19 Oktober 2023 10:23
Sholat jumaat di Masjid Gedhe Kauman sangat nyaman.sekarang fasilitassarana sdh bagus dan bersih.
18 Oktober 2023 20:14
Lokasinya ada didekat alun2 utara Jogja. Arsitektur masjid Jawa Klasik dan masih berdiri kokoh nan cantik, suka sekali dg arsitektur masjidnya yg unik dan beda dari masji2 pada umumnya.
18 Oktober 2023 17:42
Masyaa Allah sm mesjid ini. Baru dibuka jam 10 pagi. Tp stelah penjaga tau kami musafir, lgsg diarahkan ke pintu kecil khusus kru mesjid.samping mesjid ada SD muhamadiyah, yg santrinya disambut 2 org bu guru didpn gangnya (kami sj merasa hangat, apalagi anak2 itu) alasan dibuka jam 10 selain krn waktu pembersihan juga krn sblm jam 10 aula dipakai utk seluruh anak SD utk duha+pembinaan rohani.masuk mesjid lgsg ditegur dan Disambut sangat hangat oleh mas pur, dipersilahkan istirahat seluangnya, mandi, dll.bahkan kami bs jemur baju sampai kering.motor ditaruh diparkiran mesjid yg aman sampai kami selesai berkeliling kraton dg jln kaki.
12 Oktober 2023 12:12
Menghabiskan waktu petang disini hingga shalat Maghrib berjamaah disini seperti ditarik ke masa lalu. Bangunan yang kokoh bersejarah serta lantunan ayat suci Al Qur'an yang indah dibacakan oleh Qori, menambah khusyuk shalat Maghrib berjamaah pada petang hari yang sangat indah itu
06 September 2023 5:54
Request dari saya untuk Masjid Gedhe Kauman antara lain:

TERCEPAT REKOR DUNIA
TAHAJJUD KILAT
CERAMAH KILAT
JUMATAN KILAT
KHUTBAH KILAT
GERAKAN KILAT
MAGHRIB KILAT
TARAWIH KILAT
EXPRESS KILAT
BACAAN KILAT
DZUHUR KILAT
IQOMAH KILAT
KULTUM KILAT
SHOLAT KILAT
ASHAR KILAT
ADZAN KILAT
SUBUH KILAT
WITIR KILAT
BILAL KILAT
ISYA KILAT
DOA KILAT

Kecepatan Muadzin & Kecepatan Imam:

DI ATAS RATA-RATA
REKOR DUNIA
SPRINTER
SPRINT
TINGGI
TURBO
TOP
5G
4G

Gerakan & Bacaan:

WAZ WUZ WAZ WUZ
SAT SET SAT SET
WAZ WUZ
FRONTAL
CEKATAN
BAR BAR
AGRESIF
NGEBUT
SAT SET
GERCEP
1 DETIK
0 DETIK
GESIT
KILAT
BUAS
LIAR

Tempo & Durasi:

AMAT SANGAT CEPAT
SUPER DUPER CEPAT
SUPER DUPER KILAT
SEMAKIN CEPAT
TERLALU CEPAT
SECEPAT KILAT
SANGAT CEPAT
PALING CEPAT
SUPER CEPAT
SUPER KILAT
AMAT CEPAT
TERCEPAT
EXPRESS
NGEBUT
CEPAT
KILAT

Selesai Sholat Tarawih:

KURANG DARI JAM 8
DI BAWAH JAM 8
SEBELUM JAM 8

Selesai Sholat 5 Waktu:

KURANG DARI 5 MENIT
KURANG DARI 4 MENIT
KURANG DARI 3 MENIT
KURANG DARI 2 MENIT
KURANG DARI 1 MENIT
DI BAWAH 3 MENIT
DI BAWAH 2 MENIT
DI BAWAH 1 MENIT

Selesai Sholat Jumat:

KURANG DARI 3 MENIT
KURANG DARI 2 MENIT
KURANG DARI 1 MENIT
DI BAWAH 2 MENIT
DI BAWAH 1 MENIT

Irama & Nada:

TERCEPAT
SPRINTER
EXPRESS
NGEBUT
CEPAT
KILAT

Tenaga: KUDA
22 Agustus 2023 21:55
Masjidnya bagus, fasilitas lengkap
Kalau diperatiin bagian utama masjidnya masi berasa sejarahnya
04 November 2021 5:29
Mesjid Gede Kauman (bahasa Jawa: ꦩꦱ꧀ꦗꦶꦢ꧀ꦒꦼꦝꦺ​ꦏꦲꦸꦩ꧀ꦩꦤ꧀ꦏꦫꦠꦺꦴꦤ꧀​ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠ​ꦲꦢꦶꦤꦶꦤꦔꦿꦠ꧀, translit. Masjid Gedhé Kauman Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat) adalah masjid raya Kesultanan Yogyakarta, atau Masjid Besar Yogyakarta, yang terletak di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara

Di depan masjid terdapat sebuah halaman yang ditanami pohon tertentu. Di sebelah utara dan selatan halaman (timur laut dan tenggara bangunan masjid raya) terdapat sebuah bangunan yang agak tinggi yang dinamakan Pagongan. Pagongan di timur laut masjid disebut dengan Pagongan Ler (Pagongan Utara) dan yang berada di tenggara disebut dengan Pagongan Kidul (Pagongan Selatan). Saat upacara Sekaten, Pagongan Ler digunakan untuk menempatkan gamelan sekati Kangjeng Kyai (KK) Naga Wilaga dan Pagongan Kidul untuk gamelan sekati KK Guntur Madu.

Di barat daya Pagongan Kidul terdapat pintu untuk masuk kompleks masjid gede yang digunakan dalam upacara Jejak Bata pada rangkaian acara Sekaten setiap tahun Dal. Selain itu terdapat Pengulon, tempat tinggal resmi kangjeng kyai pengulu di sebelah utara masjid dan pemakaman tua di sebelah barat masjid.
11 Oktober 2021 18:53
Mesjid Gede Kauman (bahasa Jawa: ꦩꦱ꧀ꦗꦶꦢ꧀ꦒꦼꦝꦺ​ꦏꦲꦸꦩ꧀ꦩꦤ꧀ꦏꦫꦠꦺꦴꦤ꧀​ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠ​ꦲꦢꦶꦤꦶꦤꦔꦿꦠ꧀, translit. Masjid Gedhé Kauman Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat) adalah masjid raya Kesultanan Yogyakarta, atau Masjid Besar Yogyakarta, yang terletak di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara Kompleks Mesjid Gede Kauman dikelilingi oleh suatu dinding yang tinggi. Pintu utama kompleks terdapat di sisi timur dengan konstruksi semar tinandu. Arsitektur bangunan induk berbentuk tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga. Untuk masuk ke dalam terdapat pintu utama di sisi timur dan utara. Di sisi dalam bagian barat terdapat mimbar bertingkat tiga yang terbuat dari kayu, mihrab (tempat imam memimpin ibadah), dan sebuah bangunan mirip sangkar yang disebut maksura. Pada zamannya (untuk alasan keamanan) di tempat ini sultan melakukan ibadah. Serambi masjid berbentuk limas persegi panjang terbuka.

Lantai ruang utama dibuat lebih tinggi dari serambi masjid dan lantai serambi sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan halaman masjid. Di sisi utara-timur-selatan serambi terdapat kolam kecil. Pada zaman dahulu kolam ini untuk mencuci kaki orang yang hendak masuk masjid.
29 Juni 2021 20:20
Masjid tua yang terjaga baik kondisi keaslian bangunannya. Salah satu ikon kota Jogyakarta. Masjid ini berada di sisi barat alun alun lor. Lokasinya termasuk kampung Kauman yang terkenal sebagai tempat kediaman Ahmad Dahlan pendiri organisasi Muhammadiyah. Masjid memiliki pendopo yang tiang dan rangka atapnya terbuat dari kayu dengan bentuk khas pendopo istana di Jogyakarta.
28 Juni 2021 22:57
This is a heritage mosque which has unique ornament and design. Legend said that to build the mosque, they used egg white as adhesive between brick. The health protocol also good and has check point on entrance. It commences daily prayer and also Jumat prayer. If using car, it has to be parked outside the complex since the complex gate are quite narrow. Motorcycle would have no problem parking inside complex.
20 Juni 2021 13:15
Lama ga kesini, ksni lagi pas pandemi
Mau sholat tp trnyata masjidnya tutup
Jd note aja nih buat yg pada mau sholat disini usahakan ksni pas d jam masjid yak
Biar ga nunggu diluar gerbang kelamaan
17 Juni 2021 8:47
Masjid Ghede Kauman terletak di sisi barat alun aun Utara, atau tepatnya di sebelah kiri Keraton Jogja yaitu di Kampung Kauman Kelurahan Ngupasan Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta.didirikan di atas tanah 4.000 meter persegi dengan luas bangunan 2.578 meter persegi.tanah tempat dibangunnya masjid adalah milik Kraton Kasultanan Ngayogyokato Hadiningrat.

Berdirinya Masjid Ghede Kauman diprakarsai oleh dua tokoh yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono dan Kiai Penghulu Faqih Ibrahim Diponingrat.prakarsa ini ditindaklanjuti oleh kyai Wiryokusumo, arsitek tersohor saat itu. Maket masjid ini masih tersimpan di Kraton Ngayogyokarto, yang terbuat dari kayu jati ukuran 2 x 2 meter persegi.
09 Juni 2021 21:31
Masjid yang terletak di kawasan malioboro, menyenangkan dan sejuk suasananya.ada penjual makanan dan sovenir serta disediakan tempat cas ponsel.masjidnya benar-benar estetik dengan interior emas yang mewah, indah sekali masyaaAllah.
01 Juni 2021 19:18
Masjid Gedhe Kauman it is very magnificent, a place to perform Javanese customs and worship Muslims, including the history of the state of Indonesia
28 Mei 2021 6:40
Mesjid Gedhe Kauman adalah masjid raya Kesultanan Yogyakarta yang terletak di barat Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta ini memiliki nilai sejarah yang tinggi serta kental dengan budaya dan arsitektur jawa. Masjid ini juga sangat bersih dan terawat sehingga pengunjung pun merasa nyaman. Lingkungan sekitar masjid juga asri dan terawat rapi.
20 Mei 2021 17:06
Klasik, nyaman, khas sekali suasana Yogyakarta
Salah satu masjid tertua di Yogyakarta, walaupun begitu, ke"khas"annya tetap di pertahankan dari generasi ke generasi
Bisa menjadi salah satu pilihan sebagai tempat kunjungan wisata religi di Yogyakarta
16 April 2021 6:13
Masjid gedhe yang benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang asangat ketaat wkwk padahal bukan jumatan alias waktu shalat biasa alias pas kesini pas zuhur, tapi hanya satu jalan untuk masuk jadi benarbenar menutup warga luar untuk masuk dan khusus warga luar ada tempat khusus jadi tenang, yang jelas disni harus pakai masker dan ada deteksi suhu pas masuk, serta jarak terjaga saat shalat
12 April 2021 1:54
Masuk kompleks Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, rasanya sangat nyaman.
Perasaan saya tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata.
Nuansa di sini sangat beda dengan masjid yang lain.
Selalu bikin ketagihan untuk bisa sholat di sini.
23 November 2019 7:08
Masjid dengan nuansa bangunan yang khas.

Letaknya cukup dekat dengan Alun-alun utara Yogyakarta. Yang sedang liburan di sekitaran malioboro titik 0 km, Alun-alun utara, dan sekitarnya jangan lupa ibadahnya. Bisa langsung ke masjid gedhe kauman
19 November 2019 0:45
Masjid yang masih orisinil dari jaman keraton yang pilar2'y terbuat dari kayu yang sangat kokoh dan masjid yang bersih dan nyaman untuk melakukan ibadah sholat 5 waktu
04 November 2019 17:45
Masjid Kauman Yogyakarta,

Masjid yang eksotis.

Selalu rindu untuk hadir kembali menunaikan shalat di masjid ini. Susana khusyuk danntenang senantiasa menyelimuti masjid. Terdapat keran yang melimpah. Sehingga pengunjung tak perlu takut akan mengantri lama untuk wudhunya.
Halamannya juga cukup luas.
Terdapat tempat penitipan barang. Tapi pelayanan di mulai pukul 09.00, pagi.

Tiang-tiang masjid penuh dengan ukiran karya makna. Bukan sekedar indah tapi ada filosofi hidup yang terkandung di dalamnya.
31 Oktober 2019 20:00
Masjid agung (gede) jogja, lokasi dekat dengan altar, suasana lingkungan sejuk soalnya dulu kesana buat sholat maghrib, fasilitas lengkap yang terpenting jagalah sikap saat di masjid ini
25 Oktober 2019 10:49
Masjid Gedhe Kauman, terletak dekat dengan alun², keraton dan tamansari. Tempatnya adem, nyaman, jadi khusuk ketika mau sholat, kamar mandi sangat bersih, area parkir luas, jika parkir dikenakan biaya 3ribu. Di sekitaran area luar Masjid banyak penjual jajanan dan pernak pernik dg harga yg sangat murah.
08 Oktober 2019 3:24
Alhamdulillah tiap main ke jogja selalu mampir ke masjid ini. Kewajiban sholat dan taat padaNya lah yang menuntunku kesini. Selalu merasa adem dan sejuk bila ibadah disini. Di teras masjid seperti biasa banyak yang istirahat sejenak untuk melepas penat siang hari. Sampai ketika waktu sholat ashar tiba mereka bangun dan menunaikan sholat ashar jamaah. Untuk parkir memang tidak dikenakan tarif tetap tapi seikhlasnya. Jadi serba gak enak mau ngasih receh kan.

Buat siapapun yang beragama islam yang berkunjung ke jogja jangan lupa di list buat sholat disini. Thank you.
01 Oktober 2019 13:26
Subhanallah, mampir ke Masjid ini untuk menunaikan sholat Dhuhur. Mantabs dan terjaga. Peninggalan sejarah ini masih leatari dan terjaga hingga saat ini. Luas dan besar muat lah buat menampung 200 jamaah putra dan putri. Takmir masjidnya ramah menyapa siapa saja yang berkunjung dan menjalankan Sholat di sini. Areal halamannya pun luas, sejuk, lantainya dingin. Karpetnya empuk dan bercorak ningrat. Kental suasana Keraton lho. Jadi mager klo habis sholat di sini, pengennya duduk bersandar sambil menikmati silir angin. Wes lanjut perjalanan lah. Jangan lupa buktikan sendiri, mampir ya.
30 September 2019 16:14
Nyaman untuk beribadah. Perlengkapan shalat lengkap. Tempat wudhu dan kamar mandi bersih & banyak. Arsitektur klasik, cocok untuk foto-foto dan acara akad nikah/walimah. Parkir di halaman masjid, harap matikan kendaraan saat masuk halaman masjid, biasanya infaq 2,000. Di luar masjid ada banyak orang jualan jajan.
29 September 2019 22:06
Ada yang memimpin saf barisan muslimah saat sholat jamaah, bagi wanita dipenuhi saf paling belakang dulu. Selalu dipastikan kerapatan saf saat salat jamaah. Bagus sekali
23 September 2019 8:37
Masjid yang luas, rame karena kamu sekalian untuk rombongan wisata. Pada tahun 2018 digunakan dalam Muslim United, dan semoga di tahun 2019 kembali diadakan.
23 September 2019 5:45
Salah satu masjid bersejarah di kota Yogyakarta yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Arsitektur bangunan secara khusus sangat kental dengan budaya jawa. Tempat shalat nya cukup luas yang mungkin bisa menampung hingga ratusan jamaah.
09 September 2019 4:27
Masjid Megah Klasik Nan elok di tengah kota Yogyakarta
Masjid ini juga penuh dengan sejarah di dalamnya
Setiap habis jamaah sholat asar selalu di adakan ceramah singkat
Mengkaji Al Quran dan Hadist
Agar supaya dapat meningkatkan keimanan jamaah yang hadir
Setiap sholat jumat pasti jamaah penuh sesak melakukan jamaah sholat jumat di masjid ini.
#janganlupasholat
#terusjamaah5waktu
#sholatjamaahdimasjid
28 Agustus 2019 20:09
A Very historical mosque, interesting architecture piece inside outside, peaceful environment, very comfortable place for worshipping, the ambience is peaceful too, there are few souvenirs and drinks sellers around the entrance gate which will not force you to buy and very friendly.
25 Agustus 2019 14:37
Sebuah masjid yang sarat dengan sejarah perkembangan Islam di kerajaan Mataram/new Majapahit. Anda dapat melihat bagaimana masjid menjadi tempat Islamnya Budaya, kompromi-kompromi Islam, dan adat sehingga melahirkan budaya yang luhur.silahkan perhatikan pergeseran kiblat yang ada di masjid ini yang di awal-awal era KH. Ahmad dahlan hal ini dianggap tabu.
16 Agustus 2019 2:43
Masjid bersejarah keraton Jogjakarta, tempatnya adem luas tenang sejuk semilir angin tepat buat wisatawan untuk istiharat sebentar setelah menjalankan kewajiban sholat
13 Agustus 2019 18:35
Masjid ini dibangun sultan hamengku buwono raja jogja. Arsitektur model joglo dg material kayu jati kelas 1 yg diukir dan dicat prodomas
Masjif ini berlokasi di depan kraton bgn sayap kiri. Masjid ini menjadi cikal bakal pergerakan ormas islam muhammadiyah. Masjid ini berlantai marmer ukuran besar. Depan masjid tanah luas yg disebut alun2 utara yg setiap hari raya islam untuk sholat ied juga perayan sekaten setiap bln maulud
10 Agustus 2019 10:20
Sebagai bangunan yang telah berdiri dalam dekade yang lama, masjid ini menjadi salah satu opsi wisata religi di DI Yogayakarta. Selain arsitekturnya yang khas, ornamen-ornamen klasik yang terdapat di masjid ini dapat menjadi latar yang indah untuk sesi fotografi. Dekat dengan alun-alun Kota, masjid ini sayang untuk dilewatkan saat perjalanan wisata religi ataupun budaya untuk lebih mengenal sejarah yang ada.
20 Juli 2019 19:48
Masjid Gedhe Kauman, merupakan nama awal sebelum berubah menjadi Masjid Agung, Masjid Besar, dan sekarang Masjid Raya.
Berada di dekat alun² Jogja dan mudah terjangkau dengan berjalan kaki, sembari menikmati keindahan kraton Yogyakarta
18 Juli 2019 14:54
Masjid bernilai sejarah ini.selalu ramai di kunjungi oleh pelancong dlm dan luar daerah bahkan mgkn jg dari luar negeri. Silahkan mampir dan rasakan shalat di masjid ini.
07 Juni 2019 15:18
Salah satu masjid favorit, khususnya bulan ramadhan. Masjid sangat luas, suasana nyaman, bersih, karpet masjid juga selalu bersih. Pilar kayu serta ukiran masjid menggambarkan ciri khas keraton.
04 Juni 2019 17:14
Tempatnya bagus nyaman untuk beristirahat luas dan memiliki pemandangan yang sejuk letaknya di tengah kota di samping Jalan utama jadi mudah dijangkau untuk kalian para traveller tentu bisa mampir ke tempat ini untuk sekedar beristirahat atau menunaikan salat.
23 Mei 2019 4:01
Masjidnya nyaman, desainnya Jogja banget, tempatnya luas, mukenanya banyak dan bersih. Tempat wudhunya kerannya banyak, toiletnya juga memadai. Tempat parkir luas. Terdapat kajian juga untuk umum dan diberi teh hangat dan makanan.
17 Mei 2019 21:51
Tempat nyaman untuk ibadah, lokasi parkir motor mudah.harga parkir juga dihitung infaq, jadi besar atau kecil enggak jadi masalah.cm lebih baik kl parkir mtr ada penutup kyk tenda.biar waktu ibadah lebih tenang
08 Mei 2019 10:07
Grand Mosque of Jogja. For Muslim, it is the best place to pray in Jogja. For others, you may see the beautiful cultural architecture of Javanese Islam which represents many cultures and religions.
29 April 2019 13:51
Masjid Gedhe Kauman, merupakan nama awal sebelum berubah menjadi Masjid Agung, Masjid Besar, dan sekarang Masjid Raya Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertama kali dibangun pada tanggal 29 Mei 1773 atau 6 Robi’ul Akhir 1187 Hijriyah, masih erat kaitanya dengan perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Perjanjian yang menjadi awal mula berdirinya Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Nyaman dan tenang disana
04 Januari 2019 5:02
Masjid Gedhe Kauman dikenal juga sebagai Masjid Raya Yogyakarta. Masjid terbesar di Jogja ini juga merupakan masjid bersejarah yang dibangun pada 29 Mei 1773 Masehi oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I.

Masjid dengan arsitektur indah ini cukup nyaman dijadikan sebagai tempat ibadah, selain itu masjid ini juga asyik dikunjungi sebagai wisata religi.

Masjid ini cukup mudah untuk dikunjungi karena letaknya yang berada di pusat kota, cukup dekat dengan Keraton Jogja, Alun-Alun Lor dan Titik 0 Km Yogyakarta.
23 Desember 2018 4:38
Kesini pas acara Muslim United, MasyaAllah ga nyangka kalo yang dateng meluber sampai alun-alun gitu. Semoga Muslim United 2.0 dan seterusnya bisa terselenggara lagi di tempat ini dengan kapasitas dan persiapan acara yang lebih optimal, aamiin.
22 Desember 2018 6:06
Ke Masjid Gede Kauman hampir setiap bulan untuk kajian Annisa. Masjidnya sangat indah, nyaman untuk beribadah. Adem dilihat dan dirasa. Desain masjidnya jugs sangat cantik
19 Desember 2018 10:33
Arsitektur dan ukirannya cantik. Sayang karpet digunakan untuk menutup lantainya. Tip: jika jumatan, penitipan di utara (dekat tempat wudhu pria) lebih kosong.
19 Desember 2018 10:30
Masjid Gedhe Kauman Keraton atau Masjid besar Yogyakarta adalah Masjid Raya Kesultanan Yogyakarta, yang terletak di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Masjid ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I bersama Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat (Penghulu Pertama) dan Kyai Wiryokusumo sebagai Arsiteknya.

Masjid ini selain menjadi tempat Beribadah juga sebagai Destinasi Wisata Religi maka dari itu sangat banyak wisatawan Asing yang datang untuk langsung melihat Keindahan dan mempelajari tentang sejarah Masjid ini.

Sangat cocok untuk anak-anak sebagai sarana edukasi untuk memperkenalkan lebih dalam mengenai syari'at Islam dan sejarah Islam di Masjid ini.

Jam Buka,
Tidak ada waktu khusus untuk jam buka (24 Jam).

Biaya,
Gratis.
21 November 2018 0:26
Masjid Gedhe Kauman terletak di alun-alun utara kota Yogyakarta dan dekat dengan Malioboro. Masjid ini merupakan sebuah peninggalan sejarah dan salah satu tempat perjuangan KH. Ahmad Dahlan, karena di area ini terdapat langgar dimana dahulu KH. Ahmad Dahlan sering mengadakan kegiatan pengajian dan lain2.

Di dekat masjid daerah kauman dan jl. Agus salim ada beberapa penginapan dan homestay.
15 November 2018 3:20
Masjid yang nyaman, karpet empuk, luas, parkir memadai, sekaligus bisa wisata sejarah, tempat wudhu banyak, kamar mandi juga cukup, ada tempat penitipan sepatu, berdekatan dengan keraton juga, arsitektur khas yang indah.

Tulis Ulasan



Peringkat keseluruhan: