29 Agustus 2022 16:41
Gedung Nasional sekarang sudah berubah nama menjadi Gedung Adam Malik
Gedung Serba guna di wilayah Kota Padangsidimpuan
25 Agustus 2022 18:11
Sebelumnya gedung ini namanya adalah Gedung Nasional. Dan digunakan apabila ada acara-acara pemerintahan. Seperti Acara Pameran Pembangunan, Pestival, rapat, pelantikan atau pertemuan-pertemuan organisasi kemasyarakatan dan lainnya.
Saat ini pemamfaatannya semakin terbuka untuk umum, bisa di sewa untuk acara Resepsi Pernikahan yg sebelumnya tidak pernah kita saksikan. Bahkan akhir-akhir ini semakin treen penggunaannya untuk itu.
Bagi saya sendiri, Gedung Nasional / Gedung H. Adam Malik ini dalam catatan dan ingatan saya. Satu peristiwa horor pernah terjadi di gedung ini. Sekitar tahun 1984 atau ketika itu saya masih duduk di kelas I SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Waktu itu ada Pemeran Pembangunan Daerah Tapsel dilaksanakan di gedung itu.
Aneka Stand dari berbagai kantor atau lembaga saling memamerkan yang berhubungan dengan orientasi dan kinerja mereka.
Saya perhatikan dari sekian Stand di gedung itu, Stand TNI yang paling rame di singgahi oleh anak muda.mungkin itu karena antusias anak muda untuk bisa menjadi anggota TNI cukup tinggi sehingga wajarlah Mereka mencari informasi, bisikku dalam hati. Apalagi daya pikat stand TNI waktu itu saya lihat di pamerkan juga jenis senjata yang biasa di gunakan oleh TNI. Seperti pistol, granat, dan lain-lain.
Tiga hari setelah saya kunjungi pameran di gedung itu, senter berita 3 orang pengunjung pameran tewas di gedung tsb. Saya cari tahu apa penyebabnya, ternyata adalah akibat kelalaian pengunjung yang katanya bertanya di stand TNI dan praktek cara penggunaan senjata, di luar dugaan ternyata senjata yang di praktekkan aktif dan berisi peluru. Akibatnya peluru nyasar mengenai pengunjung yang mengakibatkan 3 orang tewas.
Sampai saat ini setiap kali lihat dan melewati gedung itu, maka kisah horor itu akan kembali mengingatkanku.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: