli 2023 0:03
First time I ever been here was when I took some tourists from Switzerland & Germany who wanted to see the place. I was so embarassed with the condition of the road & the piles of trash by the roadside.
31 Desember 2022 20:48
Jika datang ke langowan wajib singgah di ranolewo.banyak spot foto bagus dan bisa mandi air belerang yang bagus untuk kulit
26 Desember 2022 12:52
Far too hot and very hard to get to. Especially alone. Better off to pour hot water in your bathtub at home. Very smelly sulfur stays in clothes for very long time
14 Agustus 2021 22:12
Terdapat 2 kolam air panas yang berbeda warna. Kolam warna hijau bisa digunakan untuk mandi sedangkan kolam yang warna biru tidak
Pengelolaan kawasan ini tidak dilakukan secara maksimal dan berkala, ini dapat terlihat dari ketersediaan papan informasi, kondisi sekitar, dan lain-lain
04 Agustus 2021 8:50
Sebuah telaga kecil dengan pemandangan warna air yang menakjubkan dengan lingkungan alam yg indah namun membawa kesan mistis dg penghuni seekor laba2 yg tergolong besar di dekat telaga yg dikenal orang dengan Rano Lewo. *Rano* = air (water), dan *Lewo* = jahat, menakutkan (night mare)
24 Juli 2021 18:24
I went to this place in late August and to get here is impossible with public transportation. It is located in Toraget, Langowan. There is no entry fee and this place is a natural hot water spring. The spring has 3 locations side by side and I do not recommend anyone to swim in this place. But you can take tons of beautiful photos. This place is quite secluded from the settlements and you can find the tranquility here. The water itself is warm and sometimes gets hotter. It has emerald color because of the sulfur. I recommend to come here around 4-5.30 pm. You can get nice silhouette and the steam appeared more frequently. Just bring your best gadget for the photos.
25 Juni 2021 15:05
Kolam air panas alami dengan warna hijau zamrud yang memanjakan mata.tersedia pula tempat mandi pria/wanita (terpisah)

Cek foto tempat memukau yang ada di sulawesi utara lainnya di instagram saya
Follow me on instagram: @rouldy_endy
24 Juni 2021 14:00
Danau nya oke sih menurutq, pemandangan nya juga masih natural sekali karna masih sunyi dan jarang ada pengunjung mungkin karna belum dilestarikan oleh dinas pariwisata. Jadi menurutq danau nya masih sangat alami dan keindahan nya natural.
23 Juni 2021 15:24
Danau kecil berwarna biru dan hijau dengan air panas alami dan memiliki panorama/ pemandangan alam yang sangat luar biasa. Amazing
02 Maret 2020 9:11
Funny little place. One very hot pool surrounded by a farm. Just beside it is a small natural pool that you can swim in. No changerooms, no washrooms.just a very natural setting.
22 Desember 2019 7:39
Tempat wisata yg masih asri.enak nyaman.apa lagi ada pemandian air angat nyaa.tapi buat yg mau mandi harus hati2 eee soal nya sudah banyak menelan korban.masuk masih gratis guysss
12 Desember 2019 2:39
Akses jalan sudah cukup baik,
tapi disini cuma tersedia tempat pemandian air panas (sulfur).
tidak ada cafetaria.tempat yang cocok untuk foto-foto.
25 Agustus 2019 21:15
Bagus tempatnya, tapi lebih bagus kalau ada pengelolanya dari pribadi, masyarakat ataupun pemerintah.
Agar supaya bisa di buatkan tempat~tempat duduk ataupun pondok".
24 Agustus 2019 0:48
Telaga air panas di pinggir sawah dengan landsacpe yang bagus tapi lokasinya kurang terawat & msh ada sampah pelastik di tepi telaga.
12 Agustus 2019 10:13
Masih sangat perlu perhatian untuk segera di perbagus lokasi danau dan sekitarnya, misalnya tempat duduk buat pengunjung, tempat MCK, juga akses jalan menuju lokasi danau.
Lokasinya masih berbaur dengan area persawahan warga.
Pemkab Minahasa melalui dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan terus mempromosikan dan mempercantik lokasi danau Ranolewo, yang merupakan danau air panas yang mengandung belerang. Ketika saya berkunjung ke danau ini 10 Juli 2019, tempatnya masih alami dan belum ada sentuhan2 untuk diperbagus dari pihak terkait.
05 Agustus 2019 2:53
Good place, there are tree lake, the first lake with blue colour the second green colour and the third grey colour. The blue lake is very hot we can't swim there, the second lake you can swim there the third can't swim becouse the sulfur density very high.
28 Juni 2019 1:46
Tempat wisata Ranolewo ini terletak didesa Toraget Kecamatan Langowan.
Tempat ini sungguh memiliki pesona yang sangat luar biasa dikarenakan memiliki warna air yang biasa berubah.

Ranolewo memiliki arti yaitu:
Rano: air
Lewo: jahat
Jadi arti dari Ranolewo: Air Jahat

Mesikipun artinya "Air jahat" tapi bukan berati jahat seperti pada umumnya.
Mengapa dinamakan "Ranolewo"?
Menurut sejarah, tempat ini dulunya adalah tempat pemandian para pejuang seusai berperang. Itulah sebabnya mengapa tempat ini dinamakan Ranolewo.

Bagi teman2 yang ingin menikmati keindahan tempat ini, silahkan langsung datang dan kunjungi desa Toraget.

Dan ingat.
Tinggalkan saja jejak dan jangan meninggalkan sampah yang bisa merusak keindahan alam ini, karna ini adalah aset berharga untuk anak cucu kita kelak.
09 Juni 2019 23:18
Danau ini merupakan danau air panas, ada 2 danau yang bersebelahan dengan warna yang berbeda. Pemandangan disini tambah menyejukkan karena berada dekat dengan kebun sawah.
18 Mei 2019 5:46
Lokasi yang sangat indah.masih alami dan udaranya sangat segar.hati hati bagi yang membawa anak kecil karena kolam air panasnya tidak ada pagar jadi jangan sampai terpeleset dan jatuh ke kolam air panasnya.
29 April 2019 6:58
Salah satu tempat wisata yang masih baru yang sangat Bagus Dan perlu di kelola entah pemerintah atau swasta karena danaunya yang unik karena berwarna hijau dan biru dengan airnya yang panas. Meskipun belom tertata dan dikelola dengan baik, alangkah baiknya jangan membuang sampah sembarangan teman kalau kalian mengunjungi tempat ini. Dan sebaiknya berkunjung pada siang hari agar kehijauan dan kebiruan airnya bisa dilihat dengan jelas. Kalau ada yang bilang dan berkomentar tentang tempat ini tidak begitu bagus, berarti anda kurang piknik.
26 April 2019 7:27
Tempatnya lumayan keren, danau dua warna, yg satu biru terus yg satu hijau dengan air panas. Spot foto lumayan bagus2, terus disekelilingnya ada sawah dan pepohonan. Jalan masuk sudah lumayan bagus, sudah bisa dilalui mobil2 city car. Cuma sayang, fasilitasnya masih kurang memadai.
02 Maret 2019 22:48
Tempatnya bagus, harga masuk utk danau yg biru 10rb/org utk yang bisa mandi 5rb/org suasana bagus harga saja tdk ditata dgn baik

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: